Jadi Target Nomor 1 Arsenal, Siapa Sih Kieran Tierney?


  •    Okky Herman Dilaga
  •    11/08/19 - 06:00
  •    1189

Kieran Tierney (arsenal)

Arsenal membuat gebrakan dengan merekrut Nicolas Pepe dari LOSC Lille dengan banderol 80 juta euro. Transfer tersebut menjadikan Pepe sebagai pemain termahal The Gunners sepanjang masa.

Akan tetapi, realisasi transfer Pepe hanya berjarak singkat. Tidak butuh waktu lama bagi Arsenal meyakinkan Lille untuk melepas Pepe.




Hal serupa ternyata tidak berlaku untuk transfer Kieran Tierney. Arsenal butuh tiga kali tawaran resmi dalam periode sebulan demi mendatangkan Tierney.

Tierney memang menjadi target nomor satu Arsenal pada musim panas ini. Tidak heran bila The Gunners terus-menerus menggoda Celtic FC agar mau melepas pemain berusia 22 tahun itu.

Pada akhirnya, Arsenal berhasil mendapatkan tanda tangan Tierney jelang penutupan bursa transfer Premier League pada Kamis (8/8/2019). Arsenal harus merogoh kocek sebesar 27 juta euro demi Tierney.

Arsenal begitu ngebet mendatangkan Tierney secepat mungkin. Padahal, sang pemain saat ini sedang menjalani proses pemulihan cedera dan diperkirakan absen selama enam pekan. halaman 2 dari 5


Pemain serbabisa



Apa yang membuat Arsenal begitu ingin merekrut Tierney? Pertama, sudah jelas kebutuhan Arsenal memiliki bek kiri berkualitas.

Pada musim lalu, manajer Unai Emery tidak puas dengan kinerja Sead Kolasinac ataupun Nacho Monreal sebagai bek kiri. Beberapa kali, Emery bahkan memasang Ashley Maitland-Niles di posisi tersebut.

Kedatangan Tierney dinilai bisa menjadi jawaban ketidakpuasan Emery di pos bek kiri. Tierney merupakan bek kiri murni, namun bisa ditempatkan di seluruh posisi lini belakang.

Kelebihan itu yang membuat Celtic FC sempat ragu melepas Tierney. Tidak banyak pemain yang memiliki kemampuan bermain di semua posisi pertahanan.

"Posisi terbaik Tierney memang bek kiri. Namun, dia serbabisa. Dia pernah bermain di bek kanan, dan bek tengah untuk Celtic FC dan timnas Skotlandia. Dia juga bisa bermain dalam formasi tiga bek," ujar legenda Celtic FC, Kris Commons.

Versatilitas Tierney cocok dengan strategi Arsenal di bawah asuhan Emery. Pada musim lalu, The Gunners kerap bermain dengan formasi empat bek dan kadang tiga bek. halaman 3 dari 5


Minim hukuman



Keunggulan lain Tierney adalah dia bukan tipe bek ceroboh. Tierney juga dikenal sebagai pemain belakang yang bersih.

Bayangkan saja, tugas seorang pemain belakang adalah mematahkan serangan lawan yang berarti kerap melakukan pelanggaran. Namun, Tierney ternyata baru menerima empat kartu kuning sepanjang kariernya bermain di Liga Skotlandia.

Statistik itu cukup untuk menjelaskan sosok Tierney di lapangan. Mantan rekannya di Celtic FC, Scott Brown, menjuluki Tierney sebagai pemain kurus yang sulit ditaklukkan.

"Tierney terlahir sebagai pemenang, pemimpin, dan pemain muda yang hebat untuk Celtic FC," ujar Brown.

Pujian juga terlontar dari mulut striker PSG, Kylian Mbappe. Juara Piala Dunia bersama Prancis itu pernah bertemu Tierney pada ajang Liga Champions.

"Dia sangat cepat. Tidak ada yang bisa menghentikannya. Dia mungkin pemain tercepat yang pernah saya hadapi," kata Mbappe. halaman 4 dari 5


Rawan cedera



Satu hal yang diperhatikan Arsenal soal Tierney adalah masalah cedera. Meski masih muda, Tierney tercatat sudah delapan kali mengalami cedera.

Cedera terburuknya justru terjadi pada momen saat ini. Sejak Juni lalu, Tierney didiagnosis mengalami masalah pada bagian panggul.

Dia harus beristirahat selama 106 hari. Tierney diprediksi baru bisa tampil pada awal Oktober mendatang.

Sebelumnya, cedera panggul juga pernah dialami Tierney pada akhir tahun lalu. Masalah itu membuatnya absen selama dua bulan dan tidak tampil sebanyak 17 pertandingan Celtic FC.

Arsenal harus memperhatikan kebugaran Tierney. Itu bisa menjadi tantangan, mengingat The Gunners dikenal sebagai tim yang para pemainnya sering masuk ruang perawatan cedera. halaman 5 dari 5
Terakhir diubah:  14/08/19 - 09:23







Berita Terkait


1566601201843

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?