Makna Spanduk 'Lucu-lucuan' Jakmania di Laga Persija Vs PSIS


  •    Gerry Putra
  •    15/09/19 - 19:30
  •    9528

Istimewa

Ada yang unik pada pertandingan Persija Jakarta kontra PSIS Semarang, di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (15/9/2019). Dukungan Jakmania melalui spanduk bukan lagi bernada dukungan, tapi bergabai spanduk yang biasa ada di pinggir jalan.

Pertandingan sepak bola, biasanya dipenuhi spanduk-spanduk bernama dukungan atau setidaknya kritikan. Apalagi saat ini Persija sedang berada dalam posisi yang tidak menguntungkan, alias berada di papan bawah.

Pantauan Bolalob di stadion, banyak spanduk yang tak ada hubungan dengan sepak bola dan Persija, seperti spanduk-spanduk iklan ataupun 'pecel lele'. Ada juga spanduk internal 

Sekretaris Umum (Sekum) Jakmania, Diky Soemarno mengatakan spanduk tersebut sebagai salah satu gerakan dari pihaknya. Saat Jakmania memberikan spanduk dukungan, Persija tak kunjung menang dan sebaliknya dengan kritikan, manajemen punya pandangan lain.




"Kita berpikir dikasih spanduk dukungan, Persija tidak menang. Lalu dikasih spanduk kritikan, Persija baper (bawa perasaan)," kata Diky saat ditemui usai pertandingan melawan PSIS.

"Istilahnya, mereka (manajemen) mau jangan dikritik dari awal karena itu tidak bagus buat tim dan malah bikin tim lawan tambah semangat. Ya kita bingung, makanya kita kasih spanduk yang tidak ada hubungannya dengan sepak bola dan Persija. Buat lucu-lucuan saja," tuturnya.

Beberpa waktu lalu, Jakmania selalu memberikan spanduk kritikan terhadap manajemen terkait dengan buruknya prestasi Persija. Akan tetapi, hal itu belum berujung kepada perbaikan prestasi.

Beruntungnya, Persija mampu memang atas PSIS dengan skor 2-1. Laga tersebut setidaknya menyelamatkan sementara posisi pelatih Julio Banuelos di Macan Kemayoran setelah pekan lalu mendapat ultimatum dari manajemen.

Ultimatum tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya, Persija tak meraih kemenangan selama empat laga beruntun. Hal itu membuat Ismed Sofyan dan kolega berada di posisi zona merah alias degradasi.







Berita Terkait


1571020201972

End of content

No more pages to load



Kamu dapat 6


Apa Ini?