Calon Wonderkid Piala Dunia 2018 Ini Bermodal Futsal di Awal Karirnya

Tuan Rumah Rusia bakal bermodalkan pemain-pemain berpengalaman dan mayoritas berusia di atas 25 tahun di perhelatan Piala Dunia 2018.Namun ada juga beberapa pemain muda yang potensial dan menjanjikan dalam skuat yang berjuluk Sbornaya asuhan Stanislav Cherchesov ini, salah satunya adalah Aleksandr Golovin. Nama Golovin yang pada Mei lalu berusia 22 tahun mulai menarik perhatian kala tendangan bebasnya di Perempat final Europa League lalu gagal dihalau kiper Arsenal, Petr Cech.[suggestedarticle=3]Dilansir dari berbagai sumber, Golovin tak mendapat banyak kesempatan bermain sepakbola yang sebenarnya pada masa remaja di tanah kelahirannya di Kaltan, kota yang berada di Barat Daya daerah Siberia, berjarak 3774 kilometer dari ibukota Rusia, Moskow.[pagebreak]Pilih Futsal Karena Minim Lapangan Sepakbola[/pagebreak]Kurangnya lapangan sepakbola yang memadai serta cuaca yang hampir sepanjang tahun turun salju membuat Golovin tak punya banyak kesempatan bermain 11 lawan 11. Untuk itu dirinya memilih futsal untuk mengasah kemampuannya.Setelah lama mengasah kemampuan di futsal, Golovin memulai karirnya di tim lokal di Kaltan sebelum akhirnya pindah ke FC Novokuznetsk. Puncak karir Golovin muda adalah menjuarai Euro U-17 pada 2013 dan menembus tim senior pada 2015.Guardian menyebut, gelandang tengah CSKA Moskow ini sebagai salah satu wonderkid potensial yang menjadi salah satu roh permainan Rusia di Piala Dunia 2018 mendatang.Pemain yang diincar tim-tim Liga Primer Inggris ini bakal membantu Rusia menghadapi tantangan pertama di fase grup menghadapi Arab Saudi, Uruguay, dan Mesir.

