Jadi Pemain Termahal Manchester City, Siapa Sih Rodri?


  •    Robert
  •    05/07/19 - 14:40
  •    1228

Bolalob

Bursa transfer musim panas ini dimanfaatkan dengan baik oleh kontestan Liga Primer Inggris untuk memperkuat skuat mereka di musim baru, termasuk Manchester City. Tim asuhan Pep Guardiola ini nampak sangat yakin menebus gelandang muda Spanyol, Rodri dengan banderol mencapai 62.8 juta pounds (Rp 1.4 triliun) dari Atletico Madrid.

Itu adalah rekor pembelian terbesar City dalam sejarah klub, lebih besar daripada saat Man City mendatangkan Riyad Mahrez dari Leicester City (60 juta pounds).

City berani menebus klausul rilis yang dimiliki oleh pemain dengan nama lengkap Rodrigo Hernandez Cascante ini. Apakah itu perjudian untuk Guardiola?




Banyak orang yang belum tau sosok Rodri, apalagi ia akan menjalani debut di Liga Primer Inggris musim ini. Pertanyaan akan banyak mengarah pada Rodri, apalagi ia memiliki banderol cukup besar.

"Apa yang telah dicapai City dalam dua tahun terakhir sangat luar biasa dan saya tak sabar untuk menjadi bagian dari pasukan yang penuh pemain berbakat," kata Rodri di situs resmi tim barunya.


"Bukan hanya gelar yang telah mereka menangkan, tetapi juga cara bermain menyerang mereka. Mereka bermain sepakbola menyerang setiap saat."

"Itu gaya yang menyenangkan bagi saya, seperti halnya ambisi klub ini. Saya tidak sabar untuk mulai bekerja dengan Pep Guardiola dan rekan satu tim baru saya dan mudah-mudahan kita dapat mencapai hal-hal besar bersama," tuturnya menambahkan. halaman 2 dari 4
Terlalu Kecil

Saat ini Rodri memiliki postur tubuh yang cukup menjulang yakni mencapai 187 cm, padahal di tahun 2013 Atletico Madrid saat usia 16 taahun mereka melepasnya karena menganggapnya terlalu kecil.

Rodri tiba di Atletico dari klub Rayo Majadahonda di Madrid, di mana dia pertama kali mengenal teman dekatnya hingga saat ini Lucas Hernandez. Keduanya sudah mengenal sejak usia 10 tahun, sama-sama bergabung dengan Atletico hingga pada akhirnya pergi di musim panas ini, dimana Lucas memilih pinangan Bayern Muenchen.


Saat berusia 17 tahun ia meninggalkan klub yang akan menjadi juara LaLiga musim berikutnya dan belum pernah keluar dari tiga besar di Spanyol sejak itu.

Sebaliknya, ia bergabung dengan tim Villarreal yang baru saja kembali dari Segunda, sementara mereka tidak pernah finis di posisi lima besar bersama dengan Rodri sebagai pemain tim pertama, level yang sedikit lebih rendah memastikan dirinya bermain 63 pertandingan liga dan 84 secara total, cukup mengesankan untuk membujuk Atletico membelinya kembali 12 bulan lalu.

Kenaikan pesatnya tidak akan luput dari perhatian Real Madrid dan Barcelona, ??tetapi City telah mampu menerkam sebagian karena fokus kedua klub tersebut terletak pada penguatan bagian lain dari tim.

Real sendiri menargetkan pemain bertipe menyerang,. Karena pada usia 27 tahun, Casemiro berada di puncak karirnya dan salah satu komponen kunci dari tim Brazil yang telah mencapai final Copa America.

Barcelona memiliki gelandang legendaris Spanyol Sergio Busquets, yang menandatangani kontrak baru pada September 2018 yang tidak berakhir hingga 2023. halaman 3 dari 4
Peran di Lini Tengah

Sebagai seorang gelandang bertahan atau box to box, Rodri memiliki statistik mengkilap di LaLiga musim lalu. Ia membuat total 103 tekel sepanjang musim lalu, dimana angka itu adalah teratas di LaLiga dan membuat kita dapat melihat kemampuan bagus Rodri memutus serangan lawan.

Duel area pun dimiliki dengan baik oleh Rodri, yakni sebesar 67.8% hal itu ditunjang dengan perebutan bola lawan yang juga cukup mengkilap yakni 280 kali.


Rodri sering disamakan dengan Busquets, terutama karena kepekaan dalam posisinya dan kemampuannya untuk melepaskan umpan. Bahkan beberapa pengamat mengatakan Rodri lebih atletis daripada Busquets.

Kelemahan yang masih dimiliki Rodri adalah kemampuannya mencetak gol. Dia membuat tiga gol dari 47 penampilan di semua kompetisi untuk Atletico musim lalu. Tahun sebelumnya di Villarreal, ia hanya mencetak satu gol, satu-satunya gol yang ia cetak selama 89 pertandingan untuk dua klub profesionalnya.


Namun dengan kemampuan lini depan City yang spektakuler, tentu gol dari kaki Rodri tak terlalu diharapkan. Dirinya akan lebih banyak berperan dalam membangun serangan dan juga menghalau permainan lawan.

Ia menjadi pengganti ideal Fernandinho yang sudah menginjak 34 tahun. halaman 4 dari 4
Bagaimana Ia Masuk ke dalam Formasi Guardiola?

Guardiola nampak memberikan kesempatan enam bulan pertama bagi rekrutan terbaru untuk adaptasi di City. Lihat saja pemain seperti Bernardo Silva, Leroy Sane, dan Aymeric Laporte, contoh-contoh penting pemain yang mulai lamban sebelum menjadi pemain tim utama yang penting.

Jika Fernandinho kembali bugar dan sehat karena ia tampil dengan Brasil di Copa America, ia masih harus memulai musim sebagai pemain tengah pilihan pertama City dalam sistem 4-3-3 reguler Guardiola sementara menunggu Rodri terbiasa dengan gaya permainan baru.


Mempertimbangkan berapa banyak yang telah dihabiskan City untuknya, Rodri pasti akan mendapatkan waktu permainan selama kampanye perdananya dan jika semuanya berjalan sesuai rencana, ia mungkin akan merebut posisi Fernandinho.

Guardiola akan berharap bahwa Kevin De Bruyne mengatasi masalah kebugaran yang melanda musimnya dan trio yang menampilkan pemain Belgia, David atau Bernardo Silva dan Rodri, membuat unit lini tengah yang cukup tangguh.

"Saya ingin belajar dari Fernandinho. Ia merupakan pemain yang mirip dengan saya," ungkap Rodri seperti dilansir dari situs resmi klub.

"Saya pikir ia adalah gelandang bertahan terbaik dalam 10 tahun terakhir, untuk Barca dan timnas Spanyol. Saya sangat dekat dengannya, tapi saya memiliki kemampuan lain," sambungnya.

"Sejak kedatangan Pep, City menjadi salah satu tim paling ditakuti di Eropa. Bahkan tim besar mengubah gaya bermain mereka ketika menghadapi City dan itu adalah indikasi seberapa bagus mereka," tutupnya.

Menarik menunggu aksi Rodri di lini tengah City pada musim depan.
Terakhir diubah:  09/07/19 - 05:11







Berita Terkait


1568601001625

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?