Pengakuan Jujur Thoriq Soal Kontroversi Gol Persija vs Kalteng Putra dan Penalti di Piala AFC


  •    Kukuh Wahyudi
  •    05/04/19 - 10:30
  •    11539

PSSI

Thoriq Alkatiri, wasit nasional dengan lisensi tertinggi saat ini (wasit Elite AFC) tengah mendapatkan banyak sorotan. Pasalnya, ia membuat keputusan yang berbeda dari persepsi publik di pentas Piala AFC 2019.

Pemicu hal tersebut terkait keputusannya memberikan penalti di laga antara klub top Kuwait, Qadsia SC kontra raksasa Bahrain, Malkiya Club di Stadion Jaber Al Ahmad International, Kuwait, Senin (1/4/2019).

Di laga tersebut, ia memberikan hadiah penalti untuk tuan rumah Qadsia pada menit ke-68 lantaran kapten Qadsia, Bader Al Mutawwa, dijegal oleh pemain Malkiya, Ahmed Muslem.

Namun, pemain Malkiya tak terima keputusan itu. Pasalnya, mereka mengganggap bahwa Bader dilanggar di luar kotak 12 pas sehingga tak seharusnya Thoriq memberikan hukuman penalti.

Meski mendapatkan protes keras, Thoriq tetap yakin bahwa keputusannya benar. Usai laga, ia pun melihat cuplikan pertandingannya. Saat itu, ia semakin yakin bahwa yang dilakukannya memang benar adanya.


halaman 2 dari 2
"Jadi pemain Malkiya (Muslem) menekel dua kali. Pertama posisinya masih di luar kotak penalti. Namun, karena tidak berhasil, ia tetap "memasang" kakinya hingga Bader (Al Mutawwa) terjatuh. Jatunya itu tepat di atas garis sehingga layak diberikan penalti," tutur Thoriq kepada Bolalob.



Wasit jebolan UPI Bandung itu pun mencontohkan beberapa kasus serupa. "Seperti menarik baju mulai dari luar area penalti. Sampai masuk area pinalti ya hukumannya penalti," ucapnya memberikan contoh.

Setelah laga tersebut, posisinya di level AFC pun masih aman. Jadwal untuk menjadi wasit official di Liga Champions Asia 2019 dan wasit tengah di Piala AFC 2019 diakui Thoriq masih seperti semula.




Sementara itu, Thoriq sebenarnya sempat membuat kesalahan saat memimpin laga Persija vs Kalteng Putra di semifinal Piala Presiden 2019. Bermain di Stadion Patriot Chandrabaga Bekasi, ia mengesahkan gol tangan Patrich Wanggai dan off-side Bruno Matos.

"Kalau soal laga Persija vs Kalteng Putra. Saya harus mengakui saya salah. Saya tidak melihat kejadiannya. Mau bagaimana lagi, saya memang tidak melihat," ucapnya.






Video Trending



Berita Terkait


1585294201528

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?