Samsul Arif Bercerita Soal Raihan Buruk Barito Putera di Awal Liga 1 2019


  •    Kukuh Wahyudi
  •    24/06/19 - 21:00
  •    843

Samsul Arif Bercerita Soal Raihan Buruk Barito Putera di Awal Liga 1 2019
Kukuh Wahyudi/Bolalob


Kondisi internal Barito Putera tengah bergejolak. Koleksi satu poin dari empat laga membuat posisi mereka berada di dasar klasemen.

Kondisi tersebut membuat pelatih Jacksen F. Tiago berinisiatif mengundurkan diri. Ia merasa bertanggung jawab atas hasil buruk yang didapat timnya.

Sebelum mencapai titik seperti sekarang, Bolalob sempat berbicara dengan striker senior Barito Putera, Samsul Arif. Ia menceritakan faktor-faktor apa saja yang menghambat laju Barito di awal musim ini sehingga terus meraih hasil minor.

Berikut petikan obrolan santai dengan juru gedor berusia 34 tahun itu:




Apa yang harus dibenahi dari Barito Putera saat ini?
Musim ini mayoritas banyak pemain baru. Otomatis kami butuh sedikit adaptasi. Kami butuh waktu lagi di kompetisi yang baru berjalan.

Kami tahu persiapan sedikit kurang bagus. kami harus memulai liga dengan persiapan cukup panjang. Hal itu saya rasa berpengaruh dari segi kebugaran dan kejenuhan pemain. Ke depan kami harus sama-sama komunikasi dengan pemain soal visi bermain.

Bedanya dengan musim lalu apa?
Kami tahu musim kemarin (2018) kami finis di posisi sembilan. Dengan prestasi cukup bagus di putaran prtama saat itu, yaitu runner up di putaran pertama. Namun, menurun di puraran kedua. Dibandingkan sekarang mungkin tahun kemarin mungkin coach Jacksen punya pemain yang sudah disiapkan dari tahun sebelumnya (2017).

Berbeda dengan sekarang, tahun sekarang banyak pemain baru otomatis banyak skema baru dan punya pertimbangan sendiri untuk meracik pemain baru.

Di tahun sekarang kami punya pemain berbeda. Kami punya semangat dan motivasi baru. Level permainan kami harusnya meningkat karena kedatangan pemain timnas (Evan Dimas, Bayu Pradana). halaman 2 dari 3
Sempat berada di papan atas di musim lalu, apa evaluasi dari tahun lalu menurut Mas Samsul?
Kami harus tahan dengan tekanan. Putaran pertama kami bagus tapi turun terus di putaran kedua. Saya kira mungkin kami tak biasa sebagai pemuncak klasemen atau tim papan atas.

Kami harus siapkan mental bersaing di papan atas dan mempertahankannya. Kami bisa berada di puncak tapi tak bisa mempertahankan. Tahun ini harus bakerja keras lagi.

Peta kekuatan di musim ini seperti apa?
Banyak sekali tim di liga sekarang yang punya target juara. Kami tahu Bali bagaimana oersiapnnya, Persija juara bertahan, Persib dengan pelatih barunya, Madura United dengan los galaticosnya.

Saya pikir ini musim yang berat dan ketat. Barito bisa jadi underdog.




Tiga musim bisa jadi top skor (ISL 2014, Liga 1 2017, Liga 1 2018) lokal. Apa artinya menurut Mas Samsul?
Saya kira itu dianggap motivasi saja. Bermain di Liga ini gampang-gampang susah. Kami tahu banyak pemain asing dan pasti di pososi striker, gelandang, dan bek. Kualitas mereka di atas pemain lokal.

Untuk bersaing dengan mereka hanya mengandalkan motivasi saja. Soalnya dari segi fisik, kita di bawah mereka, dari segi pengalaman juga apa sih. Kami hanya main di liga kita. Yang saya jaga adalah motivasi di level mereka.

Tapi saya pikir itu bukan pencapaian yang luar biasa buat saya. Kalau top skor gak beda lokal dan pemain asing. Top skor hanya satu, top skor liga. Saya belum apa-apa.

Setelah Piala AFF 2014, Mas Samsul sempat dipanggil oleh coach Simon di awal tahun untuk seleksi timnas. Masih bernafsu untuk menembus skuat timnas?
Alhamdulilah saya mendapatkan kesempatan itu. Sekarang punya greget baru, punya motvsi baru untuk berada di sana. Sejujurnya selama ini saya ingin berada di sana karena itu yang sakral dan masuk timnas sangat membanggakan.

Saya pikir tak pandang usia berapa, level junior atau senior, sudah masuk ke timnas sangat membanggakan. Saya ingin bekerja keras untuk terus berada di sana.

Bisa di bilang ini adalah awal dan ke depanya tak tahu. Saya hanya ingin berkontribusi di klub, timnas, dan bisa juara di Piala AFF. halaman 3 dari 3






Video Trending



Berita Terkait


1593059401655

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?