Beranda

Futsal

Sepak Bola

Kompetisi

Galeri

Ragam




Mundari Karya Pernah Ditugaskan Mengawal Maradona di Piala Dunia U-20 1979


  •   Rizqi Ariandi
  •   26/11/20 - 18:10
  •   9346 kali

Hari ini, Kamis (26/11/2020), salah satu pesepak bola terbesar di dunia yang juga legenda Timnas Argentina, Diego Maradona meninggal dunia karena serangan jantung. Manajer Barito Putera, Mundari Karya mengenang momen pertemuannya dengan eks pemain Barcelona dan Napoli tersebut.

Mundari pernah berhadapan langsung dengan Maradona di ajang Piala Dunia U-20 yang diadakan di Jepang pada 1979. Ketika itu, Indonesia dan Argentina bertemu di babak penyisihan Grup B.

Argentina yang secara kualitas dan pengalaman lebih unggul berhasil mengalahkan Indonesia dengan skor telak, 5-0.

Mundari menceritakan ketika itu dirinya diminta secara khusus oleh pelatih Timnas Indonesia, Soetjipto Soentoro untuk mengawal Maradona.






Karena ditugaskan untuk mengawal Maradona, Mundari akhirnya selalu mendapat latihan tambahan sebelum pertandingan.

Namun, dalam pertandingan tersebut Maradona tetap tak terbendung dengan mencetak dua gol dan berhasil membantu timnya menang telak atas Indonesia.

"Memang waktu itu saya ditugaskan untuk menjaga Maradona. Selama pertandingan saya mencoba untuk mematikan pergerakannya. Tapi ya, kalau kita bicara kualitas, sulit lha untuk menjaga Maradona," kata Mundari saat dihubungi wartawan.




Mundari mengatakan ketika itu dirinya kesulitan mengawal Maradona bukan hanya karena kualitas dari pemain yang terkenal dengan gol 'Tangan Tuhan' di Piala Dunia 1986 tersebut.

"Terus terang, antara Maradona, Juan Barbas dan Ramon Diaz (pemain Argentina ketika itu,Red) mukanya hampir sama. Jadi, saya agak kesulitan," tutur eks pelatih Timnas U-16 tersebut.

 Terakhir diubah:  26/11/20 - 16:00