Konsep Modern Bergaya Eropa di Stadion Baru Persija


  •    Gerry Putra
  •    22/08/19 - 17:30
  •    1508

Istimewa

Stadion baru Persija Jakarta, yakni Jakarta International Stadium (JIS) mulai dibangun bulan ini. Desain stadion tersebut terinspirasi dari arena bermain klub-klub Eropa.

Direktur Proyek Jakarta International Stadium, Iwan Takwin mengatakan pihaknya akan menggabungkan berbagai konsep dari stadion di Eropa. Menurutnya stadion yang menjadi acuan juga sudah memenuhi taraf dari FIFA.

"Kalau ditarik salah satu stadion, apakah itu Old Trafford, Santiago Bernabeu, ini adalah kombinasi dari semua itu. Semuanya standar FIFA," ujar Iwan di restoran Sirih Merah, Jakarta Pusat, Rabu (21/8/2019).

Konsep modern ada di stadion ini. Nantinya bagian atap stadion kapasitas 82.000 penonton ini bisa dibuka-tutup. Stadion ini diwacanakan akan menjadi yang terbesar di Indonesia. "Karena kita, pertama stadion di Jakarta baru pertama yang atapnya buka tutup," jelasnya.

Tidak seperti Stadion Gelora Bung Karno (GBK), JIS disebutnya tidak memiliki lintasan lari. Meskipun begitu, stadion ini masih memenuhi standar FIFA. "Kalau GBK kan ada. Itu standar olimpiade. Bedakan standar olimpiade dan FIFA," tutur Iwan.

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) telah selesai melakukan proses lelang kontraktor stadion BMW atau Jakarta International Stadium. Hasilnya, tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terpilih menjadi kontraktor stadion tersebut.

"Proses lelang desain sudah dilakukan dan sudah menetapkan pemenang. Pemenangnya telah ditentukan yaitu Wika Gedung, Jaya Konstruksi dan PT PP," tandasnya.







Berita Terkait


1568464202461

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?