27 Sep 2016

Sepak Bola PON: Sulsel Tantang Jawa Barat Di Final

Tim Sulawesi Selatan menantang tuan rumah Jawa Barat dalam final cabang sepak bola Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Stadion Si Jalak Harupat, Rabu (28/9).Jabar yang ditangani pelatih Lukas Tumbuan ini berhasil lolos ke final setelah mengalahkan Papua dengan skor 3-1 di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Kabupaten Bekasi, Senin sore.Sukses Sulawesi Selatan mengalahkan tim puncak klasemen 8 Besar Sumatera Selatan 2-0 di Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi, telah mengantarkan tim asuhan Syamsuddin Umar itu berhadapan dengan tuan rumah di laga final."Terus terang, kami tidak memprediksi Sulsel akan lolos ke final. Awalnya saya mengira adalah tim Sumatera Selatan. Namun inilah sepak bola, banyak hal tidak terduga," kata pelatih Jabar Lukas Tumbuan.Namun demikian, Lukas mengaku tidak akan menganggap remeh pola permainan Sulsel dalam laga perebutan medali emas PON 2016."Saya pernah duduk satu meja dengan pelatih Syamsuddin, kami sama-sama memiliki komitmen untuk menang di PON kali ini dengan mematahkan semua pesaing," kata Lukas.Strategi bermain Jabar dalam laga final nanti akan memperbanyak rotasi pemain mengingat stamina Abdul Aziz dan kawan-kawan telah terkuras habis akibat jadwal pertandingan yang terlampau ketat sejak awal fase pertandingan.Waktu istirahat pertandingan selama sehari pada Selasa (27/9) akan dimanfaatkan untuk pemulihan stamina pemain yang telah kelelahan menempuh pertandingan."Hari ini juga kami langsung pulang ke Bandung dan akan beristirahat untuk memulihkan stamina bermain di final," kata Lukas.Terkait dengan cedera otot yang dialami penyerang Jabar Heri Susanto, diakui Lukas buka halangan bagi Jabar meraih medali emas untuk kali pertamanya di gelaran PON."Heri mengalami cedera otot kaki butuh waktu sepekan untuk pemulihan, jadi saya pastikan dia absen di laga final nanti," katanya.
21 Sep 2016

Sepak Bola PON 2016: Gian Zola Cemerlang, Bawa Tim Jabar Tekuk Sulsel

Pemain muda Persib Bandung Gian Zola jadi bintang saat tim Jawa Barat mengalahkan Sulawesi Selatan 4-2 pada laga perdana di Babak 8 Besar PON 2016 di Stadion Wibawa Mukti, Kecamatan Cikarang Timur, Senin.Kesebelasan Jawa Barat mampu meraih kemenangan berkat penampilan gemilang gelandang serangnya, Gian Zola yang memborong dua gol pada menit 27 dan 86. Zola juga menjadi aktor dibalik dua gol Jabar lainnya yang dilesakkan Erwin Ramdhani di menit 7 dan Heri Siswanto pada menit 56.Sejak babak pertama dimulai, Jawa Barat langsung melakukan serangan. Mereka menerapkan strategi pressing yang membuat lini belakang Sulsel kewalahan. Strategi ini cukup terbukti ampuh. Sontekkan Erwin Ramdhani berhasil menjebol gawal Sukseskan yang dikawal Syaiful pada menit 7. Jabar pun terus menggempur pertahanan lawannya. Pada menit 27 giliran sang man of the match, Gian Zola, mencetak gol melalui sundulan. Skor 2-0 ini bertahan hingga babak pertama usai.Di babak kedua, Jabar pun kembali menerapkan strategi pressing dan menguasai lini tengah. Namun karena keasyikan menyerang, lini pertahanan Jabar terbuka. Stiker Sulsel, Andri Faizal Amru lepas dari jebakan offside dan dengan mudah menceploskan bola ke gawang Jabar, yang dikawal Gustaman Noor Fajar. Skor pun berubah jadi 2-1.Enggan terkejar skornya, Jabar kembali mencetak gol melalui sontekkan Striker Heri Susanto di menit 56 memanfaatkan umpan silang Febri Haryadi. Skor kembali berubah menjadi 3-1. Jabar pun terus menggempur lawannya hingga di menit ke 86 Zola kembali mencetak gol.Jelang injury time, Sulsel mendapatkan penalti. Ini didapat setelah penyerang Sulsel ditekel bek Jabar di area terlarang. Kapten Sulsel, Ady Setiawan, tak menyia-nyiakan penalti tersebut dan gol, gawang Jabar bergetar untuk kedua kalinya. Skor pun tetap bertahan 4-2 untuk kemenangan Jawa Barat hingga usai. (Ant)
16 Sep 2016

Futsal PON : Tuan Rumah Jabar Raih Kemenangan Kedua

Tim futsal tuan rumah Jawa Barat kembali meraih kemenangan atas tim futsal Papua Barat pada lanjutan Futsal PON yang berlangsung di GOR ITB Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, pada Jumat (16/9/2016). Kemenangan ini menjadi kemenangan kedua Jabar setelah sebelumnya berhasil mengalahkan Kalimantan Selatan. Bermain di depan pendukung sendiri, membuat percaya diri para pemain Jabar bertambah. Serangan bertubi-tubi dilakukan para punggawa Jabar melalui Nandi Sukma, Reza Yamani dan Jeni Firmansyah, namun beberapa peluang tersebut gagal menjadi gol. Dadang Prasetyo memecah kebuntuan pada menit ke-13 dengan tendangannya ke gawang Papua Barat yang dijaga Dimas. Tak lama berselang, Subhan Faidasa menambah keunggulan Jabar melalui golnya pada menit ke-16 manfaatkan umpan tiang dua dari Aditya. Jabar berkesempatan menambah keunggulan melalui second penalty, namun tendangan Iqbal Iskandar masih melenceng ke sisi gawang. Papua Barat bukannya tanpa peluang, Victorius, Yerry dan Jhon beberapa kali membahayakan gawang Jabar, namun kurang baiknya penyelesaian akhir, menyelesaikan babak pertama dengan skor 2-0 untuk keunggulan Jabar. Di babak kedua, Papua Barat mencoba bangun serangan. Alih-alih mengejar, Achmad Alfyanto buat Papua Barat semakin tertinggal lewat gol nya pada menit ke-27 dari service kick in yang salah diantisipasi oleh Alfan. Iqbal Iskandar tambah keunggulan Jabar pada menit ke-37 dan menutup pertandingan dengan skor 4-0 untuk keunggulan Jabar atas Papua Barat. Dengan hasil ini, 6 poin berhasil diamankan oleh Jabar dari 2 pertandingan. Papua Barat yang baru satu kali bertanding harus memaksimalkan sisa pertandingan yang ada untuk menjaga asa lolos grup menuju semifinal.
1471519367911 false