FIFA Sempat Gagalkan Bintang Muda Barca Pindah Tim Nasional


  •    Robert
  •    22/03/19 - 16:10
  •    467

AFP

Kejadian yang dialami oleh Ezra Walian bersama dengan Timnas Indonesia U-23 di ajang kualifikasi Piala Asia U-23 terjadi bukan tanpa alasan.

Butuh proses dan dokumen yang lengkap untuk mengurus izin seorang pemain yang ingin pindah membela sebuah tim nasional, dimana sebelumnya ia juga sempat bermain di negara lain.

FIFA juga pernah menggagalkan proses kepindahan Munir El Haddadi dari Spanyol menuju Maroko.

Tahun lalu Pengadilan Arbitrase Olahraga (Cas) telah menolak banding Munir pemain Barcelona itu terhadap putusan FIFA yang mencegahnya bermain untuk Maroko.

Pemain yang saat ini bermain untuk Sevilla sebelumnya sempat mengajukan permohonan untuk membela Maroko dari Spanyol.

FIFA melarang pemain mengubah tim nasional begitu mereka bermain di laga resmi atau kompetitif, bahkan jika mereka memiliki dua kewarganegaraan.




Pemain berusia 22 tahun itu hanya membuat penampilan satu kali untuk Spanyol, dalam kualifikasi Piala Eropa melawan Makedonia pada September 2014, ketika ia masuk sebagai pemain pengganti dan bermain kurang dari 15 menit.

"Keputusan seperti itu sekarang dikonfirmasi dan permintaan untuk mengubah kewarganegaraan olahraga Munir El Haddadi dari Spanyol ke Maroko tetap ditolak," kata CAS dalam sebuah pernyataan, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

El Haddadi, yang mengajukan banding bersama dengan Federasi Sepakbola Maroko, telah meminta putusan dengan harapan bisa bermain untuk negara asal Afrika Utara itu di Piala Dunia 2018 di Rusia.

Ia lahir di Spanyol dan memiliki ayah asal Maroko dan memulai karirnya di La Masia. Komite pemangku kepentingan FIFA sedang mempelajari proposal untuk membuat aturan lebih fleksibel dalam kasus seperti itu.







Berita Terkait


1563149402624

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?