Yang Perlu Anda Ketahui tentang Piala Asia 2019


  •    Robert
  •    28/12/18 - 08:10
  •    1508

(AFC)

Ajang sepakbola tertinggi di benua Asia akan kembali digelar pada awal tahun 2019 di Uni Emirat Arab. Piala Asia 2019 akan dimulai pada 5 Januari hingga 1 Februari 2019 mendatang.

Ini menjadi kali kedua UEA menggelar turnamen Piala Asia, dimana yang pertama adalah pada tahun 1996 lalu. Tahun 2019 akan menjadi turnamen Piala Asia ke-17 yang diselenggarakan oleh Asian Footbal Confederation (AFC).

Negara Partisipan

Tim-tim besar seperti Jepang, Korea Selatan, Iran dan Australia akan tampil dalam ajang kali ini. Australia sendiri adalah juara bertahan pada Piala Asia 2015 lalu.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, ajang ini akan menampilkan sebanyak 24 negara yang dibagi menjadi enam grup. Pada edisi sebelumnya hanya terdapat 16 kontestan.


Juara, Runner-up grup dan empat peringkat tiga terbaik akan lolos ke babak 16 besar. Hadiah bagi pemenang turnamen mendatang adalah tampil di Piala Konfederasi FIFA 2021 mendatang di Qatar.

Wakil Asia Tenggara

Ada tiga wakil dari Asia Tenggara yang akan tampil di ajang ini, mereka adalah Thailand, Filipina dan juara Piala AFF 2018 Vietnam.

Thailand akan berada di Grup A bersama dengan tuan rumah UEA, India dan Bahrain. Sedangkan Filipina ada di Grup C bersama dengan Korea Selatan, Kirgistan dan Tiongkok. Lalu Vietnam akan berhadapan dengan Iran, Irak dan Yaman di Grup D.
halaman 2 dari 3
Stadion Mewah

Delapan tempat penyelenggara pertandingan adalah Stadion Zayed Sports City, Stadion Mohammed Bin Zayed dan Stadion Al Nahyan di Abu Dhabi, Stadion Hazza Bin Zayed dan Stadion Khalifa Bin Zayed di Al Ain, Stadion Al-Maktoum, dan Stadion Maktoum bin Rashid Al Maktoum di Dubai , dan Stadion Sharjah di Sharjah.


Stadion Zayed Sports City, salah satu dari tiga stadion di Abu Dhabi, akan menggelar pertandingan pembukaan dan final. Jadwal pertandingan itu sendiri akan memaksimalkan penggunaan tempat dengan setidaknya lima pertandingan dimainkan di setiap stadion dan setiap kota tuan rumah setidaknya satu pertandingan di babak sistem gugur.

Semi-final akan dimainkan pada hari yang berbeda di Abu Dhabi dan Dubai. Tidak ada kota yang akan menyelenggarakan dua pertandingan pada hari yang sama - kecuali di babak final pertandingan penyisihan grup saat kick-off serentak diperlukan.

Bintang-bintang Liga Eropa

Banyak pemain dari liga Eropa yang memastikan akan tapil dalam ajang ini, pihak klub pun harus melepas para pemain andalannya karena Piala Asia masuk dalam kalender resmi FIFA.


Son Heung Min (Tottenham Hotspur), Ki Sung Yeung (Newcatle) akan menjadi andalan Korea Selatan. Yoshinori Muto (Newcastle) dan Maya Yoshida (Southampton) akan membela Jepang.

Pemain termahal Brighton, yakni Alireza Jahanbakhsh akan membela Iran, begitu juga dengan penjaga gawang Mathew Ryan (Australia). Sementara Filipina masih ragu apakah akan membawa sang penjaga gawang andalannya Neil Etheridge (Cardiff City) atau tidak.

Hadiah Uang Meningkat

Setiap peserta akan mendapatkan bayaran sebesar $200 ribu (Rp 2.9 miliar), lalu jika lolos hingga semifinal setiap tim akan mengantungi $1 juta atau setara dengan Rp 14 miliar!

Sang juara akan diganjar dengan uang senilai $5 juta (Rp 72 miliar) dan runner-up yakni $3 juta (Rp 43 miliar). halaman 3 dari 3
Terakhir diubah:  05/01/19 - 18:08







Berita Terkait


1547723401716

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?