Dari Rentang 1-10, Ternyata Level Timnas Futsal Hanya Ada di Angka Lima


  •    Kukuh Wahyudi
  •    18/12/18 - 12:20
  •    976

(Bolalob)

Hari itu GOR 17 Desember, Mataram, Sabtu (14/12/2018) sedang menggelar ajang Grup B Pro Futsal League (PFL) 2018 yang tengah memasuki pekan ketujuh. Di tribun penonton hadir seorang Jepang yang baru didaulat sebagai pelatih timnas futsal, yaitu Kensuke Takahashi.

Sambil berkipas-kipas lantaran suhu di dalam GOR terbilang cukup panas, tatapannya fokus menuju lapangan. Matanya seolah tak mau melewatkan sedetik pun momen yang disajikan di hadapannya.

Kala itu, ia mengaku masih kurang paham dengan kondisi futsal Tanah Air. Ia pun menyebut bahwa karakter main pemain Indonesia masih belum menunjukkan futsal modern di level internasional.

"Mereka masih belum mengikuti perkembangan futsal yang modern," katanya kala itu.

Kini sudah delapan bulan berselang. Kensuke sudah melewati berbagai macam momen bersama timnas.

Mulai dari memantau pemain, menggelar pelatnas, hingga turun di ajang internasional bersama timnas putri, timnas senior, dan timnas U-20 telah dilewatinya.


halaman 2 dari 2
Selengkapnya Selengkapnya  
Timnas futsal putri turun di ajang AFC Women Championship 2018 pada 2-12 Mei. Timnas senior berlaga di Piala AFF Futsal 2018 pada 4-11 November. Sementara timnas futsal U-20 terjun di Kualifikasi AFC U-20 Futsal Championship 2019 pada 5-9 Desember.

Lantas, bagaimana penilaian Kensuke kini dalam memandang sisi modern futsal Indonesia, khususnya timnas besutannya.

Bolalob memberikan batas angka 10 sebagai persepsi dirinya untuk permainan modern. Lalu mempersilakan Kensuke untuk menempatkan Indonesia ada di angka berapa antara 1-10.





Jawabannya sangat mengejutkan. "Ada di angka lima," katanya.

Bolalob coba memastikan lagi ternyata jawabannya tidak berubah. Bila angka tertinggi 10 dan Indonesia masih di angka lima berarti masih banyak pekerjaan rumah yang ditanggung dirinya sebagai pelatih timnas.

"Hal itu jelas. Namun, pemain Indonesia memiliki modal, yaitu kemampuan individual dan fisik. Mereka akan banyak belajar beberapa hal lagi dan itu akan membuat mereka semakin baik," ucapnya.

"Pendekatan modern tak bisa hanya dari pelatih timnas, tapi juga harus dari para pelatih lainnya (klub)," tutur Kensuke.







Berita Terkait


1547800617784

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?