STIE BP Bersua UIN Jakarta di Final Liga Mahasiswa Nationals


  •    Tjatur Wiharyo
  •    16/12/18 - 01:30
  •    420

(STIE BP vs Unpad. /Liga Mahasiswa)

STIE Bhakti Pembangunan (BP) berpeluang mempertahankan gelar mereka di LIMA Futsal Nationals 2018. Namun, mereka mesti melewati jalan terjal menuju ke final.

Pada babak semifinal pada Sabtu (16/12), STIE BP berhasil mengalahkan Universitas Padjadjaran (Unpad). Kemenangan itu mesti ditentukan melalui adu penalti.

STIE BP lolos ke semifinal sebagai juara Pul Depan. Unpad menjuarai Pul Masa. Walau berstatus juara bertahan turnamen puncak ini, STIE BP tak dapat tampil dominan.

Unpad yang dilatih Oskar Haris ini membuka perolehan gol di menit ke-11. Ery Dwiantono Riyadi (10) melepaskan gol tembakan dari luar lingkaran pertahanan STIE BP.

Unpad mempu mempertahankan keunggulan satu gol itu sampai akhir babak pertama duel di GOR STTD, Bekasi, ini.

STIE BP segera menekan sejak awal paruh kedua duel. Hasilnya datang di menit ke-24. Faqri Marwa (18) meneruskan serobotan dan assist Yusro Fadila (10) di sayap kiri. Semenit kemudian, Yusro Fadila membawa STIE BP ganti memimpin dengan melanjutkan assist Muhammad Najib (2).

Unpad segera merespons. Di menit ke-28, juara Jawa Barat ini menyamakan skor. Bola tembakan Muhammad Nur Apipi (9) berubah arah setelah mengenai seorang pemain STIE BP dan mengecoh kiper lawan. Pertandingan mengetat lagi.

Di menit ke-35, STIE BP yang turun dengan kostum biru, kembali unggul. Bola tembakan kaki kiri Abdul Rachim (11) dari luar lingkaran bersarang di pojok atas gawang Unpad.

Drama berlanjut. Unpad menyamakan kedudukan lagi tiga menit berselang. Dari situasi sepak pojok, Ery (10) bisa menjaringkan gol ketiga timnya.
Skor 3-3 bertahan sampai waktu normal. Gol juga tak bertambah dalam waktu tambahan. Pemenang mesti ditentukan melalui adu penalti.

Dalam tos-tosan, tiga algojo STIE BP bisa menjalankan tugasnya. Eksekusi penendang ketiga Unpad, Satria Adhitama (7), bisa ditangkal kiper STIE BP, Mochamad Junaedi (20). STIE BP menuju ke final.

Di partai puncak pada Minggu (16/12), STIE BP akan berhadapan dengan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Laga ini merupakan ulangan partai perebutan peringkat ketiga LIMA Futsal Greater Jakarta Conference pada awal bulan. STIE BP menang 4-1 di pertemuan pada 4 Desember itu.

"Alhamdulillah. Saya bersama teman-teman sudah memprediksi pertandingan semifinal ini akan lebih berat dibandingkan dengan final esok. Unpad memiliki permainan yang bagus, terbukti dengan gol-gol yang di luar dugaan kami. Melawan UIN Jakarta nanti bukan berarti kami akan menang secara mudah mengingat kemarin di regional kami menang pada perebutan peringkat ketiga. Kami harus tetap berdoa dan bekerja keras, Di final nanti saya tidak mau jemawa. Kans kedua tim 50-50. Siapa yang bekerja lebih keras, dia yang akan juara," ujar Eka Sanjaya, pelatih STIE BP. halaman 2 dari 2
UIN Jakarta Melesat ke Final Nationals

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta) melangkah ke partai puncak LIMA Futsal Nationals 2018. Keberhasilan itu datang setelah mereka mengalahkan Univ. Negeri Surabaya (Unesa) di empat besar pada Sabtu (15/12).

Meski tampil di turnamen puncak ini hanya sebagai semifinalis LIMA Futsal Greater Jakarta Conference, UIN Jakarta mampu melesat. Mereka mampu menjadi juara Pul Awal dengan catatan selalu menang di tiga laga penyisihan grup.

UIN Jakarta pun mecoba meneruskan deret kemenangan itu di semifinal menghadapi Unesa, runner-up terbaik di kompetisi ini. Kedua tim praktis berimbang di laga yang digelar di GOR STTD, Bekasi, ini.

UIN Jakarta, yang ditangani Syaifullah Nur, mendapatkan hasil dari keunggulan tipis yang mereka miliki.

Dalam Sebuah serangan balik saat babak pertama tersisa dua menit, pergerakan Haviz Zein Fitri (3) di sayap kiri mengawali gol UIN Jakarta. Setelah melewati penjaganya, Haviz mengirim sodoran ke tengah luar lingkaran pertahanan Unesa. Indra Saputra Damanik (5), kapten UIN Jakarta, membuat gol memanfaatkan assist itu.

Unesa racikan I Dewa Made Aryananda mencoba menaikkan tekanan. Pertahanan tangguh termasuk kemantapan penampilan kiper UIN Jakarta mampu mementahkan sejumlah peluang Unesa, juara LIMA Futsal East Java Conference - Subconference Surabaya. Gol UIN di babak pertama itu menjadi satu-satunya yang tercipta di pertandingan ketat ini.

Di partai puncak pada Minggu (16/12), UIN Jakarta akan berhadapan dengan pemenang semifinal lainnya antara STIE Bhakti Pembangunan (BP) Jakarta dan Univ. Padjadjaran (Unpad) Bandung.

"Alhamdulillah kami diberi kemenangan oleh Yang Mahakuasa di semifinal ini. Kami bisa tampil maksimal dan kami siap tampil di final. Siapa pun lawan, kami sudah mengantisipasi dan mengevaluasi dari pertandingan-pertandingan sebelumnya. Insya Allah kami bisa melewati final ini. Mungkin kami masih memiliki masalah. Transisi ke serangan balik akan kami perbaiki," ucap Syaifullah Nur, pelatih UIN Jakarta.
Terakhir diubah:  16/12/18 - 01:44







Berita Terkait


1543418402024

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?