Kualifikasi Piala Asia U-23: Gol Menit Akhir Menangkan Vietnam atas Timnas Indonesia


  •    Rifqi Fadhillah
  •    24/03/19 - 22:00
  •    322

Murfi Aji/Bolalob

Timnas Indonesia U-23 harus mengubur impiannya berlaga di putaran final Piala Asia U-23 2020 usai dikalahkan Vietnam dengan skor 1-0 pada babak kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Jumat (22/3/2019).

Satu-satunya gol yang dibukukkan Vietnam dicetak oleh Viet Hung pada menit ke 90+2.




Dimenit-menit awal, Vietnam langsung melancarkan serangan ke gawang Timnas Indonesia. Pada menit ke-5, peluang pertama didapat pemain Vietnam dengan melakukan tendangan dari jarak jauh.

Bola sempat terlepas dari tangkapan Satria Tama. Beruntung, tak ada pemain Vietnam yang berdiri di depan jala gawang dari Satria Tama, sehingga bola rebound tersebut menjadi terbuang sia-sia.

Timnas Indonesia sempat mengancam lewat pergerakan dari Firza Andika pada menit ke-8. Tendangan mendatar dari Firza yang mengarah ke gawang Vietnam, nyaris membuahkan gol setelah pemain belakang Vietnam salah dalam memblok. Namun, bola hanya berjarak tipis dari jala gawang kiper Tien Dung.

Vietnam pun mencoba membalas lewat serangan bailk yang mereka lancarkan selang empat menit kemudian. Umpan dari rekannya, tepat mengarah ke kaki Quang Hai. Sayang, tembakan dari Quang Hai masih lemah sehingga masih bisa diamankan oleh Satria Tama.




Beberapa kali Vietnam menggempur pertahanan dari Indonesia. Namun, rapatnya barisan belakang dari Garuda Muda, membuat serangan dari Vietnam selalu dipatahkan oleh bek Timnas Indonesia.

Indonesia mendapatkan kesempatan emas untuk mencetak gol dimenit ke-31 setelah mendapatkan tendangan bebas di dekat kotak penalti. Sayang, tendangan bebas yang dieksekusi Luthfi Kamal masih bisa ditepis oleh kiper Vietnam, Tien Dung.

Vietnam pun bergantian menyerang ke gawang Indonesia. Dimenit ke-37, kapten Vietnam, Quang Hai, mendapat peluang untuk membuka skor melalui tendangan bebasnya. Beruntung, tembakan keras dari Quang Hai masih bisa ditepis oleh Satria Tama.

Hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama, skor 0-0 pun tetap bertahan. halaman 2 dari 3
Pada awal babak kedua, Indonesia menampilkan permainan lebih terbuka dibanding babak pertama.

Dimenit ke-51, timnas Indonesia mendapat peluang matang yang diperoleh Egy Maulana Vikri. Kerjasama apik diperagakan oleh Egy dengan rekannya hingga masuk ke dalam kotak penalti Vietnam. Sayang, ketika hanya berduel satu lawan satu dengan kiper Vietnam, Egy gagal memanfaatkan peluang tersebut setelah tendangannya masih mampu diantisipasi oleh kiper Tien Dung.




Vietnam pun langsung tak tinggal diam mendapat serangan kejutan dari Indonesia. Pada menit ke-55, kesalahan dilakukan oleh Bagas Adi dan Nurhidayat dalam mengontrol bola. 

Peluang ini pun dimanfaatkan oleh Nguyen Hoang yang menembakan bola dari luar kotak penalti. Beruntung, tendangan jarak jauh dari Nguyen Hoang gagal menembus jala gawang Indonesia.

Garuda Muda berganti menyerang melalui aksi dari Marinus yang mencoba melakukan tembakan keras ke gawang Vietnam. Namun, bola tendangan Marinus masih bisa diantisipasi oleh kiper Tien Dung.

Beberapa kali serangan dari timnas Indonesia masih belum membuahkan gol. Alhasil, Indra Sjafri pun menarik keluar pemain bintang, Egy Maulana Vikri, menggantikan Dimas Drajat.

Namun, pergantian tersebut tak menunjukkan hasil positif. Justru Indonesia harus gigit jari setelah Vietnam berhasil memecah kebuntuan jelang akhir laga babak kedua.

Berawal dari tendangan penjuru yang didapatkan Vietnam, bola disundul dengan baik oleh Viet Hung yang menghujam gawang dari Satria Tama. Skor 1-0 pun mengakhiri laga dengan kemenangan Vietnam atas Indonesia. halaman 3 dari 3
Susunan pemain Timnas U-23 vs Vietnam:

Timnas Indonesia U-23: Satria Tama; Asnawi Mangkualam, Bagas Adi, Nurhidayat Haji Haris, Firza Andika; Luthfi Kamal, Osvaldo, Sani Rizki; Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Marinus Wanewar

Vietnam U-23: Tien Dung; Thanh Chung, Tan Sinh, Van Hau; Tan Tai, Viet Hung, Thai Quy, Thanh Thinh; Quang Hai, Durc Chinh, Hoang Durc
Terakhir diubah:  24/03/19 - 22:07







Berita Terkait


1555466402367

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?