Tiga Klub Indonesia Masuk Daftar Klub Terbaik Versi AFC


  •    Rifqi Fadhillah
  •    16/03/19 - 17:00
  •    15600

Gerry Putra/Bolalob

Baru-baru ini konfederasi sepak bola Asia (AFC) merilis daftar klub-klub terbaik dari berbagai masing-masing Liga di seluruh kawasan Asia. Dalam daftar klub terbaik tersebut, ada tiga klub dari Indonesia yang turut bertengger.

AFC telah melakukan penilaian dari berbagai klub di kawasan Asia untuk mencari daftar 162 klub terbaik. Penilaian versi AFC sendiri dipilih berdasarkan penampilan klub di masing-masing liga yang mereka ikuti.

Performa terhadap suatu klub dilihat dari empat tahun terakhir penampilan mereka. Selain itu, ranking dari masing-masing federasi yang menaungi klub tersebut juga turut andil dalam penilaian menurut AFC.




Dalam ranking teratas daftar klub terbaik menurut AFC, terpilih klub asal China, Shanghai SIPG, dengan mengoleksi 99,67 poin.

Dibawah Shanghai SIPG, terdapat klub asal Qatar, Al Duhail yang menempati peringkat dua dengan menorehkan 99,67 poin. Dipilihnya klub Qatar tersebut, tak terlepas dari majunya federasi persepakbolaan yang mereka miliki. Puncaknya, saat Timnas Qatar berhasil meraih juara Piala Asia 2019.

Dari daftar 162 klub terbaik di kawasan Asia, ternyata juga ada beberapa tim asal Indonesia, yakni Persija Jakarta, Bali United dan PSM Makassar. halaman 2 dari 2


Persija berada diurutan teratas dibanding klub-klub Indonesia lainnya dengan torehan 6,88. Tim Macan Kemayoran pun menghuni posisi ke-83 daftar klub terbaik di Asia.

Torehan ini jauh lebih baik dibandingkan pada periode sebelumnya. Persija sebelumnya berada di posisi ke-113, namun dikarenakan di musim lalu mereka sukses meraih tiga gelar juara sekaligus, posisi tim Macan Kemayoran pun melonjak ke-83.

Selanjutnya, ada Bali United yang menempati peringkat ke-105 dengan torehan 6,88. Kemudian disusul juga oleh PSM Makassar berada di posisi ke-140 dengan perolehan 3.54 poin.







Berita Terkait


1555898816587

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?