Susanna Dinnage, Wajah Baru Liga Primer Inggris


  •    Robert
  •    17/11/18 - 19:30
  •    575

Independent

Liga Primer Inggris (EPL) akan memiliki pemimpin baru pada musim depan dan sosok tersebut adalah seorang wanita.

Susanna Dinnage akan menggantikan Richard Scudamore yang telah 19 tahun menjabat sebagai Kepala Eksekutif (CEO) Liga Primer Inggris, operator kompetisi tertinggi di negara tersebut.

Dinnage bakal menjadi pemimpin ketiga dari badan pengelola sebuah kompetisi olahraga yang didominasi oleh para lelaki. The Premier League didirikan pada Februari 1991 dengan Rick Parry sebagai CEO pertama dan di tahun 1999 ia digantikan oleh Scudamore.

Ia juga menjadi perempuan ketiga yang memegang jabatan tinggi dalam dunia sepak bola setelah Sekretaris Jenderal FIFA Fatma Samoura dan Presiden Liga 1 Prancis, Nathalie Boy de la Tour.




Dinnage, 51 tahun, memiliki resume baik di berbagai kantor media di Eropa. Sebut saja Discovery media ternama asal Amerika Serikat, Eurosport dan juga TLC serta Food Network. Sebelum bekerja di Discovery, ia juga sempat mengawali karir di stasiun tv Channel Five da MTV selama 10 tahun.

"Ini merupakan puncak olahraga profesional dan kesempatan untuk memimpin organisasi yang dinamis dan inspiratif adalah hak istimewa yang luar biasa," kata Dinnage, Selasa lalu.

"Dengan dukungan klub dan tim, saya berharap untuk memperpanjang kesuksesan liga selama bertahun-tahun yang akan datang."

Dia akan menjadi orang keempat yang memimpin Liga Premier sejak didirikan pada tahun 1992 - dan menjadi wanita pertama. Dinnage bisa dibilang akan menjadi eksekutif wanita paling kuat di dunia olahraga. halaman 2 dari 2
Tugas yang akan diemban Dinnage pun tak akan mudah, Scudamore sukses meningkatkan nilai dari kompetisi Liga Primer menjadi yang termahal di dunia dalam sisi pemasukan dan bisnis. Saat Scudamore mengawali kerjanya, pemasukan bersih EPL adalah 160 juta poundsterling.


Tahun ini angka itu telah bertambah menjadi lebih dari 450 juta pound, alias Rp8,62 triliun. Dirinya berhasil memperbesar nilai hak siar televisi dari 212 juta pound ketika ia mulai berkuasa, menjadi sekitar 4,65 miliar pound (Rp89,11 triliun)--angka perkiraan tahun ini. Angka itu disebut bakal membengkak menjadi 10,8 miliar pound pada periode 2019-2022!

Namun Dinnage adalah orang dibalik suksesnya Discovery mendapat hak siar penayangan laga Olimpiade di wilayah Eropa pada periode 2018 dan 2024 yang bernilai mencapai 1.3 miliar pound pada tahun lalu!

Tahun lalu Dinnage juga berhasil membantu televisi Inggris Sky menaikan nilai komersil di beberapa stasiun tv di Amerika Serikat.

"Kami sangat senang untuk menunjuk seorang pemimpin yang cakap untuk peran penting ini," kata Bruce Buck, ketua Chelsea dan ketua komite penunjukan ketua Liga Premier.

"Kami memiliki bidang yang sangat kuat, tetapi Susanna adalah pilihan yang luar biasa mengingat rekam jejaknya dalam mengelola bisnis yang kompleks melalui transformasi dan gangguan digital.

"Dia adalah tokoh terkemuka di industri penyiaran, eksekutif bisnis yang terbukti dan pengembang hebat dari orang-orang. Dia sangat cocok untuk peran itu dan kami yakin dia akan mampu membawa Liga Primer ke tingkat yang baru.


"Richard Scudamore, yang telah memberikan pelayanan yang luar biasa selama hampir 20 tahun, akan meninggalkan kita di akhir tahun dalam kondisi yang sangat baik dan dengan tim eksekutif yang sangat baik dan dewan yang dapat sepenuhnya mendukung Susanna."

BBC Menilai dengan adanya kebijakan Brexit, hubungan dengan FA dan pemerintah akan menjadi prioritas utama Dinnage. Lalu setelah itu bersama dengan pengaturan agen, dan meninjau hubungan dekat olahraga dengan industri perjudian menjadi tugas penting lainnya untuk dibenahi.

Dan setelah kegagalan FA dalam penjualan Stadion Wembley ke Shahid Khan akhir-akhir ini, banyak orang di dalam bisnis ini dan akan berharap Dinnage juga membujuk klub-klub untuk menginvestasikan lebih banyak kekayaan mereka ke fasilitas grass root dan kesejahteraan pemain di akademi.







Berita Terkait


1566221402074

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?