Stadion GBLA Akhirnya Dibersihkan, Soal Pengelolaan Selanjutnya akan Dirundingkan


  •    Murtianto
  •    20/07/19 - 21:00
  •    2298

antaranews.com

Stadion megah milik Pemerintah Kota Bandung, Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage, Bandung, akhirnya dibersihkan pihak Dinas Pemuda Olahraga setempat dengan beberapa elemen masyarakat, Sabtu (20/7/2019).

Stadion ini tidak terurus, ilalang tinggi menyelimuti pelataran dan fotonya sempat viral. Dispora Badung rupanya mengalami kesulitan untuk membiayai perawaran stadion yang dibangun dalam rangkaian Pekan Olahraga Nasional di Jawa Barat.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Bandung, Eddy Marwoto mengatakan, pihaknya sebagai penanggung jawab atas terbengkalainya Stadion GBLA, mengapresiasi perhatian seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut.




"Ini adalah masyarakat Bandung yang cinta Bandung, sepak bola, GBLA, dan cinta Persib tentunya, kita sebagai leading sector Dispora tentu menyambut baik. Kita membantu sesuai dengan kemampuan yang ada pada kami," kata Eddy di Stadion GBLA, Kota Bandung, Sabtu.

Menurut Antaranews.com, Eddy mengatakan, dalam kegiatan tersebut ada sekitar 25 komunitas yang tediri atas komunitas binaan Dispora maupun komunitas yang peduli terhadap GBLA. Mereka, kata Eddy, melakukan kegiatan bersih-bersih dengan ikhlas tanpa biaya.

"Maka saya akan dukung terus, mudah-mudahan berkelanjutan untuk sama-sama kita rawat GBLA," kata Eddy.

Selain itu ia mengungkapkan kembali bahwa pihaknya terkendala dalam biaya anggaran untuk perawatan GBLA. Apalagi, kata dia, saat ini GBLA belum sepenuhnya menjadi aset Pemerintah Kota Bandung karena terkendala wanprestasi serah terima dari pihak PT Adhi Karya.

Untuk setahun saja, kata dia, dibutuhkan anggaran sebesar Rp1,2 miliar untuk biaya listrik stadion yang sedianya menjadi markas bagi klub Persib Bandung.

"Kemarin juga ada defisit di APBD Kota Bandung, sehingga ada beberapa poin krusial," katanya.

Dengan demikian, ia mengatakan akan berkoordinasi sesegera mungkin dengan pihak PT Adhi Karya untuk mencari solusi terkait penyerahan seluruhnya aset GBLA. Akan tetapi ia belum memastikan target kapan penyerahan aset tersebut bisa dilakukan.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Imam Nahrawi merespon terkait kabar bahwa Stadion Gelora GBLA yang kini terbengkalai.

Walaupun ia belum mendapat kabar lebih lanjut terkait hal itu, baik dari pengelola maupun pemerintah setempat, menurutnya setiap stadion perlu mendapat pemeliharaan yang baik.

"Yang pasti saya berharap stadion yang kita miliki ini harus dirawat, dijaga karena kita sedang menghadapi event dunia," kata dia.

Menurutnya dalam beberapa waktu yang akan datang, Indonesia akan menghadapi sejumlah perhelatan olahraga tingkat internasional. Maka dari itu Stadion GBLA sebagai ikon kebanggan warga Jawa Barat perlu dipelihata karena dapat menjadi aset pendukung sejumlah perhelatan dan event bergengsi tersebut.







Berita Terkait


1566127801430

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?