Paperun 2019, Berlari dan Mengajak Masyarakat Peduli Literasi


  •    Gerry Putra
  •    23/06/19 - 16:20
  •    172

Istimewa

Sebanyak 2000 pelari mengikuti ajang Paperun Charity Fun Run 5k, di kawasan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (23/6/2019). Ajang tersebut mengajak masyarakat peduli dengan literasi.

Acara tersebut digelr oleh Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas. Ajang ini berhasil mendapatkan animo positif dengan jumlah yang meningkat 60 persen dari gelaran sebelumnya.

Direktur Asia Pulp & Paper Sinar Mas Suhendra Wiriadinata mengatakan, seluruh biaya pendaftaran dari Paperun 2019 ini akan dijadikan dalam bentuk buku ke 68 rumah baca, khususnya di empat daerah pascabencana, Nusa Tenggara Barat (NTB), Banten, Lampung dan Sulawesi Tenggara.




"Keempat daerah ini menjadi target utama donasi tahun ini karena kita perlu memulihkan keadaan infrastruktur, demi masa depan anak-anak disana," ujar Suhendra.

Unesco dalam laporannya yang berjudul The Social and Economic Impact of Illiteracy menyebutkan tingkat literasi rendah dapat berujung pada hal negatif, termasuk kemiskinan dan kriminalitas.

Susan Bachtiar selaku penulis dan praktisi pendidikan mengapresiasi misi Paperun 2019. Ia memahami bahwa budaya membaca buku di Indonesia masih rendah.

"Bukan karena tidak tertarik membaca, tetapi memang buku-buju edukatif berkualitas masih sangat terbatas di daerah- daerah. Padahal membaca adalah jendela dunia yang bisa memberikan pengaruh besar terhadap hidup seseorang,"ujar Susan.

Paperun 2018 diadakan masih dalam semangat memperingati Hari Satwa Langka dan Hari Buku Nasional yang sama-sama jatuh pada tanggal 17 Mei. APP Sinar Mas memandang penting tingkat literasi dengan tingkat kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.


Vlog Sandy Walsh Mengejar Mimpi di Jakarta

Terakhir diubah:  23/06/19 - 19:16







Berita Terkait


1562682602662

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?