Tak Ingin Krisis di Masa Depan, PSSI Siapkan Wasit Generasi Baru


  •    Kukuh Wahyudi
  •    25/03/19 - 15:40
  •    201

PSSI

Wasit menjadi satu dari tiga pilar penting pengembangan sepak bola. Namun, kondisi terkini di Tanah Air masih penuh dinamika.

Pasalnya, kinerja wasit secara keseluruhan masih terus dikiritik oleh pelaku sepak bola nasional. Mereka kerap dianggap sebagai penyumbang rintangan dalam proses kemajuan Indonesia.

Tak mau itu terus berlanjut, PSSI pun mencoba buat terobosan. Federasi olahraga tertua di Indonesia itu tengah memproduksi wasit-wasit berkualitas lewat program Pengembangan Wasit U-25 2019.

Program yang memasuki tahun keduanya ini menyelekai 119 wasit muda berlisensi C-1 yang direkomendasi Asprov se-Indonesia. Jumlah tersebut kemudian tersaring proses administrasi menjadi 49 peserta dan berhak mengikuti tes fisik. Dalam tes fisik, sebanyak 36 wasit lolos.

Sebanyak 36 wasit itu kemudian mendapatkan kesempatan untuk memimpin pertandingan Festival Filanesia Liga 1 U-16 di Sawangan, 20-24 Maret 2019.


halaman 2 dari 2
"Program wasit muda telah kita mulai sejak tahun 2018, dan pada tahun 2019 ini mengalami peningkatan signifikan. Tahun lalu, para wasit yang berhasil lolos fitness test hanya sekitar 50%. Sedangkan tahun ini sudah jauh lebih dari itu," ucap Sekjen PSSI, Ratu Tisha di situs resmi PSSI.

"Partner kami yang paling penting dalam pembinaan wasit adalah Asosiasi Provinsi. Mereka telah melakukan seleksi-seleksi tersendiri di daerah, sehingga ketika para wasit ini dikirim ke pusat untuk naik level, mereka sudah jauh lebih siap. Inilah yang terjadi pada tahun 2019. Kami merasakan peningkatan signifikan," ujarnya melanjutkan.

Sementara itu, Komite Wasit PSSI, Purwanto, mengatakan bahwa program ini bukan hanya fokus pada kuantitas. Banyak memproduksi wasit memang penting agar tak kekurangan di masa depan, tapi harus ditunjang oleh kualitas yang mumpuni.

"Program ini adalah untuk menyiapkan wasit-wasit muda. Sehingga di masa depan kita tidak kekurangan wasit-wasit yang berkualitas dan berintergritas," tuturnya.







Berita Terkait


1555907401654

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?