PSFC 2017

Pemain-pemain Liga Pro Turun Gunung di PSFC 2017 Regional Jayapura

Pocari Sweat Futsal Championship 2017 Regional Makassar kembali ke tangan SMKN 3 Jayapura setelah beberapa tahun diambil tim sekolah lain, hal ini menjadikan bukti jika kejuaraan futsal antar pelajar di Kota Jayapura memang sangat kompetitif. Perkembangan futsal antar tim futsal sekolah tak lepas dari peran para pelatih muda yang memberi arahan kepada talenta-talenta muda di tanah Papua dan tiulah yang terlihat di turnamen ini. FX Mikus, Afdal, Steven Rumawak adalah beberapa pelatih muda, yang juga berstatus sebagai pemain liga profesional dari tanah Papua yang ikut andil dengan melatih masing-masing sekolah yang mereka latih. Fx Mikus bersama SMA YPPK Taruna Bhakti, serta Afdal dan Steven Rumawak bersama SMA Mandala Trikora Meski Mikus gagal membawa tim sekolahnya ke babak selanjutnya, tim sekolah besutan Afdal dan Steven Rumawak berhasil melaju hingga partai final sebelum dikalahkan oleh sang juara, SMKN 3 Jayapura.[suggestedarticle]Kehadiran mereka tentunya sebagai bentuk peduli terhadap perkembangan futsal di tanah Papua terutama untuk talenta muda yang dalam tahap berkembang. Seperti diutarakan oleh Afdal, jika dirinya ingin talenta-talenta muda ada yang mengarahkan serta membimbing hingga nantinya muncul pemain-pemain hebat lainnya yang bisa berkaca kepada kesuksesan seorang Ardiansyah Runtuboy. “Banyak pelajaran yang saya dapat dan coba saya beri, saya ingin anak-anak Papua bahwa mereka punya potensi, hingga mereka punya tujuan dan bisa menjadi seperti saya atau bisa berkaca kepada Runtuboy yang udah sukses di timnas,” Ungkap pemain Blacksteel Manokwari ini. “Saya punya harapan, supaya banyak terlahir pemain dari tanah Papua serta saya berharap mereka termotivasi dengan adanya ajang Pocari Sweat ini untuk membuktikan diri dan menjadi mitivasi tersendiri bagi mereka.” Pungkasnya.

PSFC 2017

Penantian 5 Tahun yang Berbuah Manis Untuk SMKN 3 Jayapura

SMKN 3 Jayapura berhasl keluar sebagai juara Pocari Sweat Futsal Championship 2017 Regional Jayapura, gelar itu mereka dapat setelah mengalahkan SMA Mandala Trikora dengan skor 2-0 di final yang berlangsung di GOR Cendrawasih, Sabtu (23/9). Gelar ini sekaligus menjadi buah dari penantian SMKN 3 Jayapura selama 5 tahun lamanya untuk kembali merasakan gelar juara. Tercatat, SMKN 3 Jayapura pernah menjuarai ajang yang sama pada tahun 2012 dan kini kejayaan itu kembali terulang. Coach SMKN 3 Jayapura, Charles Lumban Toruan, S.Pd mengungkapkan jika diraihnya gelar pada tahun ini adalah hasil evaluasi dan kerja keras anak asuhnya serta dukungan dari berbagai pihak. “Saya ucapkan Puji Tuhan dan terimakasih untuk perjuangan anak-anak, serta dukungan dari pihak sekolah serta supporter, gelar ini juga hasil dari evaluasi kami di tahun-tahun sebelumnya.” Ungkapnya.[suggestedarticle] SMKN 3 Jayapura berhasil mematahkan dominasi SMAN 4 Jayapura dan SMAN 2 Jayapura yang berjaya dibeberapa tahun terakhir. Bahkan SMAN 2 Jayapura gagal melaju ke babak 8 besar setelah di fase grup terjerembab di juru kunci. Mengemban predikat sebagai perwakilan Jayapura di ajang grand champion tentunya ada beberapa hal yang menjadi target berikutnya yang diutarakan oleh pelatih sekaligus guru di SMKN 3 Jayapura ini. “Target di grand champion harus juara, harus bisa apapun itu. Pokoknya tunggu saja kejutan dari kami.” Tegasnya. Kiprah SMKN 3 Jayapura di grand champion November nanti memang layak untuk ditunggu, diharapkan akan lahir The Next Ardiansyah Runtuboy lainnya yang bisa membawa futsal Papua juga futsal Indonesia lebih berprestasi. Goodluck, STM !

