Catatan dari Singapura: Kala Nama Indonesia Menggelegar di Stadion Megah Negeri Singa


  •    Randy Wirawan
  •    22/07/19 - 13:30
  •    4405

Bolalob

Saya berkesempatan menonton langsung pertandingan Internazionale melawan Manchester United di ajang International Champions Cup (ICC) 2019 di Stadion Nasional Singapura, Sabtu (20/7). Ada sensasi menarik yang saya rasakan ketika menyaksikan pertandingan ini.

Walau pertandingan dimainkan di Singapura tapi rasanya seperti di Indonesia. Singapura sejak saya datang pada tanggal 19 Juli memang terasa seperti di tanah air. Banyak obrolan-obrolan dengan Bahasa Indonesia sejak saya tiba di Bandara Changi. Mayoritas berbaju Manchester United.

Manchester United memang memiliki basis suporter yang banyak di Indonesia. Kesempatan ketika The Red Devils menyambangi Negeri Tetangga nampaknya tidak bisa dilewatkan oleh suporter tanah air.




Saya beberapa kali hadir di Stadion Nasional Singapura untuk menonton bola. Salah satu pertandingan yang saya tonton adalah Singapura melawan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 yang berakhir dengan kemenangan 1-0 untuk The Lions.

Ketika itu pertandingan disaksikan sekitar 30 ribu penonton. Namun atmosfer pertandingan kurang terasa. Justru suporter Timnas Indonesia yang lebih "berisik" walau jumlahnya lebih sedikit.

Hal yang sama terjadi ketika laga ICC kemarin. Tidak ada chant-chant dukungan, suasana pun sempat terasa hambar.

Harus diakui bahwa suporter asal Indonesia lah yang membuat suasana menggelora. Diawali oleh aksi Inter Club Indonesia yang membuat koreo.



Puncaknya ketika pertandingan memasuki menit ke-75, suporter asal Indonesia bersatu untuk untuk berteriak "Indonesia". Teriakan ini nampaknya membuat suporter asal Singapura menjadi panas dan berteriak "Singapura" walau tidak lama.

Setelah itu suporter asal Indonesia bernyayi "Yo Ayo, Ayo Indonesia" yang semakin membuat seolah pertandingan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Akhirnya, harus diakui bahwa suporter asal Indonesia yang membuat suasana menjadi hidup.

Aksi-aksi ini tentunya diharapkan dapat menjadi pertimbangan agar pertandingan atau turnamen kelas dunia bisa digelar di Indonesia. Semoga!







Berita Terkait


1569039897704

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?