Klub dengan Budget Minim, Atalanta Sukses Melaju ke Liga Champions


  •    Robert
  •    27/05/19 - 12:10
  •    1.679

Klub dengan Budget Minim, Atalanta Sukses Melaju ke Liga Champions
Squawka News

Dengan kemenangan 3-1 atas Sassuolo, Minggu (26/5) malam sudah cukup bagi Atalanta untuk menyegel posisi empat besar Serie A musim ini. Total 69 poin digapai oleh tim asuhan Gian Piero Gasperin sepanjang musim ini, mereka unggul agresivitas gol (31) atas Inter (24) yang ada di posisi empat. Keduanya memiliki poin yang sama.

Atalanta dan Inter memastikan dua tiket tersisa di Serie A untuk tampil di Liga Champions musim depan, bersama denan sang juara Juventus dan Napoli.

Ini adalah pertama kalinya Atalanta sukses melaju ke ajang tertinggi di Eropa tersebut dalam 112 tahun sejarah berdirinya klub.




Dengan finis di peringkat tiga di Serie A musim ini, Atalanta membukukan berbagai rekor salah satunya adalah posisi terbaik klub sejak didirikan di Bergamo pada 1907. Sebelum ini, prestasi tertinggi Atalanta di liga domestik adalah bertengger di posisi keempat pada musim 2016-2017.

Gasperini sendiri meyakinkan suporter klub bahwa Atalanta akan tampil baik di ajang tertinggi di benua Eropa tersebut.

"Kami tidak pernah bermimpi sebelumnya untuk bisa Lolos ke Liga Champions," ujar Gasperini kepada Sky Sport Italia.

"Ini tidak pernah terjadi sebelumnya dan kami harus bisa menjalaninya dengan tanggung jawab serta rasa kebanggaan. Menurut saya pribadi, Atalanta bisa bicara banyak di Liga Champions musim depan," lanjut dia.

"Ini adalah hasil apik untuk klub, untuk Bergamo. Bermain di Liga Champions itu fantastis. Sebuah penghargaan untuk kota ini. Kami membuktikan juga bisa bertahan. Karena dalam beberapa tahun terakhir kami selalu ditemani ribuan fans dengan kegembiraan, antusiasme, dan kekuatan."

"Jangan berterima kasih kepada saya, berterima kasihlah kepada para pemain. Kami latihan sejak 4 Juli, bermain pertama kali di Liga Europa pada 26 Juli dan tak pernah berhenti. Hanya sepekan saat natal. Respons yang diperlihatkan sangat luar biasa. Saya tak akan pernah bisa membalas kebaikan mereka," demikian dia. halaman 2 dari 3
Klub dengan bujet minim ini sukses tampil konsisten dalam tiga musim terakhir, mereka sempat finis di posisi ke-4 pada musim 2016-17 namun saat itu Italia baru memiliki tiga tiket ke Liga Champions. Lalu di musim lalu Atalanta berada di urutan ketujuh klasemen.

Melalui laman Transfermarkt, Atalanta yang beranggotakan 22 pemain musim ini memiliki nilai skuat hanya 193 juta euro saja. Bandingkan dengan Milan yang finis di urutan keenam Serie A dengan 530 juta euro atau Roma (posisi 6 Serie A) dengan 42 juta euro.

Dalam rilis La Gazzetta della Sport pada September 2018, Atalanta musim ini mengeluarkan 27 juta euro (sekitar 435 miliar rupiah) untuk membayar gaji para pemain mereka. Bandingkan dengan gaji yang diterima oleh Cristiano Ronaldo yang mencapai 31 juta euro (Rp500 miliar) per musim dari Jventus musim ini.


Pemain termahal Atalanta tentu adalah sang striker Duvan Zapata yang berpotensi memiliki nilai transfer mencapai 35 juta euro.

Striker asal Kolombia itu mencetak 23 gol dalam 37 penampilannya musim ini bersama Atalanta. Bukan tak mungkin ia akan pergi ke klub besar di bursa transfer musim panas ini.

Musim ini Atalanta juga melaju ke final Coppa Italia, sebelum dikalahkan oleh Lazio dengan skor 2-0.
halaman 3 dari 3
Presiden Atlanta Antonio Percassi menegaskan bahwa pelatih Atalanta Gian Piero Gasperini akan memimpin klub pada Liga Champions musim depan.


"Ini merupakan musim yang luar biasa, kami pun bermain dengan sangat baik. Pelukan pertama saya adalah untuk Gasperini. Ini merupakan hadiah bahwa dia akan tetap berada di sini musim depan," kata Percassi dikutip dari Football Italia, Senin (27/5).

Salah satu kunci keberhasilan Atalanta berada di posisi tiga besar adalah hasil impresif mereka dalam 13 laga terakhir di Liga Italia.

Sejak dikalahkan Torino pada pekan terakhir Februari, Atalanta tak pernah menelan kekalahan. Mereka mencatat 9 kemenangan dan 4 hasil imbang. Tambahan 40 poin sukses mendongkrak posisi Atalanta dari posisi kedelapan menuju posisi ketiga di klasemen Liga Italia.






Video Trending



Berita Terkait


1596339002260

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?