Dari Futsal Menuju Premier League, Siapa Sih Max Kilman?


  •    Okky Herman Dilaga
  •    19/08/19 - 21:40
  •    1464

Max Kilman (sky sports)

Wolverhampton Wanderers baru promosi ke Premier League pada 2018-2019. Pada penutupan bursa transfer musim panas 2018, The Wolves mengontrak seorang pemuda bernama Max Kilman.

Jarang ada yang mengenal Kilman saat itu, bahkan sampai sekarang. Maklum saja, usianya ketika dikontrak Wolverhampton Wanderers menginjak 21 tahun.




Kilman pun didatangkan dari klub semi-profesional, Maidenhead United. Jangan harap, para pendukung The Wolves sekalipun mengetahui rekam jejak pemain kelahiran Kensington and Chelsea itu.

Akan tetapi, Kilman cukup dikenal di kalangan pencinta futsal Inggris. Ya, Kilman ternyata merupakan anggota timnas futsal Inggris dengan total penampilan 25 laga internasional.

Memang, futsal kalah pamor ketimbang sepak bola di Inggris. Kompetisi resmi futsal Inggris pun baru dihelat pada 2008.

Siapa sangka, berkat futsal, Kilman menunjukkan bakat bermain sepak bola. Karier futsal Kilman semakin mengilap ketika bergabung dengan Helvecia, klub yang sudah tujuh kali menjuarai Liga Futsal Inggris.

"Futsal sangat membantu saya bermain sepak bola. Orang-orang berpikir futsal hanya mementingkan kontrol bola yang bagus. Namun, futsal membuat pemain lebih cekatan, tenang, dan membuat keputusan yang tepat," ujar Kilman.

"Itu sangat pembantu karena pergerakan bola sangat cepat dan area lapangan sangat kecil. Jadi ketika bermain sepak bola, saya lebih percaya diri menguasai bola. Saya merasa lebih banyak ruang di lapangan yang lebih besar," lanjutnya. halaman 2 dari 3


Karier "dua kaki"



Kecintaan Kilman kepada futsal membuatnya "bolak-balik" berlatih di Helvecia dan Maidenhead United pada 2015-2018. Untungnya, Maidenhead United tidak memiliki jadwal padat latihan.

Kilman bebas berlatih dengan Helvecia sesuai jadwal yang ditentukan. Selain itu, Kilman juga beberapa kali tampil di level internasional bersama timnas Inggris.

"Kilman menemukan cara untuk berlatih futsal dan sepak bola. Dia berlatih secara penuh baik untuk klub futsal dan sepak bolanya. Dia menggunakan futsal untuk menjadikannya pesepak bola yang lebih baik," ujar pelatih timnas Inggris, Michael Skubala.

Dengan postur 180 cm, Kilman tidak kaku bermain futsal. Mengandalkan kaki kidal, pemain kelahiran 23 Mei 1997 itu dinilai memiliki teknik mumpuni sebagai pemain futsal.

"Kilman tidak memainkan gaya futsal dalam lingkungan sepak bola. Dia hanya melakukannya ketika bermain futsal. Perjalanannya cukup unik di Inggris," kata Skubala. halaman 3 dari 3


Dipuji sang kapten



Sepanjang musim lalu, Kilman memang hanya menjadi anggota Wolverhampton Wanderers U-23. Dia hanya beberapa kali dipercaya mengikuti latihan tim senior The Wolves.

Debutnya sebagai pesepak bola profesional baru terjadi pada 4 Mei 2019. Kilman tampil sebagai pemain pengganti saat timnya menghadapi Fulham di Premier League.

Pada musim panas ini, Kilman masuk rombongan tim yang dibawa dalam persiapan pramusim di Asia. Dia pun menjalani debut resmi sebagai pemain inti ketika Wolverhampton Wanderers melawan Pyunik pada Kualifikasi Ketiga Liga Europa 2019-2020, 15 Agustus lalu.

Penampilan Kilman pada laga itu mengundang pujian dari kapten tim, Conor Coady. "Kilman adalah pemain muda luar biasa. Dia berlatih lama dengan kami dan mengerti gaya permainan tim. Dia masih muda dan akan terus belajar," kata Coady.

Kini, Kilman sudah menjadi bagian skuad utama Wolverhampton Wanderers. Untuk sementara, Kilman menjadi pelapis trio bek utama The Wolves, Ryan Bennett, Willy Boly, dan Coady.

Dengan usianya yang masih 22 tahun, bukan tidak mungkin Kilman akan segera menggusur salah satu dari tiga pemain itu. Bahkan, bila terus menunjukkan peningkatan permainan, Kilman bisa saja dipanggil masuk timnas Inggris, menjadikannya pemain pertama yang membela The Three Lions pada futsal dan sepak bola.
Terakhir diubah:  26/08/19 - 17:28







Berita Terkait


1568452202268

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?