Beranda

Futsal

Sepak Bola

Kompetisi

Galeri

Ragam




Alasan Utama Ketum PSSI Pilih Belanda Sebagai TC Timnas U-19 Selanjutnya


  •   Robert
  •   29/10/20 - 08:30
  •   3230 kali

Setelah berada dua bulan di Kroasia untuk pemusatan latihan dan uji coba, Timnas Indonesia U-19 sudah kembali ke tanah air dan akan mendapat hari libur selama beberapa pekan.

Pemain selanjutnya dikembalikan ke klub masing-masing, dan diminta untuk menjaga kondisi fisisk, serta memperhatikan protokol kesehatan.

Setelah Timnas U-19 batal tampil di Turnamen Toulon di Prancis karena ajang itu dibatalkan, PSSI pun memiliki rencana untuk kembali mengirim skuat Garuda muda berlatih di Eropa.

Sebelumnya muncul beberapa negara yang menjadi opsi untuk TC terbaru Timnas U-19, mulai dari Belanda, Jepang, Korea Selatan hingga Australia.



Namun Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan lebih condong ke Belanda karena berbagai faktor pendukung. Mulai dari calon lawan yang lebih berkualitas serta Shin Tae Yong bisa menjajal beberapa pemain keturunan yang ada di negeri Kincir Angin itu.

“Yang pertama Belanda. Kenapa Belanda? Karena banyak tim-tim bagus juga di sana. Mereka kan papan atas dunia juga. Kami juga berdiskusi per telepon dengan Shin Tae-yong dan coach Indra [Sjafri, direktur teknik PSSI],” Iriawan.

“Di sana banyak pemain keturunan Indonesia, jadi sekalian sambil melihat, siapa tahu ada [yang dimasukkan ke dalam tim]. Saya tidak ikut campur yang berkaitan dengan pemain. Kami serahkan kepada pelatih dan direktur teknik.”
Bila menemui kegagalan menggelar TC di Belanda akibat terbentur kebijakan pemerintah negara setempat terkait pandemi virus Corona, PSSI menyiapkan tiga negara lainnya untuk skuad Garuda Muda.

“Kami sudah membuat rencana untuk jadwal pembuatan visa ke Belanda, dan masih menunggu izin dari federasi di sana, dan tentunya pemerintah Belanda, karena kami tahu situasi sedang seperti ini,” ungkap Iriawan.






“Lalu berikutnya Jepang, karena menurut Shin Tae-yong di sana juga banyak tim-tim kuat. Berikutnya Korea, dan tentunya banyak klub di sana yang dikenal Shin Tae-yong.”

Timnas U-19 dipersiapkan untuk tampil di Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan pada awal tahun depan, sebelum mereka menjadi tuan rumah ajang besar Piala Dunia U-20 2021.

 Terakhir diubah:  29/10/20 - 00:24