Prediksi Liga Champions: Liverpool vs Barcelona


  •    Robert
  •    07/05/19 - 11:42
  •    3388

Bolalob

Liverpool menghadapi tantangan terbesar mereka musim ini saat mencoba untuk mengembalikan defisit tiga gol di leg kedua babak semifinal Liga Champions melawan Barcelona. Laga ini akan tersaji di Anfield pada Rabu (8/5) dini hari WIB.

Mereka juga memiliki pekerjaan berat lainnya di akhir pekan ini saat menjamu Wolverhampton di laga terakhir Liga Primer Inggris. Mereka mesti menang sembari berharap Manchester City kehilangan poin melawan Brighton.

Barcelona sendiri yang sudah memastikan gelar LaLiga sejak pekan lalu, tak memainkan 11 pemain yang tampil lawan Liverpool dalam kekalahan melawan Celta Vigo. Lionel Messi, Luis Suarez dan Phillipe Coutinho dipastikan bisa bermain.

Kabar Tim

Penyerang Liverpool Mohamed Salah mendapat gegar otak ringan akhir pekan kemarin di laga melawan Newcastle, dirinya akan absen di laga kedua melawan Barca.

Pencetak gol terbanyak Liverpool lainnya, Roberto Firmino (cedera otot) juga diragukan untuk tampil. Begitu juga dengan Gelandang Naby Keita (pangkal paha) dan Adam Lallana (otot) yang tidak akan bermain lagi musim ini.

Ousmane Dembele juga tidak dibawa ke Anfield setelah ia cedera dalam pertandingan Barcelona dengan Celta Vigo. Semua pemain Barca dalam kondisi siap tampil, selain Rafinha yang diketahui cedera jangka panjang.


halaman 2 dari 3
Apa Kata Manajer

Sebuah memori di perempatfinal Liga Champions 2014 silam pun jadi bekal Jurgen Klopp menatap laga berat tersebut. Kala itu, Klopp yang masih membesut Borussia Dortmund berbekal kekalahan 0-3 dari markas Real Madrid di leg pertama, meski tetap tak lolos namun Klopp tetap bisa mendulang kemenangan 2-0 di leg kedua.

"Kami kalah 3-0 di sana tetapi kemudian di kandang kami mengubah tujuh atau delapan posisi dan kami menang 2-0. Kami seharusnya menang 5-0 tanpa bayang-bayang keraguan. Kami jelas tim yang lebih baik," ungkap Klopp yang dilansir Sportsmole.

"Tapi saat itu Madrid dan sekarang Barcelona. Itu perbedaan besar. Saya tidak ingin terlalu banyak bicara, tetapi saya telah memberi tahu para pemain kisah itu," jelas Klopp.

"Itu tidak berarti bahwa itu akan terjadi lagi, tetapi itu sudah cukup bagiku untuk percaya. Itulah yang kami lakukan, tidak lebih," tegas Klopp.

Di kubu Barca, Ernesto Valverde mewaspadai segala kemungkinan yang bisa terjadi termasuk comeback Liverpool di Anfield.

Barca memiliki memori kelam, dimana sempat unggul tiga gol saat menghadapi AS Roma. Barca menang 4-1 pada leg pertama yang berlangsung di Camp Nou. Akan tetapi, pada leg kedua secara mengejutkan mereka harus takluk 0-3 di markas wakil Italia tersebut.

“Mereka punya kesempatan mencetak gol di markas kami. Tembakan yang mengenai tiang dan penyelamatan Marc (Ter Stegen). Ketika itu Liverpool mendominasi lapangan dan membuat kami menderita namun akhirnya kami berjaya di hadapan tim yang sangat kuat. Tetapi situasi sekarang serupa dengan tahun lalu. Kami unggul tiga gol atas Roma,” ujar Valverde.

“Mereka (Liverpool) adalah tim yang hebat. Masih ada waktu 90 menit lagi dan kami tahu hal apa yang akan menunggu kami di sana. Musim lalu kami tersingkir di babak perempatfinal meski sudah mendapatkan keunggulan 3-0. Jadi semuanya masih sengit dan Liverpool tetap akan mempersulit kami,” tukasnya.

Prediksi

Sulit bagi Liverpool dalam membagi konsentrasi mereka saat ini, dimana The Reds bisa saja tanpa gelar di akhir musim. Padahal permainan mereka sepanjang musim sengat mengesankan.

