Indonesia Ajak Australia Ajukan Diri sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2034


  •    Rizqi Ariandi
  •    27/06/19 - 08:00
  •    1128

Rizqi Ariandi/Bolalob

Federasi sepak bola Indonesia, PSSI mengajak Australia untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034. Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria, rencana itu sudah mendapat dukungan dari negara-negara anggota AFF.

Sebelumnya, Indonesia mengajukan diri bersama Thailand untuk menjadi host turnamen sepak bola paling bergengsi di dunia itu pada 2034.

Namun, Thailand memilih mundur dari proses tersebut. Pilihan kemudian jatuh pada Australia yang memang bernaung di bawah konfederasi AFF.




"PSSI melihat kombinasi antara Indonesia dan Australia ini cukup kuat. Australia punya pengalaman, sementara Indonesia secara infrastruktur juga tidak kalah," kata Ratu Tisha.

"Dalam satu acara di Bali pada 2017, AFF mengumumkan akan mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. PSSI kemudian ditunjuk untuk memimpin delegasi AFF. Awalnya, AFF menunjuk Indonesia dan Thailand, tapi Thailand mengundurkan diri karena merasa belum siap. Kemudian, Australia melamar PSSI," ujar Tisha menambahkan.

Tapi, sebelum resmi mengikuti bidding untuk tuan rumah Piala Dunia 2034, PSSI akan terlebih dulu mengajukan diri sebagai host Piala Dunia U-20 yang akan digelar pada 2021.

Menurut Tisha, untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia, Indonesia setidaknya harus pernah menggelar event dengan level yang sama.

"PSSI punya pengalaman menggelar Piala AFF, Piala Asia, lalu beberapa kompetisi AFC. Nah, kita butuh satu lagi turnamen yang di bawah FIFA. Kami harus membangun pengalaman di situ," ujar Tisha.

Adapun, untuk menjadi tuan rumah Piala Dunaia 2034, Indonesia bersama Australia harus bersaing dengan Tiongkok, Selandia Baru, Zimbabwe, Mesir, Nigeria.







Berita Terkait


1563539402314

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?