Dijual Barcelona, 3 Pemain La Masia Ini Bersinar Bersama Klub Barunya


  •    Syukron Achmad
  •    09/03/19 - 13:10
  •    868

Dijual Barcelona, 3 Pemain La Masia Ini Bersinar Bersama Klub Barunya
barcelona

Barcelona merupakan salah satu klub terhebat di jagat raya yang kerap mengandalkan pemain dari akademi klub alias La Masia. Nama-nama pesepak bola top dunia lahir dari akademi tersebut seperti Lionel Messi, Gerard Pique, Carles Puyol, Andres Iniesta dan Xavi Hernandez.

Namun kini, filosofi tersebut mulai luntur dari tubuh Blaugrana. Produk binaan klub justru gagal masuk ke skuat utama akibat kalah bersaing dengan pemain-pemain baru. Sebut saja pada bursa transfer musim dingin Januari lalu.

Baca Juga :



Petinggi Barca justru menjual Munir El Haddadi ke Sevilla kemudian meminjam Kevin-Prince Boateng dari Sassuolo guna melapisi Luis Suarez di lini serang. Namun, nasib pemain La Masia tak hanya bersinar di Camp Nou saja.

Beberapa pemain yang meninggalkan Blaugrana, terbukti mampu lebih tangguh dan menjadi pilar andalan di klubnya masing-masing. Berikut tiga persona yang dimaksud dilansir Sportskeeda:

1. Thiago Alcantara (Bayern Muenchen)



Gelandang 27 tahun itu memulai kariernya di La Masia pada 2005. Dia mulai dipromosikan ke tim senior empat tahun kemudian ketika Barca masih ditangani Pep Guardiola. Pada akhir musim 2011/2012, Guardiola memutuskan mundur dari kursi kepelatihan dan digantikan asistennya, mendiang Tito Vilanova.

Bersama juru taktik anyar, posisi Thiago di lini kedua skuat utama mulai tergerus. Ditambah lagi, Blaugrana mendatangkan Alex Song dari Arsenal. Akibatnya, dia hijrah ke Bayern saat Guardiola juga melatih di sana musim panas 2013/2014 dengan biaya 35 juta euro atau sekitar Rp395 miliar.

Berkarier di Allianz Arena, Thiago hingga kini sudah membukukan 179 penampilan dan mencetak 28 gol di semua ajang. Saat ini, Manchester City racikan Guardiola dilaporkan bersedia kembali merekrut gelandang kreatif itu meski harus memecahkan rekor transfer klub.

2. Andre Onana (Ajax Amsterdam)



Penjaga gawang asal Kamerun itu memulai kariernya di sekolah sepak bola milik legendaries Barca Samuel Eto’o sebelum akhirnya bergabung dengan La Masia pada 2010. Sayang, dia tak kunjung mendapat tempat di skuat utama.

Akibatnya, Onana dijual ke tim muda Ajax dengan banderol 150.000 uero (Rp2,3 miliar) pada 2015. Berkat kehebatannya, dia langsung dipromosikan setahun berselang ke tim senior dan menjadi pelapis Jasper Cillessen. Karna nama terakhir yang disebutkan hengkang ke Camp Nou, Onana pun jadi penjaga gawang utama De Godenzonen hingga kini.

Kini, pemuda 22 tahun itu menejelema kiper tangguh dan membantu Ajax menyingkirkan Real Madrid dengan agregat 5-3 pada babak 16 besar Liga Champions. Dia juga mampu membawa timnya tak terkalahkan pada fase grup meski diisi tim hebat seperti Bayern dan Benfica.

3. Alex Grimaldo (Benfica)



Bek kiri 23 tahun itu mencari ilmu di La Masia sejak 2008. Tiga tahun berselang, dia diangkat ke Barca B hingga 2015. Namun, dia tak juga dipromosikan karena tim senior masih memiliki Jordi Alba yang akhirnya membuat petinggi klub menjualnya ke Benfica dengan harga 1,5 juta euro (Rp23,7 miliar).

Kini bersama klub asal Portugal itu, Grimaldo menjadi pemain penting. Pemain yang juga sempat menimba ilmu di Valencia itu mampu tampil apik saat bertahan dan rajin membantu serangan.

Buktinya, dia membukukan enam gol dan lima assist dari 39 pertandingan di semua ajang musim ini. Rata-rata keberhasilan tekelnya di tiap pertandingan juga mencapai 2,3 kali. Statistik apik itu yang membuat Barca dilaporkan kembali berniat mendapat servisnya.






Video Trending



Berita Terkait


1600734911638

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?