PSFC 2017

Hasil Lengkap Pocari Sweat Futsal Championship 2017 Regional Jayapura

Pocari Sweat Futsal Championship 2017 babak regional berlanjut ke Kota Jayapura, Papua, pada 22-23 September di GOR Cendrawasih. 16 tim yang lolos dari fase kualifikasi berlaga di ajang ini dibagi ke dalam empat grup. SMKN 3 Jayapura berhasil menjadi juara baru Regional Jayapura dan lolos ke babak Grand Champions. Berikut hasil lengkap Pocari Sweat Futsal Championship 2017 regional Jayapura:   Fase Grup Hari Pertama SMA MUHAMADIYAH 0 VS 9 SMA JHON XXIII MERAUKE SMAN KOR PAPUA 4 VS 1 SMK YPKP SENTANI SMA YPPK TARUNA BHAKTI 2 VS 3 SMKN PENERBANGAN SMKN 3 JAYAPURA 1 VS 3 SMAN 4 JAYAPURA SMAN 3 JAYAPURA 1 VS 2 SMKN 2 JAYAPURA SMA YPPK TARUNA DHARMA 2 VS 0 SMA YPPK ASISI SENTANI SMAN 2 JAYAPURA 0 VS 2  SMAN 1 SENTANI SMAN 1 MERAUKE 2 VS 0 SMA MANDALA TRIKORA[suggestedarticle]   Fase Grup Hari Kedua SMA JHON XXIII MERAUKE 3 VS 2 SMAN KOR PAPUA SMK YPKP SENTANI  11 VS 2 SMA MUHAMADIYAH SMKN PENERBANGAN 1 VS 8 SMKN 3 JAYAPURA SMAN 4 JAYAPURA 8 VS 2 SMA YPPK TARUNA BHAKTI SMKN 2 JAYAPURA 1 VS 5 SMA YPPK TARUNA DHARMA SMA YPPK ASISI SENTANI 5 VS 2 SMAN 3 JAYAPURA SMAN 1 SENTANI 3 VS 3 SMAN 1 MERAUKE SMA MANDALA TRIKORA 3 VS 1 SMAN 2 JAYAPURA   Perempat Final SMA JHON XXIII MERAUKE 1 VS 4 SMKN 3 JAYAPURA SMA YPPK TARUNA DHARMA (1) 1 VS 1 (2)  SMAN 1 SENTANI SMAN 4 JAYAPURA 9 VS 2 SMK YPKP SENTANI  SMA MANDALA TRIKORA 2 VS 1 SMA YPPK ASISI SENTANI   Semifinal SMKN 3 JAYAPURA 4 VS 3 SMAN 1 SENTANI SMAN 4 JAYAPURA 3 VS 5 SMA MANDALA TRIKORA   3rd Place SMAN 1 SENTANI 4 vs 7 SMAN 4 JAYAPURA FINAL SMKN 3 JAYAPURA 2 vs 0 SMA MANDALA TRIKORA[suggestedarticle] BEST PLAYER – YOHANES M.R.D (SMKN 3 JAYAPURA) TOP SCORER – ZULKIFLI (SMAN 4 JAYAPURA) PERINGKAT 4 – SMAN 1 SENTANI PERINGKAT 3 – SMAN 4 JAYAPURA RUNNER UP – SMA MANDALA TRIKORA JUARA – SMKN 3 JAYAPURA

