Beranda

Futsal

Sepak Bola

Kompetisi

Galeri

Ragam




Mengenal Dua Pemain Timnas U-19 yang Dicoret karena Indisipliner


  •   Kukuh Wahyudi
  •   24/11/20 - 20:30
  •   4862 kali

Lagi-lagi timnas U-19 mencoret pemainnya dari pemusatan latihan (TC) karena kasus indispliner. Terbaru, tim besutan Shin Tae-yong itu memulangkan striker Sherdy Ephy Fano (Bhayangkara FC) dan bek Mochamad Yudha Febrian (Barito Putera).

Keduanya telat bangun sehingga tidak mengikuti sesi timbang badan sebelum timnas memulai sesi latihan pagi. Momen itupun ditindaklanjuti oleh tim pelatih timnas U-19, yaitu memeriksa cctv untuk memantau aktivitas pemain di hotel tempat mereka menginap.

Alhasil, asisten pelatih Nova Arianto terkejut karena Sherdy dan Yudha terbukti baru kembali ke hotel menjelang subuh, tepatnya pukul 03.00 WIB. Kejadian itu pun membuat tim pelatih berang dan tak mengizinkan mereka berada di TC lagi.

"Dua pemain yakni Serdy dan Yudha telah melakukan tindakan indisipliner yang berat. Untuk itu, kami langsung memulangkan mereka," kata pelatih timnas U-19, Shin Tae-yong.

Namun, sebenarnya kedua pemain itu bukan nama sembarangan. Mereka pernah menjadi bagian penting dari timnas era sebelumnya.






Mochamad Yudha Febrian
Yudha Febrian (instagram/@febrian13yudha)

Yudha merupakan pemain penting saat timnas U-16 besutan Fakhri Husaini terjun di Piala AFF U-16 2018. Ia berkontribusi besar dari pencapaian timnas meraih gelar juara. Yudha tercatat hanya absen satu pertandingan selama ajang tersebut.

Di dua event berikutnya, Kualifikasi Piala AFC U-16 2018 dan Piala AFC U-16 2018, Yudha pun masih menjadi bagian penting di dalam skuad arahan Fakhri.

Namun, saat timnas memasuki era U-18 dan U-19, tempat Yudha di bek kiri mulai terganggu. Di Piala AFF U-18 2019, jebolan Garuda Select jilid I (2019) itu harus berbagi tempat dengan Slaman Alfarid yang akhirnya tampil lebih banyak di ajang tersebut.

Berlanjut ke Kualifikasi Piala AFC U-19 2020, peran Yudha benar-benar terkikis. Dari tiga pertandingan yang dimainkan timnas U-19, Fakhri tak memainkannya dan lebih memilih menurunkan Salman.

Dalam rangkaian uji coba di TC Kroasia, Yudha pun sulit menembus skuad utama meski tak ada Salman. Kali ini, dia kalah bersaing dengan dengan Pratama Arhan di pos bek kiri.




Sherdy Ephy Fano
Sherdy Ephy Fano (Dok. Bhayangkara FC)

Sherdy mendapatkan kesempatan masuk timnas U-19 untuk menjadi solusi di lini depan dalam Kualifikasi Piala AFC U-19 2020. Pelatih kala itu, Fakhri, melihat Sherdy lebih cocok mengisi lini depan dibandingkan Saddam Emiruddin Gaffar yang menjadi bagian timnas di Piala AFF U-18 2019.

Namun, Sherdy pun sulit bersaing untuk menjadi pesaing Sutan Zico dan Bagus Kahfi di sektor depan. Striker yang terseleksi dari antarajang PPLP itu dimainkan dua kali dalam tiga partai yang dimainkan. Satu kali turun sebagai pemain pengganti di laga vs Timor Leste dan satu lagi sebagai starter saat bersua Korea Utara. Di ajang tersebut, Sherdy pun belum mampu mencetak gol.

Sementara itu, dicoretnya Sherdy kali ini merupakan kasus keduanya.

Kasus pencoretan pertama terjadi menjelang timnas U-19 terbang ke Kroasia untuk menjalankan TC. Padahal, namanya masuk dalam daftar pemain yang diikut sertakan. Tapi sayang, Sherdy telat datang latihan dan ditoleransi oleh pelatih Shin Tae-yong.
 Terakhir diubah:  24/11/20 - 16:17