Perbanas Institute Juara Mizuno University Futsal Tournament 2018


  •    Rissalah Maulana
  •    05/11/18 - 11:07
  •    429

istimewa

Perbanas Institute Jakarta tampil sebagai juara Mizuno University Futsal Tournament (MUFT) 2018. Pada laga puncak yang mempertemukan peringkat pertama dan kedua di Grand Final MUFT, Perbanas harus bekerja keras sebelum menaklukkan rivalnya Universitas Islam Nusantara (Uninus) Bandung 3-1 di Jogokaryan Futsal, Yogyakarta, Sabtu (3/11/2018) malam.

Sebagai tim juara, Perbanas berhak hadiah sebesar Rp10 juta ditambah trofi, piala bergilir, medali dan sertifikat. Sedangkan Uninus mendapat hadiah Rp7,5 juta ditambah trofi, medali dan sertifikat.

Perbanas melengkapi dengan gelar individu saat kapten Arif Rachman Hagi terpilih sebagai pemain terbaik. Untuk top scorer diraih Yan Ariefta Swandanda dari UIN Sunan Ampel Surabaya. Yan sendiri mencetak enam gol di grand final.




Laga final MUFT memang mempertemukan dua tim terbaik. Baik Perbanas maupun Uninus meraih dua kemenangan berturut-turut. Di laga pertama, Perbanas menghajar UIN Sunan Ampel Surabaya 5-0 dan kemudian menang 4-0 atas Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Demikian pula Uninus yang menaklukkan UNY dengan skor 3-1 dan menang 5-2 atas UIN Sunan Ampel. Pada pertandingan lain, UNY mengalahkan UIN 7-2.

Bila di dua lawan awal bisa menang mudah, sebaliknya Perbanas harus bekerja keras di final. Pelatih Vennard Hutabarat mengakui laga final sebagai yang terberat. Perbanas harus bekerja keras sebelum mengatasi perlawanan Uninus. Bahkan mereka kecolongan lewat gol Dery.

Namun Perbanas cepat bangkit dan menyamakan skor melalui Arif Rachman. Dan dua gol Perbanas yang menentukan kemenangan dicetak Lufthi.

halaman 2 dari 3
Selengkapnya Selengkapnya  
“Kami sempat kesulitan di awal pertandingan karena lawan memakai pivot. Kebetulan pada dua laga sebelumnya, lawan-lawan kami tidak menggunakan pivot yang memungkinkan kami menang dengan skor cukup besar. Kami juga hilang konsentrasi sehingga kebobolan. Karena itu, saya meminta kepada pemain untuk lebih konsentrasi,” ujar Vennard.

Menurutnya kesiapan strategi dan membaca strategi lawan menjadi kunci kemenangan. Mereka tetap bermain dengan semangat tinggi karena ditopang kondisi fisik pemain yang bagus meski sudah dua kali bermain dalam satu hari.

“Saya melihat bagaimana perubahan tim maupun saat memainkan powerplay. Kami mampu bermain kolektif dan di grand final ini kami menurunkan banyak pemain muda. Mereka rata-rata merupakan mahasiswa baru dan memiliki tenaga yang bagus,” ujar Vennard yang berharap di tahun depan, peserta grand final bisa bertambah menjadi delapan tim.

“Kami mengusulkan di tingkat regional bisa ditambah dan di grand final ada delapan tim yang bertanding. Dengan demikian, di grand final bisa dibagi menjadi dua grup,” jawabnya.

halaman 3 dari 3
Selengkapnya Selengkapnya  
Usulan Vennard mendapat tanggapan positif dari Hendry, Brand Manager Mizuno dari PT. Panatrade Caraka sebagai penyelenggara Mizuno University Futsal Tournament. Menurut dia, pihaknya memang mempertimbangkan menambah regional pada gelaran MUFT tahun depan.

“Antusias mahasiswa mengikuti MUFT sangat tinggi. Banyak yang meminta agar digelar di kota-kota lain. Jadi, kami mempertimbangkan menambah jumlah regional sehingga tim yang berlaga di grand final bisa bertambah,” kata Hendry.

Tak hanya itu, pihaknya juga merencanakan juara MUFT dari Indonesia bisa dikirim ke luar negeri menghadapi jawara MUFT negara lain.

“Saat ini, MUFT memang hanya digelar di Indonesia karena perkembangan olahraga futsal di sini yang dianggap bagus. Saya berharap MUFT juga digelar di negara lain. Dengan demikian, ada grand final antarnegara yang digelar di Jepang,” pungkasnya.

View this post on Instagram

Perbanas Jakarta juara nasional Mizuno University Futsal Tournament 2018! Perbanas Jakarta keluar sebagai juara nasional MUFT 2018, setelah laga pamungkas mengalahkan UNINUS Bandung dengan skor 3-1. Gelar juara Perbanas Jakarta semakin lengkap dengan terpilihnya kapten mereka, Arief Rahman Hagi, sebagai pemain terbaik. Sementara itu, gelar top scorer diraih oleh Yan Ariefta dari UINSA Surabaya dengan 6 gol. Menariknya, gelar Panna King edisi grand final MUFT 2018 di Jogja ini dimenangkan oleh Sabila Rosyad dari Jakarta. Congrats, untuk semua pemenang! Sampai jumpa di Mizuno University Futsal Tournament tahun berikutnya! #reachbeyond #grandfinalmuft2018 #mizunoid #mizunofutsal #mizunohunt #mizunopannabattle

A post shared by Bolalob.com (@bolalobfutsal) on



Iqbal Iskandar x Mizuno Basara 103 Sala - Orange Crown Fish & Atomic Blue








Berita Terkait


1526370601595

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?