PSFC 2017

SMKN 3 Raih Gelar Juara Pocari Sweat Futsal Championship 2017 Jayapura

Babak regional minggu ketujuh digelar di Kota Jayapura, Papua, pada 22-23 September. SMKN 3 Jayapura berhasil keluar sebagai juara Regional Jayapura setelah di final mengalahkan SMA Mandala Trikora dengan skor akhir 2-0 yang digelar di GOR Cendrawasih, Sabtu (23/9). Langkah SMKN 3 Jayapura sebenarnya sempat diragukan untuk bisa lolos ke babak berikutnya. Tergabung di grup B, pertandingan fase grup hari pertama mereka harus mengakui keunggulan SMAN 4 Jayapura dengan kekalahan 1-3, namun mereka mampu bangkit di fase grup hari kedua dengan mengandaskan SMKN Penerbangan 8-1 yang membawa mereka lolos ke 8 besar sebagai runner-up. Pada babak perempatfinal, anak-anak SMKN 3 Jayapura bertemu dengan tamu yang lolos kualifikasi dari Merauke sekaligus  juara grup A, SMA Jhon XXIII Merauke. Unggul cepat dan bermain lebih disiplin menjadi kunci SMKN 3 Jayapura menangkan pertandingan dengan skor akhir 4-1 dan amankan tiket semifinal. Melaju ke semifinal, skuat asuhan Charles Lumban masih harus bertemu tim kuat lainnya dari Sentani, SMAN 1 Sentani. Laga yang berlangsung dengan sangat ketat itu berakhir dengan kemenangan tipis untuk SMKN 3 Jayapura dengan skor akhir 4-3 dan mengantarkan ke babak final.[suggestedarticle] Kerinduan akan gelar juara dan motivasi dari kegagalan tahun-tahun sebelumnya membuat anak-anak SMKN 3 Jayapura mampu atasi SMA Mandala Trikora yang diarsiteki oleh Afdal, salah satu pemain tim Liga Pro, Blacksteel Manokwari. SMKN 3 Jayapura langsung tancap gas sejak menit awal. Hasilnya mereka berhasil unggul cepat melalui gol dari Yohanes di menit ke-1. Memanfaatkan keunggulan, mereka berani mengatur tempo permainan dan menutup babak pertama dengan skor 1-0. Dibabak kedua, giliran SMA Mandala Trikora yang menekan pertahanan SMKN 3 Jayapura. Kegemilangan Nasrul Boweng, kiper dari SMKN 3 Jayapura menjadi mimpi buruk skuat SMA Mandala yang beberapa kali peluang emas didepan gawang mampu dipatahkan oleh Nasrul. Tercatat 5 kali Nasrul mampu gagalkan peluang yang seharusnya menjadi gol ke gawang SMKN 3 Jayapura. Yohanes menjadi aktor penting dipertandingan ini, di penghujung laga, solo run-nya diakhiri dengan gol indah memastikan gelar untuk SMKN 3 Jayapura dalam laga yang berkesudahan 2-0 tersebut. Tak heran dirinya pun di nobatkan menjadi best player di ajang regional Jayapura. Gelar juara Regional dan best player yang direngkuh oleh SMKN 3 Jayapura dilengkapi oleh  supporter mereka, yang juga menjadi best supporter. Selain itu, SMKN 3 Jayapura akan menjadi wakil Regional Jayapura di ajang Grand Champion Pocari Sweat Futsal Championship 2017 November mendatang.

