Beranda

Futsal

Sepak Bola

Kompetisi

Galeri

Ragam




Kemenpora Minta PSSI Berkordinasi Soal Pemilihan Stadion Piala Dunia U-20 2021


  •   Robert
  •   01/07/20 - 14:30
  •   392 kali

PSSI baru saja menetapkan enam stadion yang akan menggelar ajang Piala Dunia U-20 2021 mendatang di Indonesia.

Keenam stadion itu adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno Stadium (SUGBK), Gelora Sriwijaya, Manahan Solo, Si Jalak Harupat, Gelora Bung Tomo, dan I Wayan Dipta.

Nantinya FIFA sendiri yang akan memberi jawaban final mengenai enam stadion yang akan dipakai.

Kemenpora sendiri meminta PSSI tak melangkahi pemerintah pusat soal penentuan stadion untuk Piala Dunia U-20 2021.




Sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewa Broto mengatakan bahwa renovasi stadion menggunakan anggaran pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU PR).

"Intinya yang namanya penetapan stadion itu sepenuhnya ranah PSSI dan FIFA, karena kami tak ingin campur tangan," kata Gatot dikutip dari laman Detik.

"Tetapi karena yang punya stadion adalah Pemerintah Daerah (Pemda), kalau di sini (SU GBK) pemerintah pusat, plus satu lagi yang melakukan renovasi adalah pemerintah, memang tidak ada aturna tertulisnya, etikanya ya harus bicara baik-baik dengan pemerintah. Misalnya, 'Oh, iya kami akan bangun ini, itu'. Jangan kami dilompati begitu saja," dia menjelaskan.
Gatot juga menambahkan bahwa renovasi stadion baru akan dijalankan oleh Kemen PUPR jika ada persetujuan dari Kemenpora, yang merupakan pengambil keputusan di sektor olahraga.

"Jadi kalau misalnya PSSI ingin berhubungan dengan PUPR, mungkin tak akan direspons, mereka akan menunggu dulu apa kata Kemenpora," tuturnya.




Pemilihan stadion menurut Gatot juga tak asal pilih, karena harus sejalan dengan turnamen itu sendiri. Agar tim kontestan tidak berpergian terlalu jauh dalam memainkan laga fase grup dan juga babak knock out.

"Itu harus pair. Misalnya, penyisihan grup ini, kemudian berikutnya dilanjutkan dengan stadion yang tidak jauh dari kota tersebut. Hal lain jika mengikuti standarnya FIFA, maka merenovasinya pun tak terlalu sulit. Selain itu, FIFA juga melihat faktor jaga jarak. Itu poin yang ingin kami sampaikan," tuturnya.

"Intinya, yang penting ini (penetapan stadion) harus diselesaikan, dipastikan, dan pasti kami akan duduk bareng dengan PSSI dan Kemen PUPR. Kalau bisa pekan ini atau paling lambat awal pekan depan," Gatot mengharapkan.

 Terakhir diubah:  01/07/20 - 10:32