Universitas Islam Nusantara Bandung Kuasai Pool B Liga Mahasiswa Jawa Barat


  •    Tjatur Wiharyo
  •    18/11/18 - 22:50
  •    296

(Ilustrasi Liga Mahasiswa 2018 Konferensi Jawa Barat. /Liga Mahasiswaa)

Universitas Islam Nusantara (Uninus) Bandung memastikan posisi juara Pool B LIMA Futsal: Blibli.com West Java Conference (WJC) 2018. Posisi puncak klasemen akhir Pool B itu dipatri Uninus setelah bermain imbang dengan STKIP Pasundan Cimahi pada Minggu (18/11).

Di laga terakhir fase penyisihan grup ini, Uninus hanya harus mencegah kekalahan dengan selisih lebih dari tujuh gol untuk tetap bertahan di pucuk klasemen akhir Pool B.

STKIP Pasundan pun sulit memenuhi misi mengalahkan Uninus. Apalagi, Uninus yang ditangani Riana Sapari bisa unggul 3-0 dalam lima menit pertama. Rinaldi Setiawan (10) membuka gol sang juara bertahan pada menit kedua. Deni Muhammad Ramdani (18) menggandakan keunggulan timnya semenit kemudian. Kapten Uninus, Rudi Suspurnomo (12) mencetak gol ketiga timnya pada menit kelima.

Unggul tiga gol membuat Uninus tampil nyaman. STKIP Pasundan perlahan bisa menguasai permainan. pada menit ke-17, Imam Fajar Rayside (11) memperkecil ketertinggalan STKIP.

Uninus masih mampu menjaga keunggulan 3-1 hingga melewati medio babak kedua. Pasundan racikan Jaka Purwakusumah kembali tampil lebih menekan. Tim kampus Cimahi ini akhirnya bisa menyamakan skor. Dua gol dibuat Muhammad Matien Maldini (12) menit ke-33 dan Endriono (9) dua menit sebelum bubaran.

Hasil 3-3 ini cukup untuk membawa Uninus juara Pool B. Runner-up diisi UIN Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung.

Pada semifinal yang akan dihelat pada Senin (19/11), Uninus akan meladeni Univ. Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya, yang menjadi runner-up Pool A dengan sedikit keberuntungan. UIN SGD akan menantang Univ. Padjadjaran (Unpad), yang selalu menang di tiga laga grup untuk menjadi juara Pool A.

Sementara itu, Telkom University mencatatkan kemenangan kedua mereka dari empat laga. Mereka menundukkan Univ. Katolik Parahyangan (Unpar) pada Minggu (18/11).

Telkom University yang dilatih Yulianto Sodikin ini mencetak tiga gol di masing-masing babak duel di Mayasari Sport Hall, Tasikmalaya, ini. Unpar gagal mencetak gol konsolasi di laga terakhirnya ini.

Enam pemain Telkom berbagi setengah lusin gol timnya. Muhammad Nurjaman Ansori (14) membuat gol pembuka pada menit ketiga. Lima pencetak gol lainnya adalah Christian Giovani Simbolon (8) pada menit ke-19, Ahsanul Gibran (21) 19', Rizki Alfian (6) 37', Fazri Mihamad Raihan (1) 38', dan Teguh Maulana (59) 39'.

Dengan hasil tersebut, Telkom mengumpulkan enam poin dan naik ke posisi ketiga Pool B. halaman 2 dari 2
Universitas Padjadjaran Tundukkan Ekuitas
Universitas Padjadjaran (Unpad) tak sekadar memastikan puncak klasemen akhir Pool A LIMA Futsal: Blibli.com West Java Conference (WJC) 2018. Kemenangan empat gol tanpa balas pada Minggu (18/11) memberikan kemalangan ganda buat tim yang mereka kalahkan, STIE Ekuitas.

Setelah kemenangan 7-3 yang dicatat Univ. Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya atas Univ. Widyatama (Utama) Bandung beberapa jam sebelumnya, STIE Ekuitas mesti menghindari kekalahan dengan selisih empat gol saat menghadapi Unpad.

