Marc Klok Punya Bukti Bahwa Ia Layak Bermain untuk Timnas Indonesia


  •    Robert
  •    24/05/19 - 10:40
  •    2935

Bolalob

Gelandang PSM Makassar asal Belanda, Marc Klok sangat berhasrat untuk bisa berseragam Timnas Indonesia di masa mendatang.

Klok menjalani musim ketiganya di Indonesia dan masih setia berseragam PSM Makassar. Proses naturalisasi pun masih berjalan agar dirinya bisa menjadi warga negara Indonesia.

Masih berusia 26 tahun, Klok dianggap ideal untuk bisa berseragam merah putih. Impiannya itu pun datang ketika Simon McMenemy memanggilnya dalam pemusatan latihan timnas akhir bulan ini. Walau tak akan bermain di dua laga uji coba, Klok bisa merasakan atmosfir timnas bersama rekan-rekannya yang lain di sesi latihan.




Klok butuh tinggal dan menetap di Indonesia selama lima tahun beruntun atau setidaknya 10 tahun sesuai Undang-undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Indonesia. Namun semuanya bisa lebih cepat jika ia mendapat rekomendasi dari instansi karena memiliki silsilah keturunan Indonesia.

Pemain berusia 26 tahun ini sudah menemukan bukti berupa artikel yang menunjukkan jika kakek buyutnya ternyata lahir di kota tempat timnya bermarkas, Kota Makassar, Indonesia.

Artikel tersebut berjudul “Parenteel van Jan Janszoon KLOCK” yang artinya “Orangtua Van Jan Janszoon KLOCK”. Artikel ini diterbitkan oleh situs corbeaux.net, situs yang khusus menyajikan silsilah keluarga orang Belanda.

Pada bagian XII. 15, Marc Klok menandai jika salah satu kakek buyutnya, Jans Ernst Karel lahir di Makassar pada 2 Januari 1930 atau ketika bangsa Belanda masih menjajah Indonesia. Dengan data dan fakta itu membuat Klok semakin berhasrat untuk bisa membela Timnas Indonesia. halaman 2 dari 3
CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin, mengungkapkan proses naturalisasi Klok sudah masuk ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

"Semua masih dalam proses. Sekarang sudah masuk di Depkunham. Jadi masih dalam proses. Mudah-mudahan secepatnya bisa jalan," ujar Munafri saat dihubungi pewarta, Jumat (15/3/2019.)

"Memang dia ada silsilah orang Indonesia. Kami berharap bisa cepat dilakukan, kalau permohonan diterima kami akan kalan, tapi kalau tidak kami mundur,"


Klok lahir di Amsterdam pada 20 April 1993. Karier junior Klok berlangsung di AVV Zeeburgia dan Utrecht.

Ia memulai karir sepakbola di Jong FC Utrecht pada 2011. Selama dua tahun ia hanya bermain sebanyak 17 kali dan mencetak dua gol.

Dirinya pun menjajal suasana baru, yakni di Skotlandia bersama Ross County (2013-2014), Cherno More (2014-2016), Oldham Athletic (2016), Dundee (2017), hingga berlabuh di PSM Makassar pada April 2017. Selama membela PSM, Klok sudah bermain di 58 pertandingan dan mencetak 17 gol. halaman 3 dari 3
Melalui akun Instagramnya, Klok pun tak sabar untuk bisa menunjukan kontribusi di Timnas Indonesia walau di sesi latihan saja.

"Hari ini, mimpiku menjadi kenyataan. Dan saya tidak bisa ungkapkan dengan kata kata betapa bangganya, bersyukur, dan bahagianya saya. Pertama-tama, saya ingin sampaikan bagi yang mungkin belum mengetahui hal ini: Saya sedang menyelesaikan proses naturalisasi saya.

"Kenapa? Sederhana saja. Saya merasa bahwa ini ada rumah bagi saya. Lebih dari yang saya rasakan ditempat tempat lain. Saya berterimakasih untuk kalian semua. Sebuah kebanggaan dan mimpi untuk bisa dipanggil ke Timnas Indonesia," tulis Klok.


"Kali ini hanya untuk latihan saja. Untuk beradaptasi dengan tim dan untuk mempersiapkan diri untuk World Cup Qualifiers. Karena saya masih belum diizinkan untuk bermain karena prosesnya belum selesai. Dengan kehendak Tuhan mudah-mudahan ini akan selesai segera. Saya ingin berterimakasih kepada PSSI dan Simon Mcmeneny untuk kepercayaannya kepada ku," tulisnya melanjutkan.

Tak lupa, Klok mengucapkan terima kasih juga kepada PSM serta seluruh supporter. Ia bertekad akan memberikan 100 persen untuk Indonesia.

"Kapan dan jika nanti selesai, saya akan diberikan sebuah kehormatan untuk bisa membela Pasukan Garuda. Saya ingin sampaikan bahwa saya akan memberikan segalanya untuk negara ini. Saya saya harap bisa membayar kepercayaan itu dengan performa Ku," tulis Klok.
Terakhir diubah:  24/05/19 - 11:01







Berita Terkait


1568880002558

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?