PSFC 2017

Hasil Lengkap Pocari Sweat Futsal Championship 2017 Regional Makassar

Pocari Sweat Futsal Championship 2017 babak regional berlanjut ke Kota Daeng, Makassar, Sulawesi Selatan, pada 15-16 September di GOR Sudiang. 16 tim yang lolos dari fase kualifikasi berlaga di ajang ini dibagi ke dalam empat grup. SMAN 12 Makassar berhasil menjadi back to back menjadi juara regional dan lolos ke babak Grand Champions. Berikut hasil lengkap Pocari Sweat Futsal Championship 2017 regional Makassar: Fase Grup Hari Pertama SMAN 19 MAKASSAR 1 VS 0 SMAN 2 GOWASMAN 11 MAKASSAR 0 VS 1 SMAN 4 MAKASSARSMAN 12 MAKASSAR 3 VS 1 SMAN 13 MAKASSARSMKN 1 SULSEL 1 VS 4 SMAN 3 TAKALARSMAN 5 MAKASSAR 0 VS 1 SMAN 18 MAKASSARSMKN 4  MAKASSAR 1 VS 4 SMAN 2 PARE-PARESMAN 1 JENEPONTO 3 VS 6  SMAN 1 MAKASSARSMAN 22 MAKASSAR 4 VS 0 SMAN 17 MAKASSAR Fase Grup Hari Kedua[suggestedarticle] SMAN 2 GOWA 0 VS 2 SMAN 11 MAKASSARSMAN 4 MAKASSAR 2 VS 0 SMAN 19 MAKASSARSMAN 13 MAKASSAR 7 VS 0 SMKN 1 SULSELSMAN 3 TAKALAR 0 VS 2 SMAN 12 MAKASSARSMAN 18 MAKASSAR 2 VS 1 SMKN 4  MAKASSARSMAN 2 PARE-PARE 4 VS 2 SMAN 5 MAKASSARSMAN 1 MAKASSAR 3 VS 3 SMAN 22 MAKASSARSMAN 17 MAKASSAR 1 VS 1 SMAN 1 JENEPONTO   Perempat FinalSMAN 4 MAKASSAR (2) 2 VS 2 (0) SMAN 13 MAKASSARSMAN 18 MAKASSAR 2 VS 6  SMAN 1 MAKASSARSMAN 12 MAKASSAR 1 VS 0 SMAN 11 MAKASSARSMAN 22 MAKASSAR (3) 2 VS 2 (2) SMAN 2 PARE-PARE  SemifinalSMAN 4 MAKASSAR 0 VS 5 SMAN 1 MAKASSARSMAN 12 MAKASSAR 3 VS 1 SMAN 22 MAKASSAR   3rd PlaceSMAN 4 MAKASSAR 3 vs 2 SMAN 22 MAKASSAR FINALSMAN 1 MAKASSAR 0 vs 3 SMAN 12 MAKASSAR BEST PLAYER – LUTHFI FATHUL KHAIR (SMAN 12 MAKASSAR) TOP SCORER – ZEHDI INSANA (SMAN 1 MAKASSAR) PERINGKAT 4 – SMAN 22 MAKASSAR PERINGKAT 3 – SMAN 4 MAKASSAR RUNNER UP – SMAN 1 MAKASSAR JUARA – SMAN 12 MAKASSAR

