Futsal Indonesia Masih Tertinggal Jauh Dengan Thailand, Ini Buktinya


  •    Rissalah Maulana
  •    02/08/19 - 13:46
  •    1841

Bolalob

Meski sedang merangkak naik, secara keseluruhan futsal di Indonesia masih perlu banyak perbaikan dan perkembangan signifikan jika ingin bersaing di kancah Internasional, bukan hanya pengembangan timnas, namun juga aspek lainnya seperti kompetisi dan infrastuktur.

Sekjen Federasi Futsal Indonesia, Edhi Prasetyo mengungkapkan, secara sejarah dan beberapa aspek, Indonesia jauh tertinggal dari tetangga terdekatnya, Thailand. Thailand sudah lebih lama mengembangkan futsal di negaranya.

"Seberapa jauh kita ketinggalan dari Thailand? di Indonesia futsal itu baru 2002 berkembang. Sedangkan tahun 2000 Thailand sudah ke Piala Dunia," ungkap Edhi kepada wartawan di pembukaan Hydro Coco National Futsal Tournament 2019 di Batam beberapa waktu lalu.

"Apa yang ketinggalan? dari sisi sumber daya manusia sudah pasti. Sarana dan prasarana sudah pasti. Agenda futsal AFC di Bangkok, venue-nya tidak pernah diinspeksi karena mereka sudah percaya dan memenuhi standar," lanjutnya.


Ucapan Edhi tersebut tak mengada-ada. Sebab Thailand beberapa tahun belakangan selalu ditunjuk menjadi tuan rumah gelaran futsal Internasional seperti AFC Futsal U-20, AFC Futsal Club Championship, bahkan Piala Dunia Futsal pada 2012 lalu.

"Dari sisi rentang waktu, Thailand sudah duluan, dari sisi sarana prasarana, Thailand lebih maju. Pengetahuan kepelatihan Thailand lebih dulu. Masalah sumber dana, Thailand lebih gampang datangkan sponsor dari pada kita," ungkapnya.

Meski begitu, soal bakat, Indonesia tak kalah bahkan bisa mengungguli Thailand. Terbukti dari timnas futsal U-20 yang sukses menembus empat besar di AFC U-20 Futsal 2019 lalu. Untuk bakat-bakat ini, FFI menolak menyerah untuk mengembangkan futsal agar berprestasi yang berimbas antusias dan animo masyarakat dan juga menarik minat perusahaan untuk mensponsori olahraga ini.

"Kita menyerah? tidak. Kita bukan bangsa seperti itu. Hajar terus. Intinya meraih cita-cita itu berusaha keras yang kedua tidak pernah berhenti berdoa. Pertolongan akan dilakukan bagi mereka yang berusaha," pungkas Edhi. halaman 2 dari 2


LIBAS VIETNAM, 4 BESAR ASIA! Indonesia (7) - (5) Vietnam - AFC U20 Futsal Championship 2019








Berita Terkait


1568710201770

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?