Beranda

Futsal

Sepak Bola

Kompetisi

Galeri

Ragam




TC Dua Bulan di Kroasia Bisa Sia-sia Andaikan Liga 1 dan Liga 2 Tak Kunjung Dimulai


  •   Kukuh Wahyudi
  •   22/10/20 - 18:10
  •   689 kali

Pemusatan latihan (TC) timnas U-19 di Kroasia bukan program sembarangan. Berdurasi sekitar dua bulan plus mendapatkan kualitas lawan yang beragam bukan lah TC standar yang biasa dilakukan oleh semua timnas.

TC tersebut tentunya memakan anggaran sangat besar. Sesuatu yang mungkin dihindari PSSI dalam persiapan timnas-timnas sebelumnya.

Namun, kenapa TC timnas U-19 di Kroasia kali ini bisa terwujud, pasalnya tim besutan Shin Tae-yong tersebut mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah lantaran bagian dari proyeksi Piala Dunia U-20 2021.

Namun, Shin Tae-yong bakal kecewa setelah mengakhiri TC tapi Liga 1 dan Liga 2 2020 belum kunjung dimulai lagi. Ia ingin setelah pemain selesai melaksanakan TC, mereka akan kembali ke klub dan mendapatkan gemblengan lanjutan dari tim pelatihnya masing-masing.

"Ujung dari sebuah kompetisi itu timnas. Karena di kompetisi resmi, pemain akan mendapatkan atmosfer pertandingan. Ini beda dengan kalau hanya training camp dan uji coba dengan timnas negara lain atau klub," ujar Shin seperti dilansir dari laman resmi PSSI.






"Jadi tidak bisa menunda-nunda kompetisi. Karena ini menjadi bagian penting dalam perjalanan sebuah timnas. Lebih cepat kompetisi digelar lagi akan semakin bagus," tuturnya melanjutkan.

Bagi Shin, gelaran kompetisi pun sebenarnya bagian dari program pembentukan timnas U-19.

"Saya membutuhkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 diputar lagi untuk bisa memantau secara langsung perkembangan pemain di klubnya masing-masing. Saya bisa memantau jika ada pemain yang bisa dipanggil untuk memperkuat timnas U-20. Kalau tidak ada kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bagaimana saya bisa memantau pelaksanaan program yang sudah saya siapkan," ucapnya lagi.

 Terakhir diubah:  22/10/20 - 17:44