PSFC 2017

SMAN 12 Pertahankan Gelar PSFC 2017 Regional Makassar

Babak regional minggu keenam digelar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada 15-16 September. SMAN 12 Makassar kembali berhasil keluar sebagai juara Regional Makassar setelah di final mengalahkan SMAN 1 Makassar dengan skor akhir 3-0. SMAN 12 Makassar tanpa kesulitan di babak fase grup, menang 3-1 atas SMAN 13 Makassar, dan menang 2-0 atas SMAN 3 Takalar. SMKN 12 lolos ke babak 8 besar dengan berpredikat juara grup. Pada babak perempatfinal, anak-anak SMAN 12 Makassar justru mengalami kesulitan. Pertandingan harus menunggu hingga menjelang akhir laga, skor 1-0 cukup untuk mengantarkan SMAN 12 Makassar mendapat tiket semifinal. Melaju ke semifinal, skuat asuhan Meisar Hidayah mulai terlihat kepercayaan dirinya, SMAN 13 Makassar yang berhadapan dengan SMAN 22 Makassar berhasil menang dengan skor 3-1. Hasil tersebut membawa SMAN 4 Makassar meneruskan langkah ke babak final. Keinginan untuk mempertahankan gelar juara menjadi alasan anak-anak SMAN 12 Makassar bermain dengan disiplin dan penuh semangat di partai final. Meski begitu, SMAN 1 Makassar yang menjadi lawannya pun bermain dengan sangat baik, terutama sang kiper, Adam, yang beberapa kali gagalkan peluang SMAN 12 Makassar.[suggestedarticle] SMAN 1 Makassar pun sempat memperoleh peluang melalui Top Skor mereka, Zehdi Insana untuk membuka skor, namun kegemilangan barisan pertahanan SMAN 12 Makassar masih mampu gagalkan peluang emas itu. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama usai. Dibabak kedua, SMAN 12 Makassar mencoba tampil impresif dan beberapa kali lakukan serangan balik cepat.  Meski harus menunggu hingga di penghujung pertandingan, mereka berhasil membuka skor melalui sepakan keras Sandy Elang di menit ke-27. Luthfi Fathul Khair yang sedari babak fase grup bermain sangat baik, menjadi aktor penentu di laga final ini, ia berhasil cetak 2 gol sekaligus di menit ke-29 untuk memastikan SMAN 12 Makassar mempertahankan gelar juara. Skor 3-0 bertahan hingga peluit akhir dibunyikan. Selain merengkuh gelar juara, SMAN 12 Makassar pun melengkapi raihan gelaran individu pemain yaitu Luthfi Fathul Khair sebagai best player dan supporter mereka, menjadi best supporter. Selain itu, SMAN 12 Makassar akan menjadi wakil Regional Makassar di ajang Grand Champion Pocari Sweat Futsal Championship 2017 November mendatang.

Napak Tilas Perjuangan Membumikan Olahraga Futsal di Negeri Seribu Masjid

Bagai anak ayam kehilangan induknya, perumpamaan ini yang cocok menggambarkan bagaimana peliknya perngorganisasian olahraga futsal di Indonesia. Meneduh di payung yang sama dengan organisasi sepakbola, keberadaannya santer tak terdengar gaungnya. Namun, hal berbeda ditunjukkan oleh negeri seribu masjid (Mataram), dengan dukungan beberapa pihak olahraga futsal kini telah berkembangan menjadi suatu industri di kota tersebut. Tumbuh berkembangnya klub besar professional sekelas Vamos FC dan Mataram FC menjadi tolak ukur bagaimana olahraga Futsal di Mataram telah beralih dari yang awalnya hanya sekadar permainan rakyat menjadi suatu industri yang mampu bergerak dari sisi ekonomi menghidupi orang-orang yang berkecimpung di dalamnya.[suggestedarticle] Hal ini tak terlepas dari sosok Aryanto Prametu, pria bertangan dingin yang merupakan putra asli daerah Lombok. Dia bukan sosok baru dalam dunia futsal, Dirinya merupakan Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) NTB serta pemilik dua klub futsal profesional asal NTB, Vamos Mataram dan Mataram FC. Bahkan yang teranyar kini Ia menjabat sebagai manajer timnas futsal Indonesia. “Bapak Itumah (Ary) memang gila. Karena megang futsal itu intinya harus gila, karena effortnya banyak income-nya kurang,” ungkap Wahyu Hidayat anggota Asosiasi Futsal Daerah (AFD) NTB bidang pengembangan usia dini, gambarkan bagaimana loyalitas sosok Aryanti Prametu. Demi membangun olahraga futsal menjadi terus berkembang maju hingga berprestasi di kancah internasional bukanlah hal yang mudah dan instant. Diperlukan adanya sinergi semua pihak pemerintah, masyarakat umum, dan pihak swasta dalam membangun semuanya. Hal inilah yang coba dilakukan Pocari Sweat, menjadi pihak yang mampu memposiskan diri mendukung penuh pengembangan olahraga futsal nasional. Selain mengadakan kompetisi futsal usia dini Pocari Sweat Futsal Championship, Pocari Sweat-pun memberikan dukungan sponsor pada klub Vamos FC Mataram. Dengan harapan agar Pocari Sweat mampu menjadi katalis perubahan dan prestasi olahraga futsal di Indonsia.
1505301602430 false