Ezra Walian Ungkap Cara Belanda Bina Pemain Sepak Bola Usia Dini


  •    Randy Wirawan
  •    27/11/18 - 17:10
  •    1132

(bolalob)

Belanda tidak pernah kehabisan stok-stok pemain berbakat. Ternyata, hadirnya pemain berkualitas di Negeri Kincir Angin tidak lepas dari peran Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB).

Hal ini diungkap oleh pemain timnas Indonesia, Ezra Walian. Ezra merupakan produk akademi sepak bola di Belanda dimana ia sudah mulai bergabung dengan akademi sejak usia enam tahun.

"Di Belanda, liga itu dimulai dari usia 6 tahun. Liga ini diikuti oleh klub-klub anggota KNVB. Semua klub memiliki jenjang usia yang teratur. Di usia 11 tahun pemain terbaik biasanya akan diambil dari akademi-akademi," ucap Ezra kepada Bolalob.




"Peran federasi sangat besar di Belanda. Semua liga di setiap umur, pemain yang bermain di liga harus merupakan anggota KNVB, harus terdaftar, dan memiliki kartu anggota," lanjut pemain yang kini membela RKC Waalwijk tersebut.

Ezra menambahkan bahwa kompetisi usia dini di Belanda berjalan dengan teratur. Turnamen semua berlangsung resmi di bawah KNVB dan tidak ada turnamen-turnamen tidak resmi yang bergulir serampangan.

"Di Belanda karena liganya berjalan dengan baik sesuai dengan jadwal liga profesional yang ada. Tidak banyak turnamen yang tidak resmi disana. Bahkan liga usia dini juga memiliki jenjang yang banyak dan ada piala liga dimana klub-klub bisa bertemu dengan klub-klub lain yang punya jenjang liga lebih tinggi," jelas Ezra.

Ezra sendiri memulai karier bersama Haarlem sebelum ditarik oleh akademi AZ Alkmaar. Penampilannya menarik minat Ajax Amsterdam dimana ia memperkuat raksasa Belanda tersebut selama lima tahun. Pada tahun 2017 ia didatangkan Almere City dan kini tengah dipinjamkan ke RKC.


Galeri Foto: Perjuangan Timnas Indonesia Hadapi Filipina di Piala AFF 2018

Terakhir diubah:  28/11/18 - 11:15







Berita Terkait


1542525002055

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?