PSSI: Liga 1 Belum Siap Pakai VAR


  •    Robert
  •    18/06/19 - 16:30
  •    490

FIFA

Teknologi VAR memang menjadi salah satu solusi untuk menekan kontroversi di sebuah pertandingan.

Tuntutan untuk memakai VAR pun disuarakan oleh para peserta klub Liga 1. Namun Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan penggunaan VAR di kompetisi Indonesia memerlukan waktu persiapan yang cukup panjang.

Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha menyatakan sudah berkonsultasi dengan federasi sepak bola dunia (FIFA) dan hasilnya ada sejumlah syarat yang harus diikuti bila ingin menerapkan VAR.

"Ada 18 kriteria yang harus dipenuhi di dalam buku IFAB (regulasi FIFA) itu, dari mulai training dan lain sebagainya," kata Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria di Jakarta, Senin (17/6/2019).




"Persiapan itu 1 sampai 1,5 tahun, dengan posisi memiliki jumlah wasit FIFA yang minimal. Kira-kira kita butuh dua tahun untuk pengembangan SDM-nya sendiri."

Masalah dana juga bisa menjadi halangan bagi PSSI untuk menyediakan teknologi yang sudah dipakai di pertandingan seperti Piala Dunia. Tisha menjelaskan bahwa PSSI memiliki banyak masalah di amsa lampau dan membuat mereka tertinggal dengan negara lain.

"PSSI pernah terhenti selama tujuh tahun gara-gara konflik internal dan lain sebagainya membuat kami tertinggal dibanding negara lain. Kami punya pekerjaan rumah mengejar ketertinggalan ini, termasuk persoalan SDM," ucapnya.

Para wasit juga harus menjalani pelatihan yang digelar oleh FIFA dan memakan waktu enam sampai delapan bulan.

"Itu bukan sekedar monitor video. Dia punya lisensinya dan lain-lain," ucap Tisha.







Berita Terkait


1563376127563

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?