Kilas Balik 2018: Timnas Indonesia Terpuruk di Piala AFF 2018


  •    Murfi Aji
  •    30/12/18 - 20:00
  •    403

bolalob

Sejumlah drama sempat mewarnai perjalanan Timnas Indonesia sebelum beranjak ke Piala AFF 2018. Malang bagi timnas Indonesia, tidak hanya gagal meraih prestasi, namun Piala AFF 2018 juga menjadi salah satu catatan buruk bagi skuat Garuda.

Pencapaian Timnas Indonesia pada Piala AFF 2018 menjadi salah satu yang terburuk sepanjang gelaran turnamen yang sempat bernama Piala Tiger ini. Dari 12 kali keikutsertaan Indonesia di Piala AFF, pada 2018 menjadi kali keempat skuat Garuda gagal lolos dari fase grup.

Sebelum Piala AFF 2018 bergulir, drama pelatih sempat mewarnai Timnas Indonesia. Selepas Asian Games 2018, Luis Milla dan PSSI tidak kunjung menemui jalan tengah untuk memperpanjang kontrak.




Pada akhirnya tepat pada 21 Oktober, PSSI menunjuk Bima Sakti sebagai pelatih Timnas Indonesia pada Piala AFF 2018. Bima Sakti memang sudah menjadi asisten Luis Milla selama satu setengah tahun namun sedikitnya sisa waktu menjelang turnamen membuat eks pemain timnas Indonesia tersebut kesulitan mengeksplorasi pemain terutama di barisan senior.



Timnas Indonesia akhirnya memilih untuk memanggil mayoritas skuat Timnas Indonesia U-23 yang diasuh Luis Milla untuk Asian Games 2018 untuk berlaga di Piala AFF 2018.

Dari segi kemampuan bermain di lapangan memang sejumlah pemain mampu menunjukkan kualitas mereka namun sayang masih belum diimbangi dari segi kematangan dan juga pengalaman.

Terlebih Timnas Indonesia lebih sering menggelar laga di Indonesia sepanjang persiapan menuju Piala AFF 2018 sehingga mental para pemain terlihat menurun saat tampil di markas lawan. halaman 2 dari 3
Pada laga pertama Piala AFF 2018, Timnas Indonesia harus menyerah saat tampil menghadapi Singapura di Stadion National dengan skor 0-1. Kala itu satu-satunya gol Singapura dicetak oleh pemain senior mereka Hariss Harun.

Laga kedua, Timnas Indonesia tampil di depan pendukung sendiri dan sukses menaklukkan Timor Leste dengan skor 3-1 meski sempat tertinggal lebih dulu. Kemenangan tersebut membuat Indonesia menjaga asa untuk bisa lolos dari fase grup.




Partai ketiga, ujian berat harus dihadapi Indonesia saat bertandang ke markas Thailand di Stadion Rajamangala. Tampil melawan tim tangguh, Bima dengan berani memainkan kiper ketiga, Awan Setho di susunan pemain.



Kedua tim sempat tampil berimbang pada babak pertama, meski Thailand mampu unggul pada gol menit 45+2 untuk menutup 45 menit pertama dengan skor 2-1.

Pada babak kedua, Thailand kembali mengganas dan menutup laga dengan skor akhir 4-2 sekaligus menipiskan peluang Indonesia untuk lolos dari fase grup.




Peluang Indonesia lolos ke semifinal benar-benar pupus usai Filipina bermain imbang melawan Thailand. Indonesia yang masih menyisakan satu laga baru mengoleksi 3 poin dan sudah tidak akan bisa mengejar perolehan poin Filipina dan Thailand yang sudah mengoleksi poin 7.

Laga terakhir melawan Filipina juga sudah tidak lagi menentukan bagi Indonesia dan hanya berakhir imbang dengan skor akhir 0-0. Timnas Indonesia akhirnya hanya menempati posisi keempat dengan perolehan empat poin.

Di klasemen Indonesia bahkan kalah dari Singapura yang mampu berada di posisi ketiga dan hanya unggul dari Timor Leste yang gagal meraih poin.



Kegagalan Timnas Indonesia menembus semifinal Piala AFF 2018 menjadi yang keempat sepanjang sejarah. Sebelumnya Timnas Indonesia gagal melaju ke semifinal pada 2007, 2012 dan 2014. halaman 3 dari 3
Hasil Pertandingan Indonesia Pada Piala AFF 2018

Singapura 0-1 Indonesia

Indonesia 3-1 Timor Leste

Thailand 4-2 Indonesia

Indonesia 0-0 Filipina

Klasemen akhir Grup B Piala AFF 2018:




Perjuangan Timnas Indonesia Menghadapi Singapura Pada Laga Perdana Piala AFF 2018






Video Trending



Berita Terkait


1591263001558

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?