Putra Papua Cetak Sejarah di American Football


  •    Tjatur Wiharyo
  •    30/12/18 - 15:40
  •    2191

Foxcroft Academy menjuarai Class D North Chamionship setelah menang 43-26 atas Bucksport High School, di Hampden Academy, Sabtu (10/11/2018) waktu setempat. /Observer-Me

Pelajar asal Papua Sekton Wandikbo menjadi pemain Asia pertama yang diperhitungkan dan mendapat apresiasi pada ajang American Football kelompok pelajar SMA, Class D North Championship Little Ten Conference. Sekton masuk tim terbaik all-conference sebagai linebacker, setelah membantu timnya, Foxcroft Academy, menjuarai Class D North Little Ten Conference.

"Suatu hari, seorang asisten pelatih yang juga guru Sekton (Ryan Dankert) mengampirinya ketika ia sedang bermain bola basket. Kepada Sekton, Dankert mengatakan, "Kenapa kamu tidak mencoba American Football?". Dan, itulah awal ia mulai bermain American Football," ujar pelatih Foxcroft Academy, Daniel White, seperti dilansir South China Morning Post, Jumat (28/12/2018).

"Sekton adalah atlet yang bagus, tetapi tidak mengetahui American Football.Ia tak pernah memainkan American Football dan hanya menyaksikan permainan itu dari televisi. Ia mulai dari level junior dan cepat belajar," lanjut White.

"Ini luar biasa. Saya menjadi pelatih kepala selama sepuluh tahun dan sangat sedikit pelajar dari Program Residential bermain American Football. Ada satu orang asing yang bermain American Football, tetapi jelas level permainannya di bawah Sekton. Sekton adalah salah satu pemain terbaik yang kami miliki," tambah White.




Sekton yang berusia 18 tahun berada di Amerika Serikat sejak 2016 sebagai peserta program beasiswa. Melalui program itu, Sekton akan menjalani pendidikan hingga menyelesaikan kuliah dan ini adalah tahun ajaran terakhir Sekton di Foxcroft Academy.

"Saya mendapat beasiswa BPSDM [Badan Pengembangan Sumber Daya] Papua, semua biaya ditanggung. Sudah hampir tiga tahun [di Amerika]," ujar Sekton seperti dilansir CNN Indonesia.

"Rencana saya itu sekolah di sini, tapi kemudian saya dikenalkan dengan olahraga sepak bola Amerika ini dan kemudian jatuh cinta. Saya belum tahu olahraga ini sebelumnya di Papua. Awal-awal saya belajar olahraga ini, tantangannya adalah saya harus belajar dari awal mengenai cara bermain, aturan, dan sebagainya lewat YouTube," lanjut Sekton. halaman 2 dari 2


Mengenang Sang Legenda, Choirul Huda | City of Football: Persela Lamongan








Berita Terkait


1567209601486

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?