Kilas Balik 2018: Rekam Jejak Kegagalan dan Ucapan Perpisahan Luis Milla


  •    Kukuh Wahyudi
  •    31/12/18 - 18:30
  •    393

Kilas Balik 2018: Rekam Jejak Kegagalan dan Ucapan Perpisahan Luis Milla
Bolalob

Periode 2018 menjadi tahun penentuan bagi Luis Milla, pelatih asal Spanyol yang dikontrak PSSI untuk mendampingi Indonesia di tiga ajang penting. Pertama Kualifikasi Piala Asia U-23 2018, kedua SEA Games 2017, dan terakhir Asian Games 2018.

Dua ajang awal sudah dilaluinya pada 2017. Hasilnya? Kalau berpatokan pada hasil akhir, jawabannya tidak oke. Pasalnya, target lolos ke putaran final Piala Asia U-23 dan emas di SEA Games 2017 gagal tercapai.

Tapi, PSSI dan masyarakat Indonsia tak terlalu mempermasalahkan itu. Toh, mereka tau target utama yang dibebankan kepada Milla adalah empat besar Asian Games, bukan Piala Asia U-23 dan SEA Games.

Singat cerita, tiba waktunya Milla mendampingi Indonesia U-23 berlaga di ajang multicabang terbesar se-Asia, Asian Games 2018.



Laga pertama melawan Taiwan dilaluinya dengan mulus. Dua gol Stefano Lilipaly serta sebiji gol dari Alberto Goncalves dan M. Hargianto menggenapkan kemenangan Indonesia 4-0.

Batu sandungan hadir di partai kedua kontra Palestina. Garuda Muda kalah 1-2. Namun, hasil itu tak menghambat timnas melaju ke babak 16 besar lantaran di pertandingan selanjutnya menang atas Laos (3-0) dan Hong Kong (3-1).

Di babak 16 besar, ujian datang dari UEA. Lewat drama adu penalti, Indonesia kalah 3-4 (2-2).
halaman 2 dari 4
Luis Milla gagal meraih target yang dibebankan kepadanya, empat besar Asian Games 2018.

Hasil ini tentu memperpanjang catatan negatif dalam rekam jejak Milla bersama Indonesia dalam 1,5 tahun tugasnya. Seharusnya, masa tugas Milla tuntas di momen itu karena tiga targetnya tidak terpenuhi.

Namun, pandangan kegagalan eks pemain Barcelona dan Real Madrid tersebut hanya bisa ditujukan kepada hasil akhir. Bila dilihat dari sisi permainan, Milla ternyata dianggap sukses.

Sebagian pelatih nasional menyebut permainan Zulfiandi cs. sudah sangat berkembang. Skema main Indonesia sudah menuju pola tim-tim kelas dunia.

Ujungnya, PSSI bernafsu memperpanjang masa tugas Milla untuk Piala AFF 2018 meski akhirnya batal.

Milla pun membeberkan perasaanya ketika sudah mendapat kepastian tak lagi bertugas di timnas.

Baca Juga :

halaman 3 dari 4
"Hari ini bukan hari yang mudah bagi saya karena tidak akan melanjutkan melatih di Indonesia. Proyek selama satu setengah tahun telah selesai," tulis Milla di akun instagram pribadinya.

Tak ketinggalan, Milla pun memberikan pandangannya terhadap organisasi PSSI yang selama ini memayunginya.

"Meskipun manajemen sangat buruk, pelanggaran kontrak, dan para pemimpin yang kurang profesional selama 10 bulan terakhir, saya merasa telah melakukan pekerjaan dengan baik," tulisnya melanjutkan.

"Indonesia akan menjadi rumah kedua bagi saya, sebagaimana istri, asisten dan diri saya diperlakukan sangat baik di sana. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh staf saya atas segala dukungan dan kerja keras yang telah dilakukan, terutama Bima (Sakti), Bayu (Eka Sari), Doter Papi (Syarif Alwi), Sr. Endri (Erawan), Sudir (Sudirman), Armin, Ali, Manu, Ipang, dan Ucci. Sebuah kehormatan bisa bekerja dengan kalian semua!

Pada akhirnya saya tidak mau mengucapkan selamat tinggal tanpa menyebut pemain, yang telah menunjukkan komitmen, kesopanan, dan kemauan untuk berkembang dengan perilaku yang sangat baik.

Saya tidak akan melupakan kalian dan kalian akan selalu di hati saya. Ingat kalian punya teman di Spanyol apa pun yang terjadi," tutur Milla.

Sepak terjang pelatih yang dikabarkan dibayar sekitar Rp2 miliar pertahun itu pun terhenti. Batalnya Milla diperpanjang kontrak disinyalir lantaran kurang mulusnya komunikasi PSSI dengannya yang dilatarbelakangi oleh permintaan fasilitas Milla.



halaman 4 dari 4
Hasil Pertandingan 2018 di Era Luis Milla:

PSSI Anniversary Cup 2018
vs Bahrain 0-1
vs Korea Utara 0-0
vs Uzbekistan 0-0

Asian Games 2018
vs Taiwan 4-0
vs Palestina 1-2
vs Laos 3-0
vs Hong Kong 3-1
vs UEA 2-2 (3-4)






Video Trending



Berita Terkait


1600147802096

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?