Beranda

Futsal

Sepak Bola

Kompetisi

Galeri

Ragam




Ini Sosok di Timnas Indonesia yang Mendapat Jersey Maradona di Piala Dunia U-20 1979


  •   Rizqi Ariandi
  •   26/11/20 - 21:30
  •   3393 kali

Legenda hidup Timnas Argentina, Diego Maradona tutup usia pada Kamis (26/11/2020) karena serangan jantung. Ternyata, sepanjang karier sepak bolanya, Maradona pernah bertemu Timnas Indonesia.

Momen pertemuan Maradona dengan Timnas Indonesia terjadi di Piala Dunia U-20 1979 yang digelar di Jepang. Ketika itu, Indonesia dan Argentina berada di grup yang sama.

Saat kedua tim bertemu di lapangan, Maradona menjadi bintang lapangan dengan mencetak dua gol. Laga itu sendiri berakhir dengan kemenangan telak Timnas Argentina atas Indonesia dengan skor telak, 5-0.

Meski masih muda, kebintangan Maradona telah diakui di dunia, termasuk oleh para penggawa Timnas Indonesia ketika itu. Maka tidak heran, para pemain Indonesia sangat menginginkan bertukar jersey dengan Maradona usai pertandingan.






Lalu, siapakah orang Indonesia yang beruntung memiliki jersey tersebut? Eks pemain Timnas Indonesia, Bambang Nurdiansyah menceritakannya.

"Yang dapat pelatih kami (Soetjipto Soentoro,Red). Karena kami satu hotel, yang memberikan jersey Maradona bukan dia langsung, tapi justru pelatih Argentina, Cesar Luis Menotti," kata Banur.

Banur mengatakan, hubungan antara pelatih Timnas Indonesia dan Timnas Argentina ketika itu memang cukup dekat.

"Mereka akrab karena sama-sama perokok. Dia disuruh hisap dji sam soe milik Mas Cipto. Mereka jadi akrab. Suatu ketika, saat kami mau pulang, Mas Cipto dikasih kaus (jersey) Maradona," kenang Banur.

 Terakhir diubah:  26/11/20 - 17:07