Komite Pemilihan Ungkap Persyaratan Dasar Calon Ketua dan Exco PSSI


  •    Rizqi Ariandi
  •    12/09/19 - 18:32
  •    661

Rizqi Ariandi/Bolalob

Teka-teki mengenai kapan waktu pemilihan pengurus baru PSSI akhirnya terjawab. PSSI akan menggelar kongres pemilihan pada 2 November 2019.

Sebelum kongres digelar, Komite Pemilihan (KP) akan membuka pendaftaran para calon ketua umum, wakil ketua umum, dan  anggota komite eksekutif atau Exco mulai 12 September sampai 3 Oktober.

Untuk yang berminat mendaftar sebagai calon pengurus PSSI periode 2019-2023, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.  Ketua KP PSSI, Syarif Bastaman mengatakan ada enam syarat minimal yang harus dipenuhi.

Persyaratan pertama adalah mengenai batas minimum usia. Syarif mengatakan calon yang ingin mendaftar harus berusia minimal 30 tahun.

Selain itu, calon juga harus aktif mengelola PSSI atau anggota PSSI minimal lima tahun, meskipun tidak dalam waktu yang berurutan.

"Calon juga harus mendapat dukungan dari anggota PSSI yang dibuktikan dengan adanya surat yang ditandatangani oleh pihak yang berwenang, dalam artian ketua atau pengurus harian yang memang mempunyai kewenangan di klub atau asprov," kata Syarif.




Syarat lain yang tak kalah penting adalah calon harus memiliki pengetahuan tentang tata kelola sepak bola, football governance, dan football law.

"Calon juga harus punya pengalaman dalam posisi strategis baik di pemerintahan maupun swasta. Tujuannya, supaya mereka punya kemampuan dalam memahami, menyetujui, dan mengambil keputusan," kata mantan politisi PDI Perjuangan tersebut.

"Lalu, calon juga harus punya kecakapan untuk menjalankan program PSSI yang sudah disetujui AFC dan FIFA  sebagai pedoman dasar organisasi," ujar Syarif.







Berita Terkait


1573896601694

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?