Tanpa gol tandang di Nou Camp juga menjadi batu sandungan tersendiri bagi Klopp untuk mengembalikan keadaan.

Barca memiliki pengalaman tampil di Inggris saat mengalahkan Manchester United di babak sebelumnya. Mereka tau sulit untuk bermain dominan dan lebih banyak mengandalkan serangan balik. Skor imbang layak bagi kedua tim.

Prediksi skor: Liverpool 1-1 Barcelona. halaman 3 dari 3
Head to Head
  • Liverpool hanya ingin menjadi tim ketiga dalam sejarah Piala Eropa / Liga Champions yang comeback dari tertinggal tiga gol setelah leg pertama semifinal dan maju ke final, Panathinaikos pernah melakukan ini pada 1970-71 dan Barcelona pada 1985 -86.
  • Pada tiga kesempatan sebelumnya, hanya ada satu tim yang tersingkir dari babak sistem gugur Liga Champions setelah memenangkan leg pertama dengan tiga gol atau lebih, dengan kesempatan terakhir adalah Barcelona melawan Roma di perempat final musim lalu (4-1 leg pertama, 0- 3 leg kedua).
  • Barcelona telah memenangkan kedua kunjungan Liga Champions sebelumnya ke Anfield melawan Liverpool, menang 3-1 pada November 2001 dan 1-0 pada Maret 2007; Barcelona adalah satu-satunya tim tandang yang menang lebih dari sekali di Anfield di Liga Champions.
  • Di semua kompetisi Eropa, Liverpool hanya kehilangan satu dari 18 semifinal kandang mereka di Anfield (W14 D3 L1), kalah 0-1 dari gol Billy Bremner melawan Leeds United di Piala Fairs 1970-71.
  • Barcelona telah memenangkan dua pertandingan Liga Champions tandang di Inggris musim ini, menang 4-2 di Spurs dan 1-0 di Manchester United - tidak ada tim yang pernah memenangkan tiga pertandingan tandang di Inggris dalam kompetisi besar Eropa dalam satu musim.
  • Liverpool tidak terkalahkan dalam 19 pertandingan kandang di semua kompetisi (W16 D3 L0), hanya menikmati sekali lagi bermain di bawah Jurgen Klopp - 25 pertandingan antara Januari 2016 dan Januari 2017.
  • Pada leg pertama, Liverpool menjadi lawan ke-32 berbeda Liga Champions Barcelona Lionel Messi telah mencetak gol melawan - hanya mantan Real Madrid dan striker Schalke Raúl telah mencetak gol melawan lebih banyak (33).
  • Liverpool belum kebobolan gol Liga Champions di Anfield dalam 367 menit, sejak Kylian Mbappé mencetak gol untuk Paris Saint-Germain pada bulan September; The Reds tidak mempertahankan lima clean sheet beruntun di Piala Eropa / Liga Champions sejak Oktober 1984.
  • Barcelona baru saja memenangkan lima dari 18 pertandingan terakhir Liga Champions (W5 D4 L9), tetapi empat dari lima kemenangan itu datang di Inggris (dua vs Man City, satu vs Arsenal dan Man Utd), dengan yang lainnya melawan PSG di April 2015.
  • Lionel Messi memiliki 12 gol Liga Champions untuk Barcelona musim ini, hanya berjarak dua gol dalam satu musim terbaiknya, ia mencetak 14 di 2011-12; pemain Argentina itu telah mencetak lebih banyak gol melawan tim-tim Inggris daripada pemain lain dalam sejarah kompetisi (26), termasuk enam musim ini.
Prakiraan Susunan Pemain:

Liverpool (4-3-3): 13-Alisson; 66-Trent Alexander-Arnold, 32-Joel Matip, 4-Virgil van Dijk, 26-Andy Robertson; 5-Georginio Wijnaldum, 3-Fabinho, 14-Jordan Henderson; 27-Divock Origi, 10-Sadio Mane, 23-Xherdan Shaqiri

Pelatih: Juergen Klopp

Barcelona (4-3-3): 1-Marc-Andre ter Stegen; 20-Sergi Roberto, 3-Gerard Pique, 15-Clement Lenglet, 18-Jordi Alba; 4-Ivan Rakitic, 5-Sergio Busquets, 22-Arturo Vidal; 7-Philippe Coutinho, 10-Lionel Messi, 9-Luis Suarez

Pelatih: Ernesto Valverde







Berita Terkait


1570839001746

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?