Duel menjadi menarik karena Unpad tak berniat menyurutkan momentum kemenangan mereka. Skuat besutan Haris Oskar ini mendominasi permainan yang digelar di Mayasari Sport Hall, Tasikmalaya, ini. Di sisi lain, Ekuitas memberikan perlawanan alot. Skor kacamata bertahan lama.

Pada akhirnya, Unpad memperlihatkan ketajaman yang lebih baik. Mereka pun membuka skor pada menit ke-16. Aldy Riofany (20) mencecar masuk bola muntah karena tepisan tak sempurna kiper Ekuitas terhadap tembakan Yosafat Dicky Eka Darmawan (11). Keunggulan satu gol Unpad ini bertahan sampai rehat antarbabak.

Unpad tak mengendurkan tekanan di babak kedua. Hasilnya, Ery Dwiantono Riyadi (10) mencetak gol kedua Unpad pada menit ke-24 setelah pemain Ekuitas kehilangan penguasaan bola di tengah lapangan.

Kegugupan Ekuitas racikan Agus Setiawan bertambah pada menit ke-36. Aji Satria Pratama (17) meneruskan lesatan di sayap kiri dengan gol tembakan dari sudut sempit. Petaka buat Ekuitas datang pada menit ke-39. Dalam sebuah serangan balik kilat, Dicky (11) tinggal berhadapan dengan kiper dan menuntaskan peluang.

Dengan keharusan mencetak satu gol saja untuk bisa lolos ke empat besar, Ekuitas yang tampil dengan kostum biru tua terus menekan Unpad. Akan tetapi, mereka tak kunjung berhasil membongkar pertahanan kukuh Unpad hingga laga berakhir. Mereka mesti menerima kenyataan pahit gagal melaju ke semifinal.

Unsil Tekuk Widyatama
Kemenangan Unpad patut disambut kegembiraan Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya. Beberapa jam sebelumnya, Unsil menggali peluang terakhir untuk lolos ke semifinal sambil berharap dari hasil pertandingan Unpad kontra Ekuitas. Pada Minggu (18/11), Unsil menutup kiprah mereka di Pool A LIMA Futsal: Blibli.com West Java Conference (WJC) 2018 dengan poin penuh atas Univ. Widyatama (Utama) Bandung.

Unsil mesti menang dengan selisih gol besar untuk membuka peluang ke empat besar. Niat itu tergambar dari keunggulan 3-0 tim besutan Hendra Adi Yudha itu di babak pertama duel di Mayasari Sport Hall, Tasikmalaya, ini.

Tensi laga meningkat di paruh kedua babak kedua. Unsil mesti berusaha keras di periode itu. Utama racikan Mohamad Azhar merepotkan Unsil dengan memperkecil jarak menjadi 2-3. Namun, tim kampus kota tuan rumah itu akhirnya bisa menutup laga di kedudukan 7-3.

Pemain Unsil, Cecep Ahmad Nur Hidayat (9), menorehkan dua gol, yaitu gol pembuka pada menit keempat dan menit ke-11. Armia Zainul Almagarhi (7) juga menorehkan dwigol, keduanya pada menit ke-34. Tiga pemain mencetak satu gol, yaitu Teguh Herdianto (14) 5', Adithiya Saeful Bilad Nugraha (5) 37', dan Saepulloh Ramdani (2) 38'.

Dua gol Utama dihasilkan Rama Fawzi Anwar (10) pada menit ke-30 dan 39, diikuti gol Davor Ray Putra pada menit ke-32.

Unsil pun berharap bantuan Univ. Padjadjaran (Unpad) di laga terakhir Pool A beberapa saat setelah laga Unsil kontra Utama. Unsil akan menempati peringkat kedua Pool Bila Unpad menang atas STIE Ekuitas dengan selisih minimal empat gol. Kemenangan 4-0 yang dibuat Unpad atas Ekuitas pun turut meloloskan Unsil.

Pada babak empat besar pada Senin (19/11), Unpad sebagai juara Pool A akan menghadapi runner-up Pool B. Unsil akan melawan juara Pool B.







Berita Terkait


1542496801903

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?