Arjen Robben Putuskan Pensiun, Netizen Bilang 'Terlalu Pagi'


  •    Murtianto
  •    05/07/19 - 06:54
  •    899

Dailymail.co.uk

Pemain Belanda Arjen Robben akhirnya memutuskan untuk 'gantung sepatu' alias pensiun pada usianya ke-35. Fans dari empat klub yang pernah dinaunginya termasuk Chelsea dan Bayern Muenchen menyayangkan. Kebanyakan mereka mengatakan, pensiun yang 'terlalu pagi'.

Pasalnya meski berusia 35, Robben dinilai permainannya masih mampu bersaing dengan para pemain muda sekarang ini. Tingkat kebugarannya pun masih mumpuni untuk bermain di Liga Jerman, Liga Italia, atau Belanda.

Fans Chelsea menyayangkan keputusan Robben meninggalkan sepak bola profesional begitu cepat. Apalagi Robben telah memberikan dua gelar juara Liga Primer Inggris, dua kali Piala Liga dan satu Piala FA bersama Chelsea pada 2004-2007.




Performa keren itu yang menjadikan Real Madrid akhirnya merebut pemain timnas Belanda ini dari Chelsea pada Juli 2007. "Robben sebenarnya masih bisa bermain dan memberikan kontribusi kepada Chelsea sekarang ini. Terlalu cepat dia pensiun," begitu tulis fans The Blues.

Sedangkan Robben sendiri yang sudah bergabung dengan Bayern Muenchen sejak 2009 sampai 2019 atau sepuluh tahun ini, mengungkapkan bahwa ini adalah keputusan yang terberat dalam hidupnya.

"Tentu saja ini keputusan tersulit yang saya ambil sepanjang karier. Keputusan yang membolak balikan hati dan pikiran," kata Robben.

Keputusan Robben pensiun dari karier profesional diambil sekitar dua tahun berselang setelah ia pensiun dari tim nasional Belanda medio Oktober 2017.

Robben baru saja mengucapkan salam perpisahan dengan raksasa Jerman Bayern Muenchen yang sudah dibelanya selama satu dasawarsa terakhir dan awalnya tak menutup peluang untuk berseragam tim lain.

Namun, pada akhirnya, dwigelar Liga Jerman dan Piala Jerman yang diraihnya bersama Muenchen pada 2018/2019 menjadi prestasi penutup karier profesionalnya.

Robben menjalani debut profesional bersama tim senior FC Groningen pada 3 Desember 2000 sebagai pemain pengganti pada menit ke-79 laga Eredivisie Liga Belanda melawan RKC Waalwijk. Sejak itu ia mengembara melakoni 19 tahun karier profesional bersama empat klub lain yakni PSV Eindhoven, Chelsea, Real Madrid dan tentunya Muenchen.

Bersama PSV ia menjuarai Liga Belanda 2002/2003 sembari menyabet gelar Pemain Tebaik di musim yang sama. Lantas ia juga merasakan dua gelar juara Liga Inggris, satu trofi Piala FA dan dua trofi Piala Liga Inggris serta satu gelar juara Liga Spanyol ketika bermain di Madrid.

Namun, karier puncaknya terjadi di Muenchen di mana ia mengemas 144 gol dalam 306 penampilan di semua kompetisi, membantu FC Hollywood delapan kali juara Liga Jerman, meraih lima trofi Piala Jerman serta mengangkat trofi Liga Champions musim 2012/2013.

Di tim Oranje, Robben punya catatan 96 penampilan dan mengantarkan Belanda ke final Piala Dunia 2010.

Kariernya di Muenchen ditutup Robben dengan cara manis, mencetak gol dalam kemenangan 5-1 atas Eintracht Frankfurt yang memastikan gelar juara Liga Jerman 2018/2019.





Video Trending



Berita Terkait


1590980402457

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?