Timnas Indonesia Ditaklukkan Yordania 1-4 dalam Laga Uji Coba


  •    Rifqi Fadhillah
  •    11/06/19 - 22:00
  •    1745

Antara

Timnas Indonesia harus mengakui ketangguhan dari timnas Yordania setelah takluk dengan skor cukup telak 1-4 dalam laga uji coba internasional di Stadion King Abdullah II, Amman, Yordania, Selasa (11/6/2019).

Diawal babak pertama, timnas Indonesia langsung dikagetkan dengan serangan agresif yang ditampilkan oleh timnas Yordania. Peluang didapat oleh Yordania ketika Bahaa Faisal memberikan umpan matang kepada Khalil Baniateyah yang berdiri kosong tanpa pengawalan.

Beruntung, sepakan dari Khalil di luar kotak penalti masih melambung tinggi dari gawang Andritany Ardhiyasa.

Indonesia baru bisa keluar dari tekanan Yordania ketika waktu memasuki menit ke-10. Peluang pertama Indonesia didapat oleh striker asal Arema FC, Dedik Setiawan.

Berhasil memasuki kotak penalti dari Yordania, Dedik melepaskan tendangan mengarah ke gawang Yordania. Sayang, tembakan dari Dedik hanya melenceng tipis dari sisi gawang tim lawan.




Menit ke-19, Andritany melakukan penyelamatan gemilang di bawah mistar gawang Indonesia. Kesalahan dari lini pertahanan Indonesia berhasil dimanfaatkan oleh Bahaa Faisal dengan langsung menembakkan bola. Namun, Andritany dengan sigap mampu menggagalkan peluang dari Bahaa dengan tepisannya.

Setelah berkali-kali menekan pertahanan timnas Indonesia, akhirnya gol dari Yordania tercipta dimenit ke-21. Umpan manis dari rekannya, mampu dimanfaatkan oleh Bahaa dari sisi kanan dengan menembakan bola yang tak bisa dihalau oleh Andritany. Yordania unggul 1-0.

Jelang akhir babak kedua, Yordania kembali menambah pundi-pundi golnya melalui Ahmaed Hamdouni. Skill individu mampu dipertunjukan oleh Hamdouni dengan mengecoh para pemain Indonesia hingga memasuki kotak penalti, dan kemudian melepaskan tendangan ke sisi kiri gawang Indonesia. Skor 2-0 untuk Yordania.

Indonesia memasukkan Andik Vermansah menggantikan Ramdani Lestaluhu untuk menambah daya gedor serangan. Namun, hingga wasit meniupkan peluat tanda berakhirnya babak kedua, Indonesia masih tertinggal 0-2 dari Yordania. halaman 2 dari 3
Baru empat menit babak kedua berjalan, timnas Yordania sudah mendapatkan peluang melalui Moussa Altamari. Berawal dari kesalahan Yanto Basna yang kehilangan bola hal ini pun langsung dimanfaatkan oleh para pemain Yordania yang langsung menekan ke jantung pertahanan Indonesia. Beruntung, sepakan dari Moussa Altamari masih menjauh dari gawang Andritany.

Yordania hampir menambah keunggulan dimenit ke-55 setelah kesempatan emas didapat melalui Ahmed Samer. Umpan matang dari Ahmed Ersan berhasil disundul oleh Samer tepat mengarah ke gawang Indonesia. Namun, bola akhirnya hanya mengenai mistar gawang Andritany sehingga Yordania gagal untuk menambah kedudukan.

Digempur terus-menerus membuat pelatih Simon McMenemy mengganti skema permainan Indonesia dengan memasukkan Beto Goncalves yang diganti Riko Simanjuntak. Dengan masuknya Beto, Indonesia memainkan dua striker dengan Beto dan Dedik di lini depan skuat Garuda.

Meski begitu, hal itu tidak terlalu berpengaruh terhadap agresivitas dari permainan Indonesia. Justru Evan Dimas dan kawan-kawan harus kembali memungut bola dari gawangnya.

Kesalahan fatal dari Andritany yang berniat mengumpan kepada rekannya di lini pertahanan Indonesia, justru mengenai pemain dari Yordania. Sehingga kemudian dimanfaatkan oleh Yousef yang langsung menembakkan bola dari luar kotak penalti mengecoh pergerakan dari Andritany. Indonesia kian tertinggal 0-3.




Indonesia benar-benar dibuat babak belur oleh Yordania setelah tendangan melengkung berhasil diciptakan oleh pemain bernomor punggung 20, Ahmed Hamzeh pada menit ke-79. Bola ke tiang pojok gawang tak mampu dihalau oleh Andritany, sehingga membuat Yordania semakin mempimpin 4-0.

Indonesia akhirnya mampu memperkecil ketertinggalan atas Yordania dimenit ke-85 melalui Beto Goncalves setelah ia dijatuhkan dikotak terlarang oleh kiper Yordania, Amer Shafi. Beto yang menjadi eksekutor penalti sukses menjebol gawang dari Yordania. Skor 1-4.

Meski begitu, Indonesia tak mampu menambah keunggulan hingga akhir babak kedua. Alhasil, Indonesia harus mengakui kekelahan mereka 1-4 atas Yordania. halaman 3 dari 3
Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Yordania:

Timnas Yordania: 1-Amer Shafi; 2-Feras Shelbayeh, 3-Tareq Khattab, 5-Yaza Alarab, 23-Ehsan Haddad; 13-Khalil Baniateyah, 4-Baha'a Alrahman, 18-Moussa Altamari, 10-Ahmed Samer, 14-Ahmed Ersan, 9-Bahaa Faisal

Timnas Indonesia: Andritany Ardhiyasa; Yanto Basna, Ahmad Jufriyanto, Hansamu Yama, Ruben Sanadi; Rizki Pellu, Evan Dimas, Rizky Pora; Riko Simanjuntak, Dedik Setiawan, Ramdani Lestaluhu







Berita Terkait


1563503402107

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?