Kualifikasi Piala Asia U-23: Timnas Indonesia Dibantai Thailand 0-4


  •    Rifqi Fadhillah
  •    22/03/19 - 18:57
  •    683

Murfi Aji/Bolalob

Timnas Indonesia U-23 harus mengakui kekalahan mereka atas Thailand U-23 dengan skor telak 0-4 pada Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 2020, di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Jumat (22/3/2019).

Pada awal babak pertama timnas Indonesia U-23 sudah mampu menekan lini pertahanan Thailand.

Dimenit ke-4, peluang emas didapat oleh Osvaldo Haay seteah menerima umpan dari Saddil Ramdani. Sayang, peluang tersebut gagal dimanfaatkan oleh Osvaldo usai gagal mengontrol bola dengan baik di depan gawang Thailand.

Thailand pun tak tinggal diam. Pada menit ke-9 lini pertahanan Indonesia dibuat kerepotan dengan aksi dari Supachai Jaided di dalam kotak penalti. Beruntung, bola masih menjauhi gawang dari Awan Setho setelah bola muntah dari Supachai yang diteruskan oleh Supachok Sarachat melumbung tinggi.




Mimpi buruk terjadi bagi Timnas Indonesia U-23 setelah gawang mereka berhasil dibobol oleh kapten Thailand, Shinnaphat Leeaoh menit ke-21.

Berawal dari tendangan bebas yang dieksekusi oleh Worachit Kanitsribumphen, bola mengarah kepada Shinnaphat yang berdiri bebas tanpa pengawalan di kotak penalti. Tandukan dari Shinnaphat pun langsung menghujam gawang Indonesia yang tak mampu diantisipasi oleh Awan Setho. Skor 1-0.

Tertinggal satu gol, timnas Indonesia beberapa kali mecoba menggedor pertahanan dari Thailand. Namun, ketatnya barisan belakang tim Gajah Putih, membuat serangan dari pasukan Garuda Muda selalu terpatahkan.

Jenderal lapangan timnas Indonesia, Luthfi Kamal pun terlihat kesulitan untuk mengalirkan bola ke depan setelah mendapat pengawalan ketat dari para pemain Thailand.

Osvaldo mendapat kesempatan untuk mencetak gol ke gawang Thailand pada menit ke-42. Umpan manis dari Marinus Wanewar berhasil diterima dengan baik oleh OSvaldo di kotak penalti. Sayang, peluang tersebut terbuang percuma setelah kiper Nont Muangngam mampu membaca pergerakan dari Osvaldo yang berniat mengirimkan umpan ke rekannya.

Hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama, skor 1-0 untuk keunggulan sementara timnas Thailand pun tak berubah. halaman 2 dari 3
Babak kedua baru berjalan tiga menit, timnas Indonesia U-23 mendapat kerugian setelah pelanggaran dilakukan oleh Rachmat Irianto kepada pemain Thailand di dalam kotak penalti. Wasit pun langsung menunjuk titik putih untuk memberi hadiah penalti kepada Thailand.

Supachai Jaided yang mengeksekusi penalti timnas Thailand sukses menjebol gawang dari Awan Setho. Thailand menjauh 2-0 atas Indonesia.

Jauh tertinggal, pelatih Indra Sjafri pun langsung menerapkan skema pemain yang berbeda dengan diturunkannya Sani Rizki menggantikan Saddi Ramdani.

Meski begitu, permainan dari timnas Indonesia tak kunjung membaik. Berbagai percobaan serangan yang dilakukan oleh Egy Maulana dan kawan-kawan selalu dipatahkan barisan pertahanan Thailand.




Justru timnas Thailand yang kembali menambah pundi-pundi golnya pada menit ke-70 melalui Supachai Jaided. Umpan dari rekannya mampu disambut dengan baik oleh Supachai, yang tidak bisa diantisipasi oleh Awan Setho. Skor 3-0. 

Dua menit berselang, timnas Indonesia harus kembali memungut bola dari gawangnya setelah gol indah dicetak oleh striker Thailand, Supachok Sarachat dari luar kotak penalti. Skor 4-0.

Tetinggal empat gol, nampak pasukan Garuda Muda kehilangan semangat. Terlihat beberapa kali punggawa timnas Indonesia U-23 kebingungan dalam mengembangkan permainan. 

Hingga wasit meniupkan pelut tanda berakhirnya laga, Thailand mampu mempertahankan kemenangan dengan skor 4-0 atas Indonesia. halaman 3 dari 3
Susunan pemain:

Indonesia U-23: 12-Awan Setho; 14-Asnawi Mangkualam, 2-Andy Setyo, 13-Rachmat Irianto, 11-Firza Andika; 15-Saddil Ramdani, 7-M. Luthfi, 18-Gian Zola, 20-Osvaldo Haay, 10-Egy Maulana Vikri; 3-Marinus Wanewar

Pelatih: Indra Sjafri

Thailand U-23: 20-Nont Muangngam; 6-Shinnaphat Leeaoh, 15-Saringkan Promsupa, 17-Jakkit Wachpirom, 18-Kritsada Kaman; 3-Sakunchai Saengthopho, 8-Worachit Kanitsribumphen, 11-Wisarut Imura, 12-Kannarin Thawornsak; 9-Supachai Jaided, 10-Supachok Sarachat

Pelatih: Alexandre da Gama Lima

Wasit: Kasimov Sherzod (Uzbekistan)







Berita Terkait


1555741801722

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?