Puluhan Pelatih Nasional Harap-harap Cemas Menunggu Keputusan AFC


  •    Robert
  •    22/06/19 - 14:30
  •    1998

PSSI

Sebanyak 20 pelatih nasional sedang menunggu hasil kelulusan mereka, setelah mengikuti kursus kepelatihan AFC Pro yang digelar pada bulan April lalu.

Beberapa modul telah dijalankan oleh para pelatih selama hampir satu tahun. Mereka juga tak hanya menjalani modul di dalam negeri, dimana para pelatih juga sempat mengunjugi markas klub LaLiga Spanyol, Deportivo Alaves.

Alaves sengaja dipilih oleh tim High Performance Unit (HPU) PSSI, karena meski klub kecil namun mereka cukup konsisten bertarung di papan tengah.

Diantara 20 pelatih, ada nama-nama beken seperti Djajang Nurjaman, Bambang Nurdiansyah, Aji Santoso, Wolfgang Pikal, Rudy Eka Priyambada, Joko Susilo, Liestiadi, Hanafing, Tony Ho dan Emral Abus.




Selain itu, Rahmad Darmawan, Iwan Setiawan, Nil Maizar, Indra Sjafri, Widodo C Putro,Yeyen Tumena, Mundari Karya, Yunan Helmi, Seto Nurdiantara dan Syafrianto Rusli. Begitu juga dengan pelatih asing, seperti pelatih Timnas U-23 Malaysia Ong Kim Swee, Adam bin Abdullah dan Elavaran yang semuanya berasal dari Negeri Jiran dan Fujiwara (Jepang) juga ikut ambil bagian dalam kursus yang pertama kalinya dilakukan di Indonesia ini.

Sebelumnya Indonesia tak memiliki pelatih dengan lisensi tertinggi di karir kepelatihan. Langkah ini diambil sebagai persiapan salah satu persyaratan dari AFC bahwa nantinya pada tahun 2020 setiap pelatih di kompetisi profesional level teratas harus memiliki lisensi Pro AFC.

Salah satu syarat untuk mengikuti kursus ini yakni harus memiliki lisensi A AFC dan empat tahun terakhir aktif menangani tim profesional.

PSSI sendiri berharap jika nanti pelatih-pelatih ini sudah mengantongi lisensi Pro AFC, mereka bisa berkarir sampai keluar negeri.







Berita Terkait


1563190201985

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?