10 Fakta Menarik Seputar Copa America 2019


  •    Robert
  •    11/06/19 - 15:40
  •    1199

Evening Standard

Ajang turnamen terbesar di wilayah Amerika Selatan yakni Copa America 2019 akan digelar di Brasil mulai 14 Juni mendatang.

Sebanyak 12 tim akan memperebutkan supremasi tertinggi di wilayah dengan sebutan Conmebol ini. Banyak bintang akan tampil dalam ajang ini, sebut saja pemain terbaik dunia Lionel Messi bersama Argentina atau Sergio Aguero. Lalu ada rekan setim Messi di Barcelona yakni Luis Surez (Uruguay) dan juga Edinson Cavani.

Di kubu Chile ada nama-nama seperti Arturo Vidal dan Alexis Sanchez. Mantan kapten Manchester United, Antonio Valencia juga akan bermain bersama Ekuador, begitu juga dengan Salomon Rondon (Venezuela).




Sayang Neymar harus absen dalam ajang ini lantaran mendapat cedera dalam masa persiapan Brasil pekan lalu.

Tuan rumah Brasil akan memulai pertandingan melawan Bolivia di Cicero Pompeu de Toledo Stadium, Sabtu (15/6) pukul 07.30 WIB.  Berikut kami hadirkan data dan fakta menarik seputar Copa America 2019: halaman 2 dari 3
1. Copa America 2019 ini akan menjadi edisi terakhir yang akan dimainkan pada tahun ganjil. Mulai dari tahun 2020, turnamen akan diadakan di tahun yang sama dengan turnamen serupa seperti Piala Eropa.

2. Qatar akan melakoni debut mereka di Copa America. Mereka akan menjadi negara Arab pertama yang bermain di turnamen Amerika Selatan. Di sisi lain, Jepang akan membuat penampilan kedua mereka, yang pertama sejak tampil pertama kali pada tahun 1999.


3. Ini juga akan menjadi Copa America pertama yang tidak menampilkan tim dari CONCACAF (wilayah Amerika Utara) karena tim mulai diundang. Meksiko yang telah muncul sejak 1993 tidak akan muncul untuk pertama kalinya tahun ini.


4. Tahun ini akan menandainya sebagai kali kelima Copa America akan diadakan di Brasil, dengan negara yang sebelumnya menjadi tuan rumah pada tahun 1989, yaitu 30 tahun yang lalu.

5. CONMEBOL pada awalnya berencana menjadikan edisi tahun ini dengan penampilan 16 tim dengan mengundang enam tim lain dari luar CONMEBOL. Mereka bahkan mengumumkan bahwa tiga tim dari CONCACAF dan tiga tim dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) akan diundang untuk berpartisipasi. Namun, mereka membatalkan keputusan itu. halaman 3 dari 3
6. Uruguay menjadi tim tersukses di Copa America karena mereka telah memenanginya sebanyak 15 kali. Tahun 2011 menjadi terakhir kali mereka meraih gelar ini.


7. Delapan dari sepuluh tim dari wilayah CONMEBOL telah memenangkan turnamen setidaknya satu kali sejak digelarnya ajang ini pada tahun 1916, dimana hanya Venezuela dan Ekuador yang belum pernah memenanginya.

8. Norberto Mendez dari Argentina dan Zizinho dari Brasil adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa Copa America dengan 17 gol untuk masing-masing hingga saat ini.

9. Amerika Serikat adalah satu-satunya negara non-CONMEBOL yang pernah menjadi tuan rumah ajang ini, yang diselenggarakannya pada 2016. Turnamen ini diadakan di beberapa negara Amerika Selatan pada tiga kesempatan (pada 1975, 1979, dan 1983). Argentina telah menjadi tuan rumah turnamen paling banyak.


10. Guillermo Stabile adalah pelatih terbanyak yang memenangi gelar ini yakni enam Copa America saat melatih Argentina.
Terakhir diubah:  11/06/19 - 22:00







Berita Terkait


1560330481335

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?