Beranda

Futsal

Sepak Bola

Kompetisi

Galeri

Ragam




Yang Perlu Anda Ketahui dari Format Baru Liga Champions


  •   Robert
  •   22/04/21 - 16:30
  •   6178 kali

Tak berselang lama setelah kehebohan yang dibuat oleh Liga Super Eropa, Badan Sepak Bola tertinggi di Eropa yakni UEFA langsung meresmikan format baru Liga Champions.

Sebanyak 12 tim ingin memisahkan diri dari UEFA dengan tampil di Liga Super Eropa yang hanya bertahan selama dua hari saja.

Sebanyak 10 tim termasuk enam dari Liga Premier memilih mundur dari liga tandingan itu dan meminta maaf kepada para suporter mereka.






UEFA menyetujui proposal baru, yang didukung oleh asosiasi nasional para anggota, untuk perubahan besar yang dimulai dari musim 2024-25 dan berjalan setidaknya selama sembilan tahun.

Berikut fakta tentang format baru Liga Champions:
Jadi apa rencana barunya?

Liga Champions akan diubah dan diperluas dari 32 klub menjadi 36 per musim, dengan penyisihan grup awal dibatalkan dan digantikan dengan bentuk satu liga.

Bagaimana klub menyesuaikan diri dengan 70 pertandingan lainnya?

Klub tidak bisa. Dan mereka tidak akan melakukannya. Sebaliknya, setiap tim akan memainkan 10 pertandingan, lima kandang dan lima tandang, melawan lawan yang diunggulkan untuk kekuatan, di bawah apa yang disebut 'model Swiss'.

Setelah 10 pertandingan, yang dijadwalkan akan diperpanjang hingga minggu terakhir Januari dan akan memiliki tabel final.

Lalu apa yang terjadi?

Delapan tim teratas akan langsung lolos ke babak sistem gugur, dengan tim-tim tersebut menyelesaikan pertandingan kesembilan hingga ke-24 dalam pertandingan dua leg untuk bergabung dengan mereka di babak 16 besar dan delapan terbawah dari kompetisi.

Tidak akan ada pintu ke Liga Europa.

Tidak sepenuhnya akan dengan sistem gugur. UEFA sedang mempertimbangkan untuk menyemai seluruh undian dari babak 16 besar, sehingga dua teratas di tahap Liga dapat saling menghindari hingga Final.

Dan kemungkinan besar babak semifinal akan digabungkan dengan acara pameran menjadi rangkaian pertandingan kematian mendadak 'Final Four' pada akhir Mei.
Siapa yang akan menjadi tim yang terlibat?

UEFA berpikir sistem saat ini, yang melibatkan empat tempat yang dijamin untuk empat negara terkemuka - saat ini Inggris, Spanyol, Jerman dan Italia - harus tetap dipertahankan.

Tetapi empat tempat tambahan akan diberikan kepada tim keempat di peringkat kelima Liga - saat ini Prancis meskipun mereka bisa diambil alih oleh Portugal - satu ke tim tambahan dari 'jalur juara' play-off dan dua untuk 'klub dengan koefisien klub tertinggi selama lima tahun terakhir yang tidak lolos ke babak grup tetapi harus mengikuti kompetisi Eropa '.

Apa itu?

Setiap tim yang mengikuti kompetisi Eropa mendapatkan 'poin koefisien' untuk kemenangan, seri, dan bonus kualifikasi.

Ini akan dihitung selama lima tahun, secara efektif memberikan rute pintu belakang untuk tim-tim besar yang memiliki mimpi buruk relatif di dalam negeri tetapi masih finis di tempat Eropa.

Jika diadopsi musim ini, berdasarkan tabel liga saat ini, dua klub yang akan memiliki wild card adalah Liverpool (keenam di Premier) dan Dortmund (kelima di Bundesliga). West Ham (kelima) akan bertahan di Liga Europa.

Berbicara tentang Liga Europa…

Baik Liga Europa dan Liga Konferensi UEFA yang baru, yang akan dimulai musim depan, juga akan diperluas menjadi 36 tim.

Tetapi tim hanya akan memainkan delapan pertandingan di Europa dan enam di tahap liga Konferensi, memungkinkan program Liga Champions eksklusif, dengan pertandingan juga dimainkan pada hari Kamis, dalam dua minggu.

Apakah ini gagasan tetap?

Secara garis besar ya. Dasar-dasarnya telah disetujui oleh semua pihak terkait dan diperkirakan bahwa perpanjangan dari 125 pertandingan Liga Champions per musim menjadi 225 akan menghasilkan tambahan £ 500 juta per musim di TV dan paket sponsor saja.

Tetapi pemberontakan Liga Super telah membawa argumen bahwa koefisien tempat harus dihapus sebagai hukuman dengan lebih banyak juara dari negara-negara kecil yang lolos secara otomatis.

 Terakhir diubah:  23/04/21 - 09:57