Inilah 11 Pemain Brazil di Piala Dunia 2018 yang Mengawali Karir di Futsal

Brazil menjadi salah satu tim unggulan di Piala Dunia 2018 Rusia. Hampir sebagian besar pemainnya mempunyai talenta yang sudah tercium dari saat mereka remaja.Yang menarik, dari 23 nama pemain yang dibawa ke Piala Dunia, 11 di antaranya menghabiskan masa remaja mereka dengan bermain futsal. Kurangnya fasilitas lapangan sepakbola yang memadai membuat mereka terpaksa mengsah bakat dan keterampilan bermain bola kala kecil di lapangan futsal.Sebelum digaet Santos hingga akhirnya jadi bintang, Neymar pernah bermain di turnamen futsal antar sekolah serta liga regional di Sao Paulo. Marcelo pernah memperkuat tim futsal Vasco, Hellenica dan Fluminense sebelum akhirnya berkarir di Sepakbola.[suggestedarticle]Dilansir Globoesporte, blogger Flávio Dilascio, bekerjasama dengan federasi futsal Brazil (CBFS) berkesempatan untuk melacak pemain-pemain Brazil di Piala Dunia yang mengawali kiprahnya di futsal melalui database yang ada di dalam arsip CBFS. Setiap pemain yang pernah berkiprah di kompetisi di bawah bendera CBFS sudah pasti mempunyai kartu identitas anggota serta data perpindahan. Berikut hasilnya:Alisson BeckerKiper Roma yang saat ini jadi pilihan utama di bawah mistar gawang Brazil ini pernah memperkuat tim futsal SC Internasional pada 2002.Douglas CostaPemain Juventus ini pernah memperkuat CEPE FC di liga regional Gaucha pada 2004.Filipe LuisBek Atletico Madrid ini pernah memperkuat tim Ass Desp Jaragua pada 1996.MarceloBek Real Madrid ini tergolong aktif dan memperkuat beberapa klub futsal seperti Fluminense (1998) Vasco da Gama (2000) Helenico (2001) dan kembali ke Fluminense pada 2002. Kesemua kompetisi yang ia mainkan yaitu kompetisi regional Rio de Janeiro.[suggestedarticle=5]MarquinhosPada 2007 bek Paris Saint-Germain ini pernah bermain di Corinthians di liga regional Paulista.[pagebreak]Selengkapnya[/pagebreak]MirandaDi usia 19 tahun, Joao Miranda masih aktif bermain futsal dan pernah memperkuat AAB de Paranavai pada 2003 di regional Paranense.NeymarMeski terkenal pernah berkecimpung di futsal, nama Neymar hanya terdaftar memperkuat klub GRE AM Santos di regional Paulista pada 2002.Pedro GeromelDi usia 15 tahun, Pedro Geromel pernah memperkuat GR Unidos de Vila di liga Paulista pada tahun 2000.Philippe CoutinhoPemain Barca ini juga terkenal karena videonya bermain futsal viral di Internet. Meski begitu Coutinho hanya tercatat memperkuat satu tim di usia delapan tahun yaitu Vasco da Gama di liga Rio de Janeiro pada tahun 2000.Renato AugustoPemain Beijing Guoan ini pernah aktif bermain futsal dengan memperkuat beberapa tim seperti Grajau FC (1994) di liga Rio, Tio Sam (1995) di liga PSERJ, dan Gerjau TC (1998) di regional Carioca.Willian BorgesWinger dan motor serangan Chelsea ini juga pernah malang melintang di liga regional Paulista dengan memperkuat, Ribeirse Pires (1995) Corinthians (1998) Tooecato (2002) dan kembali ke Chorinthians dua bulan kemudian.

Neymar: Dari Kompetisi Futsal Sekolah, Hingga Jadi Bintang Sepakbola Dunia

Nama Neymar bakal menjadi salah satu yang bakal menyorot perhatian publik di Piala Dunia 2018 Russia mendatang. Bagaimana tidak, salah satu pemain termahal dunia ini datang dari lapangan futsal di Brazil sebelum berkiprah di sepakbola.Belum banyak yang tahu, Neymar sebelumnya merupakan pemain futsal aktif yang menghabiskan waktu mengikuti banyak kejuaraan futsal pada masa remajanya.Saat masih di bangku sekolah, Neymar pernah bermain di turnamen antar Sekolah di era 2000-2003. Salah satu turnamen yang pernah diikutinya yaitu sebuah gelaran di Baixada Santista, daerah di pesisir Sao Paulo. Selain itu, Neymar juga pernah memperkuat Sao Paulo di kejuaraan regional.Futsal membuatnya mengasah keterampilan mengolah bola di ruangan kecil dan berkat futsal, Neymar bisa menjadi sehebat sekarang ini. Dua gelaran Piala Dunia telah dilaluinya bersama Brazil. Selain itu pemain yang besar bersama Santos FC ini juga menjadi pemain termahal dunia lewat mega transfer ke Paris Saint-Germain pada 2017 lalu.[suggestedarticle=3][pagebreak]Futsal Membantu Neymar[/pagebreak]"Futsal membantu banyak karena melatih kita untuk berpikir cepat," ucap Neymar dilansir situs resmi UEFA."Ini adalah permainan yang lebih dinamis dan saat ini di Eropa tak banyak ruang dan tanah lapang yang tersedia untuk sepakbola sehingga anda harus berpikir cepat dan futsal terlah membantuku banyak untuk hal itu," lanjutnya"Futsal adalah salah satu gairah dalam hidup saya. Namun sayangnya saya harus berhenti untuk kemajuan karir saya di Sepakbola.Pasca cedera, Neymar tiga kali tampil di ujicoba berama Brazil dan mencetak dua gol dan membuatnya menjadi salah satu pemain yang patut diantisipasi di Piala Dunia 2018 mendatang.
1524403181369 false