INJURY TIME: Digaji 1,3 Miliar per Hari, Dengarlah Rintihan Cristiano Ronaldo


  •    Gabriel A. Rachdyatmaka
  •    10/05/19 - 18:30
  •    19324

Bolalob.com/Jones

[Sukses itu menyilaukan. Tampak gemerlap dari luar dengan segala nikmat yang mustahil didustakan. Tapi, selalu ada retak dalam gading seindah apa pun. Tak terkecuali bagi seorang Cristiano Ronaldo yang - sepintas - tak berhak mengeluhkan hidup sempurnanya.]

Istri saya suka sekali liburan. Sejak remaja dia rajin sekali menabung, dan belajar mengelola keuangan, supaya kelak bisa sering-sering mengunjungi destinasi wisata favoritnya.

Sayang, suaminya masih pekerja kantoran biasa yang belum bisa banyak membantu mewujudkan mimpi-mimpinya. Bukan pengusaha besar atau konglomerat tajir yang mudah dan cepat merogoh kantongnya tiap kali ingin terbang ke benua yang berbeda.

“Enak ya jadi dia…” gumamnya spontan saat sedang asyik memelototi timeline media sosial temannya. “Bulan lalu di Italia, dua minggu lalu ke Islandia, sekarang sudah di Universal Studio aja.”




Teman istri saya itu memang rajin memamerkan momen tamasya ke banyak tempat, pulau dan negara. Terlihat tak kesulitan menyediakan waktu dan tentu saja uang untuk hobinya itu.

“Ah… seandainya saja aku bisa begitu…” gumamnya lirih tanpa sadar… agak sedikit menyentil suaminya yang hanya bisa tersenyum kecut di sampingnya… yang tiba-tiba baper…

Sukses itu menyilaukan. Tampak gemerlap dari luar dengan segala nikmat yang mustahil didustakan.

Injury Time



Iri pada kesuksesan orang lain mungkin adalah salah satu sikap paling sering menghampiri kita, manusia. Semakin sukses seseorang, semakin mudah dia membuat kita cemburu, iri, dan berharap bisa seperti dia. Padahal, mungkin jika tahu kisah utuh kesuksesan itu, belum tentu juga kita mau menjalaninya.

Sepintas menjadi Cristiano Ronaldo - eks bintang Manchester United dan Real Madrid - itu amat sangat menyenangkan. Wajah rupawan, prestasi gemilang, pendapatan yang bisa membuat kita duduk terjengkang. Bayangkan, hanya dari gajinya di Juventus saja, CR7 menerima 120 juta euro atau sekitar 2 triliun rupiah selama 4 tahun.

Mau rinciannya? Ini: 502 miliar per tahun, 41,8 miliar per bulan, 9,6 miliar per pekan, 1,37 miliar per hari, 57,4 juta per jam, 958 ribu per menit, dan 16 ribu per detik!




Itu belum menghitung kontraknya dengan sponsor pribadi yang berada di kisaran miliaran rupiah per brand, bahkan tembus angka 14 triliun untuk kontrak seumur hidup dengan Nike sejak 2016. Mau tahu harga endorsement sekali posting di akun Instagram-nya? Ini: 10,8 miliar per unggahan!

Jangan tanyakan berapa banyak kesenangan, kepuasan, kebahagiaan yang didapat kapten Portugal ini di luar lapangan. Populer, dipuja bak dewa, dikelilingi wanita-wanita cantik, menikmati hidup kelas VVIP, praktis bisa mendapatkan apapun yang bagi kita hanyalah mimpi di siang bolong.

Sesempurnakah itu hidup seorang Cristiano Ronaldo? halaman 2 dari 2
“Mereka melihat saya sebagai orang yang tidak pernah punya masalah. Mereka melihat saya sebagai seseorang yang tidak pernah sedih atau khawatir dengan apapun karena semua kesuksesan dan kekayaan yang saya miliki,” jawab pelaku hidup jet set ini pada Majalah ICON, Spanyol, baru-baru ini.

Padahal, lanjutnya, “Ada kalanya saya merasa terganggu dan lelah harus membuktikan setiap tahun (setiap musim, setiap pertandingan-penulis) bahwa memang saya bagus (dan pantas mendapatkan itu semua-penulis).”

Selain melelahkan, tuntutan yang terus-menerus melekat tanpa bisa dilepas itu jelas menyebalkan. “Itu situasi yang sangat sulit,” lanjutnya. “Kamu dibebani tekanan lebih berat untuk membuktikan kepada semua orang bahwa kamu memang istimewa. Dan, itu bukan hanya untuk dirimu sendiri, tetapi juga untuk ibumu, anakmu, orang-orang terdekatmu.”




Itulah yang sehari-hari dihadapi Cristiano Ronaldo. Di balik sukses yang diraih dan telah dinikmatinya saat ini, ada setumpuk kerja keras yang harus dilakukan. Bangun pagi, berlatih keras, melakukan lebih dari orang kebanyakan.

Bukan hanya penampilan yang perlu dia jaga supaya tetap awesome. Tapi juga perbuatan, bahkan pikiran dan perasaannya. Jarang, jarang sekali dia bisa menjadi dirinya sendiri dan tampil apa adanya tanpa kekhawatiran yang berlebihan bakal diserang pihak lain.

“Saya tahu tidak mungkin meminta semua orang berpikir seperti yang saya inginkan. Saya sangat mengerti hal itu dan saya tahu persis banyak orang menunggu dengan senjata di tangannya jika saya tampil buruk, gagal mengambil tendangan penalti atau kalah di pertandingan besar,” tambahnya.

Ya, setiap hari Cristiano Ronaldo berusaha selalu sempurna sekaligus bersiap menghadapi serangan pihak-pihak yang memang menunggunya gagal. “Itu bagian terbesar dari hidupku dan saya selalu bersiap untuk menghadapi hal itu dan telah saya jalani bertahun-tahun ini.”




Bermodal kekhawatiran-kekhawatiran besar itulah Cristiano Ronaldo, suka atau tidak, berhasil menjadi salah satu pemain terbaik di generasinya. Lima kali terpilih sebagai pemain terbaik dunia dan lima kali pula memenangi gelar juara Liga Champions. Belum termasuk gelar liga bersama klub dan sederet penghargaan internasional.

Memang menyenangkan membayangkan memiliki hidup serba nikmat milik Cristiano Ronaldo. Tetapi, mampukah kita menjalani konsekuensi menjadi sesempurna dia? Dengan segala kerja keras, juga pengorbanan, yang ternyata jauh lebih rumit nan pelik dari yang kita bayangkan?

Untungnya istri saya hanya sebatas menggumam dan merutuk sesaat. Sehari-hari dia terus berusaha menabung dan mengelola keuangannya sebaik mungkin demi liburan-liburan kecil yang masih mampu kami lakukan. Tak sesering dan seindah temannya memang, tetapi setimpal dengan segala perjuangan, pengorbanan dan pergulatan keluarga kecil kami.

Seindah-indahnya timeline sosial media, lebih indah realita keseharian kita.

Mensyukuri realita itu lebih indah daripada sekadar mengimpikan ilusi timeline sosial media.

Injury Time



Jakarta, when business make you confuse, 10/05/19 – twitter: @angrydebritto

[Disklaimer: Tulisan ini adalah opini pribadi penulis. Tidak terkait dengan kebijakan redaksi media yang memuatnya, dalam hal ini Bolalob.com.]
Terakhir diubah:  10/05/19 - 19:12







Berita Terkait


1568981402309

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?