PSSI Tanggapi Komentar Peter Butler soal Lisensi Simon McMenemy


  •    Tjatur Wiharyo
  •    01/01/19 - 14:00
  •    1.339

PSSI Tanggapi Komentar Peter Butler soal Lisensi Simon McMenemy
Simon McMenemy. /Bolalob.com

Kepala Divisi Media dan Promosi Digital PSSI Gatot Widakdo mengungkapkan, pelatih Tim Nasional Indonesia Simon McMenemy tidak memiliki lisensi UEFA Pro. Namun, menurut Gatot, lisensi UEFA Pro bukan syarat mutlak bagi seorang pelatih untuk melatih tim nasional.

"Aturan AFC dan AFF tidak ada yang mengharuskan pelatih tim nasional punya Lisensi AFC Pro. Faktanya Simon McMenemy punya AFC A License," ujar Gatot, seperti dilansir Tribunnews.

Hal tersebut disampaikan Gatot berkaitan dengan komentar pelatih asal Inggris, Peter Butler, belum lama ini. Butler mempertanyakan keputusan PSSI menjadikan McMenemy pelatih Timnas Indonesia.

"(McMenemy) tak ada lisensi pro. Tak ada pengalaman pegang tim nasional, itupun tiga bulan saja pegang tim Filipina. Tiga bulan saja sebelum mereka pecat dia karena tak ada lisensi," ujar Butler, seperti dilansir Kompas.com.

“Saya hanya berpikir tidak adil ketika para pelatih melalui hal dan tahapan panjang untuk mendapatkan lisensi. Namun, orang tertentu hanya melalui koneksi bisa melangkahi proses itu,” tambah Butler.

Baca Juga :


Butler juga mengatakan, di Indonesia hanya ada dua pelatih yang memiliki lisensi UEFA Pro, yaitu dirinya dan mantan pelatih Borneo FC Dejan Antonic.

McMenemy diangkat menjadi pelatih Timnas Indonesia oleh PSSI pada Kamis (20/12/2018). McMenemy dipilih antara lain karena telah cukup lama berkarier di Indonesia.

McMenemy memulai karier di Indonesia dengan menangani Mitra Kukar pada 2011. Ia kemudian melatih Pelita Bandung Raya pada 2013 dan pada 2017 menangani Bhayangkara FC hingga diangkat menjadi pelatih Timnas Indonesia.

Bersama McMenemy, Bhayangkara FC menjuarai Liga 1 2017. Untuk kompetisi Liga 1 2018, McMenemy membawa Bhayangkara FC finis di peringkat ketiga, di bawah Persija Jakarta dan PSM Makassar.


Mengenang Sang Legenda, Choirul Huda | City of Football: Persela Lamongan







Video Trending



Berita Terkait


1600862401811

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?