PSSI Dapat Arahan dari Pelatih Futsal Asal Iran


  •    Kukuh Wahyudi
  •    20/07/19 - 06:50
  •    2394

Kukuh Wahyudi/Bolalob

Bulan lalu, dunia futsal nasional gempar. Bagaimana tidak, untuk pertama kalinya timnas futsal Indonesia sukses menembus empat besar Asia.

Di ajang AFC U-20 Futsal Championship 2019, timnas U-20 berhasil masuk ke babak semifinal setelah mengalahkan Vietnam di fase sebelumnya dengan skor 7-5. Terlepas dari kekalahan 1-9 di laga semifinal, pencapaian Garuda Mini di level Asia tersebut sudah menjadi sejarah. Sebelumnya, prestasi Indonesia hanya mentok sebagai juara Piala AFF Futsal 2010.

Artinya, prestasi futsal saat ini tak kalah dari sepak bola. Timnas futsal, meski masih kelompok umur, sudah menyamai prestasi timnas sepak bola yang sempat menembus babak semifinal di lingkungan Asia, yaitu di Asian Games 1954, 1958 (perunggu), dan 1986. 

Pelaku futsal asing di Tanah Air bahkan mengatakan jika Indonesia bisa fokus ke futsal, bukan tidak mungkin pencapaian timnas futsal nasional bisa melebihi timnas sepak bola. Pelatih Vamos Mataram asal Iran, Reza Fallah, optimistis Indonesia bisa berjaya di Asia suatu saat nanti.




Namun, Reza mengatakan hal itu tidak bisa diwujudkan jika hanya mengandalkan Federasi Futsal Indonesia (FFI).

“3-4 tahun futsal Indonesia sangat bagus perkembangangannya. Saya berharap federasi Indonesia melihat lebih fokus ke futsal. Ingat, federasi Indonesia, federasi sepak bola (PSSI), bukan federasi futsal. Mereka harus lihat futsal karena Indonesia dapat cepat dan mudah untuk suskes di Asia,” tutur Reza kepada Bolalob.

“Kita lihat timnas berkembang bagus, Vamos pun demikian. Begitu juga timnas U-20 kemarin (empat besar Asia). Federasi futsal tidak bisa sendiri, butuh bantuan dari federasi sepak bola,” ucapnya.

halaman 2 dari 2
Terakhir diubah:  23/07/19 - 05:54







Berita Terkait


1575986095957

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?